Sukses


Fungsi RAM pada PC dan Laptop, serta Perbedaannya dengan ROM

Bola.com, Jakarta - Sebelum membeli PC atau laptop, biasanya Anda akan mengecek spesifikasi yang terdiri dari prosesor hingga besarnya sebuah RAM.

Random Access Memory atau RAM adalah hardware yang berada pada perangkat, seperti komputer dan laptop. Kapasitas RAM pada setiap perangkat biasanya berbeda-beda.

Kapasitas RAM di dalam suatu komputer atau laptop berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data atau loading di komputer tersebut sehingga proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program, akan makin cepat sesuai besarnya RAM komputer tersebut.

Contohnya, aplikasi berat seperti video game, video editor, serta foto editor memerlukan RAM yang cukup besar agar bekerja secara maksimal pada perangkat komputer.

Lalu, sebenarnya apa saja fungsi RAM dan apa perbedaannya dengan ROM? Berikut fungsi RAM pada PC dan laptop, serta perbedaannya dengan ROM, seperti dikutip dari laman Saintif, Selasa (10/8/2021)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Fungsi RAM pada PC dan Laptop

1. Membaca Data

Data yang tersimpan dalam harddisk biasanya akan lebih lama ditampilkan karena dalam harddisk tersimpan banyak data dan diperlukan waktu untuk menemukannya, terutama jika data mengalami fragmentasi.

Hal tersebut, agar mengurangi kelambatan dalam sebuah proses pemanggilan data, setelah suatu file atau data pertama kali dibuka. Data akan dibaca dan disimpan dalam RAM untuk sementara sehingga data tersebut akan lebih cepat diakses saat program masih berjalan dan komputer belum dimatikan.

2. Penyimpanan Sementara

Selain membaca data, RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat suatu program sedang dijalankan.

Contohnya, ketika Anda mengetik di Microsoft Word atau program lainnya, kata-kata yang dituliskan akan tersimpan pada program secara otomatis, namun bersifat sementara.

Dengan menyimpan data secara sementara pada RAM maka program dapat berjalan dengan lebih cepat dan responsif.

3.Membantu Performa Grafis dan Pengolahan Data

Ketika bermain game dengan grafis high resolution atau menonton film dengan resolusi yang tinggi maka menyetor data sangat banyak ke dalam RAM sehingga dibutuhkan RAM yang besar.

Makin besar RAM maka makin banyak pula data yang dapat diproses dalam waktu singkat. CPU akan mudah mengolah data karena pasokannya lancar sehingga tidak ada lagi hang saat menggunakan aplikasi berat.

3 dari 4 halaman

Jenis-jenis RAM

Dynamic RAM (DRAM)

Dynamic RAM adalah satu di antara macam RAM yang di-refresh atau segarkan oleh Central Processing Unit (CPU) secara berkala. Tujuan cara tersebut adalah agar data yang ada di dalamnya tak hilang.

DRAM ini akan dapat memberikan keuntungan berupa kesederhanaan struktural jika digunakan pada perangkat.

SD RAM

Sychronous Dynamic Random Access Memory atau SDRAM merupakan macam RAM lanjutan dari DRAM. Namun, bedanya jenis RAM ini telah mengalami sinkronisasi oleh clock system di mana hal ini akan memengaruhi kecepatan dari SD RAM. Kecepatan SD RAM bisa mencapai 100 hingga 133 MHz.

DDR RAM 

(Double Data Rate Random Access Memory) atau sering disebut dengan DDR saja, yaitu jenis RAM dengan teknologi lanjutdan dari SD RAM. DDR RAM memiliki generasi terbaru, yaitu DDR2 dan DDR3, serta kemungkinan akan terus berlanjut.

RDRAM

(Rambus Dynamic Random Access Memory) adalah jenis RAM yang proses kerjanya lebih cepat dan umumnya lebih mahal dari SD RAM. Jenis SD RAM digunakan pada perangkat komputer yang menggunakan Pentium 4.

S RAM

Static Random Access Memory atau S RAM adalah jenis RAM yang mampu menyimpan data tanpa harus ada penyegaran atau refresh dari CPU. S RAM memiliki proses kerja yang lebih cepat dibandingkan dengan DDRAM atau SDRAM.

S RAM biasanya memiliki desain cluster lengkap dengan desain cluster enam transistor yang berguna untuk menyimpan setiap bit informasi. 

Desain inilah yang membuat S RAM menjadi lebih mahal dan lebih cepat. S RAM membutuhkan biaya produksi yang mahal shingga persediannya juga dalam kapasitas kecil dan hanya dipergunakan untuk bagian yang benar-benar penting saja.

EDO RAM

Extended Data Out Random Access Memory atau EDO RAM  merupakan satu di antara jenis RAM yang telah digunakan untuk perangkat yang menggunakan OS Pentium.

Selain itu, fungsi RAM jenis ini cocok dipasang pada komputer dengan bus mencapai 66 MHz.

RAM ini banyak digunakan sebab mampu menggantikan primary memori yang ada pada komputer terdahulu, yakni FPM RAM. Lantaran bisa menyimpan dan membaca secara bersamaan, kecepatan baca tulis pada EDO RAM bisa lebih cepat.

4 dari 4 halaman

Perbedaan RAM dengan ROM

RAM dan ROM memang terdengar sama, akan tetapi kedua hardware ini memiliki fungsi yang berbeda. Lantas apa sebenarnya perbedaan dari keduanya? Berikut penjelasannya:

RAM (Random Access Memory)

  • Menyimpan data secara sementara.
  • Digunakan dalam operasi normal.
  • Menulis data lebih cepat.

ROM (Read Only Memory)

  • Menyimpan data secara permanen.
  • Digunakan untuk proses komputer.
  • Menulis data lebih lambat.

 

Sumber: Saintif

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer