Sukses


Ciri-Ciri Asteroid sebagai Benda Langit yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Asteroid adalah benda angkasa yang berupa pecahan kecil-kecil dan bergerak mengelilingi matahari. Pecahan kecil-kecil tersebut berupa batu dengan bentuk yang tidak beraturan.

Asteroid disebut juga sebagai planet kecil atau planetoid. Ahli astronomi memperkirakan ada jutaan asteroid yang tersebar di ruang angkasa. 

Orbit asteroid sangat berbeda dengan orbit planet. Saat mengorbit, asteroid kadang menjadi sangat dekat dengan matahari. Asteroid juga menciptakan bidang orbit yang sangat luas.

Orbitnya berada di antara orbit Mars dan Jupiter. Ahli astronomi menyebut lintasan orbit tersebut sebagai sabuk asteroid.

Sabuk asteroid inilah yang menjadi batas pembagian planet dalam dan planet luar. Pada sabuk asteroid ini, terdapat sekitar 750.000 asteroid dari yang ukurannya besar hingga kecil.

Asteroid memiliki bentuk yang lebih tidak beraturan. Asteroid akan lebih mudah dipahami apabila jika mengetahui ciri- cirinya. Apa saja ciri-ciri asteroid?

Berikut ini rangkuman tentang ciri-ciri asteroid yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman sumber.belajar.kemdikbud.go.id, Kamis (12/8/2021).

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Asteroid

1. Bentuknya tidak beraturan

Bentuk asteroid lebih mirip dengan bebatuan kecil warna-warni penghias akuarium, terkadang lonjong, terkadang bulat, namun bersudut- sudut.

Hal ini karena asteroid adalah batu ruang angkasa. Sementara itu permukaan asteroid juga tidak rata, namun terdapat lubang maupun kawah.

2. Mengorbit pada matahari

Asteroid memiliki lintasannya sendiri untuk mengorbit terhadap matahari yang berbentuk lonjong atau elips. Dalam berputar mengelilingi matahari, asteroid berputar-putar dan terkadang hingga terjatuh tak tentu arah.

Keadaan tersebut yang terkadang membuat bahaya karena apabila menabrak Bumi maka permukaan Bumi akan rusak dan dapat merusak kehidupan makhluk hidup di Bumi.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Asteroid

3. Tersusun atas debu dan es

Elemen yang menyusun asteroid terdiri atas debu dan es. Debu-debu menjadi beku karena keberadaan es ini, ditambah dengan jarak yang cukup jauh dari matahari.

Debu dan partikel ini sangat keras sehingga menyebabkan asteroid adalah benda yang sangat keras dan berbahaya.

4. Memiliki ukuran yang lebih kecil daripada planet kerdil

Ukuran asteroid lebih kecil daripada planet kerdil yang dulu lebih dikenal dengan planet Pluto. Ukran dari asteroid ini ada yang memiliki diameter sekitar 1 mil hingga 60 mil.

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Asteroid

5. Jumlah terbanyak terdapat di sabuk asteroid

Asteroid tersebar di seluruh bagian langit, namun yang paling banyak terdapat di sabuk asteroid yaitu di antara orbit planet Mars dan Jupiter. Di sabuk asteroid ini jumlah asteroid sekitar 750.000 asteroid.

6. Benda langit yang tidak aktif

Meski benda ini bergerak bebas di angkasa, benda ini hanya mengorbit matahari saja dan tidak aktif seperti meteor.

7. Memiliki suhu sangat dingin

Suhu benda ini mencapai -73 derajat Celcius.

8. Memiliki permukaan yang berbatu

Asteroid merupakan benda langit yang memiliki permukaan tidak halus, namun berbatu. Selain berbatu, permukaan asteroid juga banyak terdapat kawah.

9. Jumlahnya banyak sekali dan tersebar di seluruh tata surya

Selain terdapat di sabuk asteroid, asteroid juga banyak terdapat di luar angkasa yang beredar bebas.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer