Sukses


7 Cara Terbaik Berhemat Menurut Islam, Cerahkan Masa Depan

Bola.com, Jakarta - Banyak kebaikan yang agama Islam ajarkan kepada pemeluknya. Satu di antara yang sangat bermanfaat bagi kehidupan adalah cara untuk berhemat.

Seperti pepatah mengatakan, 'rajin pangkal pandai dan hemat pangkal kaya', seperti itulah kehidupan ini berjalan. Makin Anda berhemat, makin banyak pula simpanan yang Anda miliki.

Allah SWT tidak menyukai hamba-Nya yang menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak penting dan cenderung menimbulkan kerugian.

Di sisi lain, di dunia modern ini banyak godaan yang bisa menghalangi Anda untuk menerapkan gaya hidup hemat sehingga Anda perlu memiliki keteguhan serta kesungguhan hati agar bisa tahan rayuan serta berhemat.

Saat berhemat, umat Islam didorong untuk menabung, dengan harapan agar kehidupan di masa depan bisa lebih terjamin dan jauh dari kekurangan.

Ada beberapa cara yang Islam ajarkan untuk melakukan hidup hemat pada umatnya dan mengeluarkan uang hanya di saat perlu, serta menjauhkan dari nafsu belaka.

Berikut tujuh cara terbaik berhemat menurut Islam, yang bisa Anda jadikan sebagai panduan, seperti dikutip dari laman Dalamislam, Senin (16/8/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh Berhemat Menurut Islam

1. Berpuasa

Puasa adalah satu di antara cara yang Islam rekomendasikan bagi pemeluknya agar berhemat dalam pengeluaran. Saat berpuasa, Anda dapat menghemat pengeluaran yang biasa Anda keluarkan untuk membeli makanan.

Selain bisa membuat pengeluaran Anda menjadi lebih hemat, berpuasa juga memiliki makna, satu di antaranya sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Bijak dalam Berbelanja

Satu di antara dari banyak hal yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk berhemat adalah tidak bisa membedakan mana barang yang ingin dibeli dan yang tidak perlu dibeli. Keduanya tentu sangat berbeda.

Di sisi lain, Allah tidak menyukai hamba-Nya yang menghambur-hamburkan harta atau uangnya untuk membeli suatu hal yang tidak diperlukan.

Itulah mengapa, Anda harus bisa membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang sekadar keinginan.

3. Menerapkan Pola Hidup Sederhana

Ada istilah yang menyatakan bahwa makin besar penghasilan yang Anda dapatkan maka akan makin besar pula kebutuhan yang harus dipenuhi.

Hal tersebut merupakan sifat alamiah manusia, yang tidak pernah puas dengan apa yang telah dicapai. Hal tesebut bisa membawa Anda kepada sifat negatif berupaka keserakahan yang tidak dibenarkan dalam agama Islam.

Hiduplah sederhana agar Anda berhemat sehingga bisa mampu menabung lebih banyak untuk masa depan diri dan keturunan Anda.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Berhemat Menurut Islam

4. Buat Anggaran Belanja

Buatlah catatan yang berisikan daftar belanjaan setiap bulan, seperti alat mandi, bahan masakan, pulsa, dan listrik beserta dengan bujet yang diperlukan. Anda juga bisa menyisipkan bujet untuk kebutuhan mendesak.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan memasukan sesuatu yang sifatnya hanya keinginan nafsu semata. Utamakan hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan menerapkan pencatatatn daftar tersebut, Anda akan lebih berhemat dalam pengeluaran serta lebih mudah untuk menabung.

5. Hindari Utang

Utang atau meminjam uang kepada orang lain memang bukan perbuatan dosa atau dilarang oleh agama. Akan tetapi, kebiasaan tersebut akan menghambat Anda untuk hidup hemat.

Berutang seperti candu karena bisa jadi merupakan satu di antara solusi untuk Anda saat menginginkan membeli suatu barang, namun tidak memiliki uang.

Efeknya adalah ketika waktu pembayaran tiba, Anda harus menyisihkan anggaran bulanan untuk membayar utang tersebut dan berimbas pada sulitnya untuk menghemat pengeluaran.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Berhemat Menurut Islam

6. Disiplin dan Menguatkan Niat

Mempraktikan hidup berhemat memang tidak mudah,  ada saja hal yang menghalangi Anda untuk menerapkan pola hidup hemat.

Oleh karena itu, teguhkan hati dan kuatkan niat yang Anda miliki untuk mendisiplinkan diri dalam menjalani hidup yang hemat agar tidak sembarangan membelanjakan barang yang tidak terlalu dibutuhkan manfaatnya.

7. Menabung

Setelah mengatur berbagai pengeluaran bulanan dengan membuat daftar, tabunglah sisa bujet yang Anda miliki. Dengan menabung, simpanan Anda akan bertambah dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang tak terduga.

Menabung akan membuat masa depan Anda menjadi lebih terjamin karena banyak hal yang tidak Anda ketahui mengenai apa yang Anda butuhkan di masa yang akan datang.

 

Sumber: Dalamislam

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer