Sukses


8 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol, Patut Dipraktikkan

Bola.com, Jakarta - Pada era dunia digital saat ini banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Satu di antaranya dalam hal memulai bisnis online.

Saat ini, bisnis online bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama yang menghasilkan pundi-pundi uang, atau Anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan.

Apa pun alasannya, dalam mendirikan bisnis online, Anda tentu perlu mempelajari caranya agar lancar dalam menjalankannya serta mendapatkan hasil secara maksimal.

Ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda jadikan referensi sebelum mendirikan bisnis online, terutama bagaimanan cara agar Anda tidak menghadapi kerugian.

Berikut delapan cara memulai bisnis online, yang bisa Anda simak dan jadikan referensi, seperti dilansir dari laman Duniakaryawan, Rabu (18/8/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

1. Tetapkan Produk yang Akan Dijual

Sebelum memulai sebuah bisnis online Anda perlu menentukan barang apa yang akan Anda jual. Carilah produk yang menarik dan paling dicari oleh masyarakat luas.

Anda bisa mencari inspirasi dengan melakukan riset kecil-kecilan atau menanyakan orang di sekitar Anda, barang apa yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang.

Namun, ingat, persaingan untuk menjualnya pasti tidak akan mudah karena ada banyak orang yang punya pemikiran sama. Itulah mengapa, pikirkan dengan matang produk yang akan Anda jual sebagai penambah penghasilan.

Anda dapat memilih barang dengan dua kategori. Pertama, barang yang sedang tren, dan kedua, barang yang tidak mudah basi atau penggunaanya yang bersifat long time.

2. Pilih Rekan yang Tepercaya

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah memilih rekan yang tepercaya serta memiliki pandangan yang sama dengan yang Anda miliki.

Selain itu pilihlah orang yang berkualitas. Makin berkualitas rekan yang Anda pilih, makin mudah pula Anda menjalankan bisnis online.

Samakan presepsi dan visi-misi dalam menjalankan bisnis, hal tersebut bisa menghindarkan Anda dari keributan ketika bisnis sudah mulai berjalan.

3 dari 5 halaman

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

3. Pilih Sistem Penjualan

Pada era digital saat ini kita sangat dimudahkan untuk menjangkau apa pun, tak terkecuali dalam pembuatan bisnis yang mengharuskan transaksi jual beli.

Satu di antara sistem penjualan yang kini banyak digunakan para pelaku bisnis online di awal usahanya adalah menjadi dropshiper. Sistem ini membuat Anda tak harus menyimpan stok barang yang dijual. Biarkan suplier atau penjual utama yang melakukannya.

Cara ini hanya mengharuskan Anda untuk mencari pembeli, sedangkan urusan dalam pengiriman barang sepenuhnya menjadi urusan distributor.

4. Bangun Website

Jika pada awal memulai bisnis Anda memiliki modal yang banyak, bisa saja Anda memilih untuk tidak menggunakan sistem dropshiper. Anda bisa memilih untuk melakukan stok dan pengiriman Anda sendiri. Hal itu bisa membuat kredibilitas dan kepercayaan Anda dari pelanggan menjadi tinggi.

Untuk itu, Anda harus mulai membangun website yang menjadi etalase jualan Anda di dunia online. Website merupakan pusat dari aktivitas bisnis online Anda serta menjadi tempat penyimpanan data konsumen yang suatu saat pasti akan Anda butuhkan. 

4 dari 5 halaman

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

5. Membuka Jaringan Media Sosial

Setelah Anda membuat website untuk bisnis online yang akan dijalankan, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuka jaringan media sosial.

Media sosial menjadi tempat di mana Anda mempromosikan barang-barang yang akan Anda jual di website. Media sosial menjadi cara paling mudah dalam menjaring banyak pelanggan.

Buatlah akun dengan nama toko online atau website Anda. Jangan hanya di satu media sosial, tetapi di banyak platform. Paling banyak digunakan di Indonesia saat ini adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube.

6. Sebarkan Barang di Marketplace

Tidak cukup hanya melalui media sosial dan website, untuk memperlancar dan memperluas jaringan bisnis, Anda perlu menyebarkan barang dagangan di berbagai macam marketplace.

Saat website Anda belum banyak diketahui publik, marketplace menjadi alat yang pas untuk mendongkrak penjualan sekaligus menjadi sarana untuk membuat masyarakat menyadari kehadiran toko online milik Anda.

Pastikan produk yang Anda jual dan pajang di marketplace mendorong para pelanggan untuk mendatangi dan membuka website yang Anda miliki.

5 dari 5 halaman

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

7. Buat Rekening Baru Khusus Bisnis Anda

Banyak orang yang memulai bisnis online mencampuradukkan keuangan dalam satu rekening. Hal tersebut akan membuat usaha Anda sulit untuk maju karena Anda akan sulit untuk mengetahui seberapa jauh penghasilan yang Anda dapat dari bisnis.

Maka itu, saat memulai bisnis online, buatlah rekening baru yang Anda khususkan hanya untuk bisnis. Bedakan dengan rekening payroll atau tagihan bulanan Anda.

8. Memiliki Komitemen

Setelah berbagai persiapan yang Anda lakukan untuk membuat bisnis online, jangan lupa untuk memiliki komitmen yang tinggi, terlebih lagi ini bukan pekerjaan Anda satu-satunya.

Saat Anda harus tetap bekerja di kantor dan di waktu yang bersamaan harus menjalankan bisnis online, Anda perlu berkomitmen untuk membagi waktu. Selain itu, waktu libur di akhir pekan Anda akan berkurang karena bisnis online tidak mengenal waktu libur dan terus berjalan setiap saat.

 

Sumber: Duniakaryawan

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer