Sukses


Cara Membersihkan Rumah setelah Jadi Tempat Isoman

Bola.com, Jakarta - Menjaga kebersihan rumah sangat penting, terutama setelah digunakan untuk isolasi mandiri (isoman). Rumah harus dibersihkan karena virus corona penyebab COVID-19 bisa menempel di mana saja.

Hal ini penting dilakukan sebagai satu di antara upaya untuk mengurangi risiko penularan COVID-19. Rumah yang bersih membantu Anda sekeluarga tetap sehat dan bisa selalu nyaman beraktivitas di dalamnya.

Seperti yang diketahui, pengidap COVID-19 tanpa gejala dan dengan gejala ringan akan direkomendasikan untuk menjalani perawatan di rumah atau isoman.

Untuk itu Anda harus mengetahui cara membersihkan rumah setelah digunakan sebagai tempat isoman. Tidak bisa kita mungkiri bahwa virus ini cepat menyebar dan bisa saja Anda tertular jika tata cara pembersihan rumah tak dilakukan dengan benar.

Itulah mengapa Anda perlu menyimak panduan membersihkan rumah dengan baik setelah digunakan sebagai tempat isoman di bawah ini.

Berikut ini referensi cara membersihkan rumah setelah digunakan sebagai tempat isoman untuk mencegah penularan COVID-19, dikutip dari laman WHO dan Alodokter, Minggu (22/8/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Membersihkan Rumah setelah Digunakan sebagai Tempat Isoman

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Sebelum mulai membersihkan rumah, siapkan semua peralatan yang dibutuhkan, seperti masker, sarung tangan sekali pakai yang kedap air dengan bahan karet atau plastik, kantong sampah, sabun atau detergen, cairan disinfektan, dan lap bersih.

Biarkan jendela rumah terbuka lebar agar sirkulasi udara di rumah Anda lancar saat sedang membersihkan rumah.

2. Bersihkan permukaan benda dengan air dan sabun

Saat hendak membersihkan rumah, pertama, cucilah tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer, lalu pakailah sarung tangan. Setelah itu, bersihkan setiap permukaan benda yang ada di dalam rumah menggunakan lap yang telah direndam campuran air dan detergen. Utamakan untuk membersihkan benda yang sering disentuh.

3 dari 3 halaman

Cara Membersihkan Rumah setelah Digunakan sebagai Tempat Isoman

3. Lakukan disinfeksi pada permukaan benda

Bila satu anggota keluarga di rumah kita ada yang sedang sakit atau mengalami gejala COVID-19, seperti batuk dan demam, ia disarankan untuk menggunakan kamar tidur dan kamar mandi yang terpisah dengan anggota keluarga yang lain.

Bila hal tersebut tidak memungkinkan, lakukanlah tindakan disinfeksi setiap hari, terutama di kamar tidur dan kamar mandi yang digunakan berbarengan dengan anggota keluarga yang sakit.

Cara melakukan disinfeksi mudah. Cukup menyemprotkan cairan disinfektan secukupnya ke permukaan benda. Biarkan selama kurang lebih 10 menit, lalu usap dengan kain bersih hingga permukaan benda tersebut kering.

4. Buang sarung tangan dan cuci tangan setelah membersihkan rumah

Setelah rumah dan benda-benda selesai dibersihkan, lepaskan sarung tangan dan buang ke dalam plastik sampah yang sudah disiapkan. Pastikan semua kotoran dan sampah juga sudah dimasukkan ke plastik sampah sebelum melepaskan sarung tangan.

Sebisa mungkin lepaskan sarung tangan dengan hati-hati, jangan sampai bagian luarnya mengenai kulit. Ikat erat plastik sampah tersebut, lalu letakkan di bak sampah yang tertutup rapat.

Setelah itu, bersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

 

Sumber: WHO.int, Alodokter.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer