Sukses


Penyebab Mulut Terasa Pahit dan Cara Mengatasinya

Bola.com, Jakarta - Ketika mulut terasa pahit, Anda pasti akan mencari tahu penyebabnya. Mulut pahit sering kali menjadi tanda tubuh terserang penyakit.

Mulut pahit biasanya ditandai dengan berkurangnya produksi air liur. Kondisi ini membuat pertumbuhan bakteri anaerob meningkat dan menghasilkan sulfur dalam mulut.

Sulfur inilah yang membuat mulut terasa pahit dan kemampuan indra pengecap menghilang.

Selain itu, ada beberapa penyebab mulut terasa pahit yang wajib dipahami khalayak. Jika sudah mengetahui penyebabnya, itu akan mempermudah pengobatan dan konsultasi dengan dokter.

Berikut penyebab mulut terasa pahit, disadur dari Merdeka, Selasa (24/8/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyebab Mulut Terasa Pahit

1. Tingkat Stres yang Tinggi

Penyebab mulut terasa pahit yang pertama adalah tingkat stres yang tinggi. Kecemasan dapat menyebabkan apa yang dikenal sebagai xerostomia atau mulut kering.

Efek ini disebabkan oleh jumlah air liur yang rendah di mulut. Saat gugup, khawatir, atau cemas, Anda cenderung menghasilkan lebih sedikit air liur. Padahal, jika produksi air liur kurang dari yang dibutuhkan, mulut akan merasakan sensasi aneh.

2. Alami Infeksi Jamur

Penyebab mulut terasa pahit berikutnya adalah alami infeksi jamur (oral thrush). Kondisi tersebut memengaruhi mulut, menciptakan bintik-bintik putih pada tenggorokan dan lidah.

Infeksi ini kerap disebabkan oleh bakteri Candida albicans, yang secara alami terdapat di mulut dan dikendalikan oleh sistem kekebalan tubuh. Saat sistem kekebalan tubuh melemah, bakteri ini menyebabkan infeksi.

Rasa aneh di mulut adalah saat mereka menyerang, selain bintik-bintik putih tentunya.

3 dari 4 halaman

Penyebab Mulut Terasa Pahit

3. Flu atau Pilek Biasa

Selain mengalami infeksi jamur, penyebab mulut terasa pahit selanjutnya adalah flu atau sekadar pilek biasa.

Jika lidah terasa pahit disertai flu atau pilek, jangan khawatir, ini normal. Menurut ilmuwan, hal itu membuat sistem kekebalan tubuh waspada dan siap untuk melawannya dengan produksi protein.

4. Tubuh Kekurangan Zinc/Seng

Jika tubuh kekurangan zinc, Anda pasti akan mengalami rasa aneh di mulut. Menurut ilmuwan, hal ini terjadi karena zinc meningkatkan kadar glutin, sejenis protein yang mengontrol selera.

5. Pengaruh Obat yang Diminum

Berikutnya, jika Anda mengonsumsi jenis obat tertentu, Anda mungkin pernah mengalami rasa pahit, asin, atau bahkan rasa logam di mulut. Hal ini biasanya merupakan efek samping dari obat, seperti antibiotik, anti-inflamasi, dan lainnya.

4 dari 4 halaman

Penyebab Mulut Terasa Pahit

6. Kebersihan Mulut yang Kurang Terjaga

Penyebab mulut terasa pahit selanjutnya adalah kebersihan mulut yang kurang terjaga. Kita semua tahu bahwa mulut merupakan rumah bagi banyak jenis bakteri, baik dan buruk.

Jika mulut tidak bersih, Anda akan membiarkan bakteri berbahaya berkembang biak.

7. Diabetes

Selain kebersihan mulut yang kurang terjaga, penyebab mulut terasa pahit lainnya juga bisa karena diabetes. Jika tubuh mengalami kesulitan mengatur kadar gula dalam darah, Anda mungkin mengalami rasa manis yang aneh di mulut.

Alasan lainnya, terkadang diabetes dapat menurunkan jumlah sel yang diserap, membuat mulut terasa seperti memakan sesuatu yang pahit.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 1/9/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer