Sukses


10 Manfaat Meminum Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Siapa yang tidak menyukai kopi? Kopi identik dengan mereka yang sedang menghadapi seabrek tugas dan pekerjaan karena diyakini bisa memberikan tambahan energi.

Selain itu, kandungan kafein pada kopi bisa menjauhkan seseorang dari rasa kantuk. Bahkan banyak orang merasa ada yang hilang jika tidak meminum kopi sebelum atau selama bekerja.

Ada beberapa manfaat dengan meminum kopi secara rutin, seperti sebagai antioksidan dan menurunkan risiko kanker.

D sisi lain, ada pula yang beranggapan kopi tidak baik bagi kesehatan karena memiliki beberapa efek samping. Hal tersebut benar, terlebih apabila mengonsumsi kopi terlalu berlebihan.

Akan tetapi, untuk mendapatkan manfaat kopi secara maksimal, harus diperhatikan bahwa ada beberapa cara yang sebaiknya dipenuhi, seperti meminum kopi tanpa campuran apa pun termasuk gula, dan mengonsumsi dalam jumlah serta takaran yang pas.

Berikut 10 manfaat meminum kopi untuk kesehatan, yang patut Anda buktikan, seperti dilansir dari Healthline, Selasa (24/8/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Meminum Kopi untuk Kesehatan

1. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker merupakan satu di antara penyebab utama kematian di dunia. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam tubuh Anda.

Kopi dapat bermanfaat melindungi terhadap dua jenis kanker, yaitu kanker hati dan kanker kolorektal. Kanker hati merupakan penyebab kematian ketiga akibat kanker di dunia, sedangkan kanker kolorektal menempati urutan keempat.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson

Kafein di dalam kopi dapat menurunkan risiko seseorang mengidap penyakit Parkinson. Tak hanya itu, kafein di dalam kopi juga membantu orang dengan penyakit Parkinson mampu mengontrol gerak tubuhnya menjadi lebih baik. 

Coba untuk menyeduh bubuk kopi tanpa tambahan apa pun, kopi asli yang mengandung kafein alami dapat dengan cepat memberikan efeknya ke tubuh Anda.

3. Mengurangi Peradangan dalam Tubuh

Biji kopi mengandung polifenol, yakni satu di antara jenis antioksidan yang mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Rutin mengonsumsi makanan atau minuman mengandung antioksidan dapat mengurangi peradangan yang memicu beberapa penyakit, seperti sindrom metabolik dan obesitas.

3 dari 4 halaman

Manfaat Meminum Kopi untuk Kesehatan

4. Melindungi Hati

Hati merupakan satu di antara organ yang paling penting dalam tubuh. Banyak fungsi yang dikerjakan oleh hati, yang memengaruhi keadaan tubuh secara keseluruhan.

Ada beberapa penyakit yang dapat merusak fungsi hati, seperti hepatitis dan hati berlemak. Banyak dari kondisi ini dapat menyebabkan sirosis, di mana hati tidak dapat berfungsi dengan baik.

Meminum kopi dapat menghindarkan hati Anda terhadap sirosis. Meminum paling tidak 3-4 cangkir kopi setiap hari dengan cara tepat, mengurangi risiko Anda terkena penyakit hati lainnya.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Ada beberapa penelitian yang dilakukan terhadap sejumlah orang dalam beberapa tahun, dan penelitian itu menunjukkan orang yang rutin meminum kopi memiliki risiko yang lebih rendah terhadap penyakit jantung.

Hal tersebut dapat terjadi karena meminum kopi secara rutin dapat menjaga kesehatan jantung, dengan melindungi arteri dari kerusakan yang disebabkan oleh peradangan.

6. Menurunkan Risiko Terkena Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit neurodegenerati yang paling umum dialami lansia di seluruh dunia. Penyakit ini biasanya dialami oleh lansia di atas umur 65 tahun.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut, mulai mengonsumsi makanan sehat secara rutin setiap hari dan berolahraga.

Namun, ada hal lain yang dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit ini, yaitu meminum kopi secara rutin dan sesuai takaran yang pas. Kopi dapat menurunkan risiko orang terkena Alzheimer dengan berbagai zat yang ada di dalamnya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Meminum Kopi untuk Kesehatan

7. Membantu Membakar Lemak

Kafein sering ditemukan di dalam suplemen yang digunakan untuk membakar lemak. Kafein merupakan satu di antara zat alami yang terbukti dapat membantu pembakaran lemak.

Ada beberapa penelitian yang menunjukan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 3-11 persen, dan metabolisme yang kuat dapat membantu membakar lemak.

8. Menambah Energi pada Tubuh

Meminum kopi di pagi hari dapat menambah energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari dan mengurangi rasa letih. 

Hal tersebut karena kopi mengandung kafein, satu di antara zat stimulan yang sering dikonsumsi di dunia untuk menghilangkan rasa lelah. Selain kopi, biasanya kafein dapat ditemukan pada minuman berenergi.

Setelah meminum kopi di pagi hari, kopi yang masuk ke tubuh akan menyebarkan kafein ke aliran darah dan mengubahnya sebagai energi.

9. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes

Diabetes merupakan satu di antara masalah kesehatan serius bagi banyak orang di seluruh dunia. Diabetes ditandai dengan meningkatnya kadar gula yang ada dalam darah karena hormon insulin dalam tubuh berkurang dan tidak dapat bekerja dengan baik.

Insulin yang hilang atau rusak tidak dapat mengatur kadar gula yang ada dalam darah. Mengonsumsi kopi secara rutin dengan porsi yang pas dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

Namun, hal tersebut juga harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan olahraga secara teratur. 

10. Mengurangi Stres

Bagi Anda yang sedang mengalami stres atau dilanda kejenuhan akut akibat terus dikejar tugas atau pekerjaan, mungkin Anda dapat meminum kopi untuk mengurangi rasa stres.

Buatlah secangkir kopi panas tanpa tambahan apa pun saat Anda merasakan stres dan kelelahan akibat pekerjaan yang menumpuk. Kopi dapat membuat Anda lebih tenang dan rileks, yang dapat membantu Anda kembali mengerjakan tugas dengan lancar.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer