Sukses


Tujuan Lompat Jauh, Teknik, dan Peraturannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Lompat jauh merupakan satu di antara cabang olahraga atletik yang populer dan sering dilombakan dalam kompetisi kelas dunia, termasuk Olimpiade.

Lompat jauh dilakukan dengan melompat ke depan dan berusaha agar badan melayang di udara dengan cara melakukan tolakan satu kaki untuk memperoleh jarak sejauh-jauhnya.

Dalam melakukan lompat jauh para atlet mengkombinasikan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan untuk melemparkan dirinya dari papan tolakan.

Sebagai satu di antara cabang olahraga, lompat jauh tentu memiliki tujuan tersendiri, dan dalam melakukannya pun tidak asal melainkan dengan teknik yang mempuni.

Meski terlihat simpel dan mudah, lompat jauh membutuhkan penguasaan teknik dasar yang baik dan benar.

Berikut ini rangkuman tentang tujuan lompat jauh, teknik dan peraturannya yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman simpkb.id, Rabu (25/8/2021).

2 dari 4 halaman

Tujuan Lompat Jauh

Sasaran dan tujuan lompat jauh adalah untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin ke sebuah letak pendaratan atau bak lompat. Jarak lompatan diukur dari papan tolakan sampai batas terdekat dari letak pendaratan yang dihasilkan oleh bagian tubuh.

Sementara, menurut Engkos Kosasih (1985:67) via simpkb.id, yang menjadi tujuan lompat jauh adalah mencapai jarak lompatan yang sejauh-jauhnya dengan mempunyai empat unsur gerakan, yaitu awalan, tolakan, sikap badan di udara, dan sikap badan pada waktu jatuh atau mendarat.

3 dari 4 halaman

Teknik Lompat Jauh

Tahapan Awalan

Teknik awalan lari ,yaitu dari lari perlahan ke lari cepat, dan harus terkendali dan memungkinkan untuk melakukan tolakan. Jangan sampai melebihi garis tolakan yang sudah ditetapkan.

Pada saat mendekati papan tolakan sekitar 3-5 langkah, harus siap mengganti kecepatan gerak lari ke kecepatan tolakan dengan langkah terakhir yang pendek.

Tahapan Tolakan

Langkah berikutnya setelah awalan, yaitu tolakan. Tolakan bertujuan agar tubuh terangkat ke atas dan melayang di udara. Tolakan berpengaruh besar terhadap jarak lompatan yang diperoleh.

Perlu diperhatikan, saat melakukan tolakan, usahakan kaki sedikit ditekuk, menapakkan kaki, dan meluruskan tungkai untuk lepas landas. Gerakan tolakan yang baik membutuhkan kekuatan, kecepatan, dan koordinasi gerakan yang memadai.

Tahapan Melayang di Udara

Di saat tubuh melayang di udara, usahakan agar tubuh tetap seimbang. Satu di antara tips saat dalam kondisi tersebut yaitu gerakan kaki seperti berjalan sehingga berjalan selama melayang di udara akan mempermudah untuk melakukan pendaratan yang baik.

Hal yang perlu diperhatikan saat tubuh melayang di udara:

• Menjaga keseimbangan badan.

• Mengusahakan melayang di udara selama mungkin.

• Mempersiapkan kaki untuk pendaratan.

Tahapan Pendaratan

Hal terakhir dalam teknik dasar lompat jauh yaitu pendaratan. Pendaratan dilakukan dengan cara menundukkan kepala, mengayunkan lengan, dan membawa pinggang ke depan.

Hal tersebut bertujuan agar anggota badan yang lain tidak mengenai pasir lebih belakang daripada kaki.

4 dari 4 halaman

Peraturan Lompat Jauh

Peraturan-peraturan umum dalam cabang olahraga lompat jauh, yakni:

  • Jika peserta lompat jauh lebih dari delapan orang, setiap peserta diperbolehkan melompat sebanyak tiga kali. Lompatan diambil adalah lompatan yang terjauh. Jika peserta hanya delapan orang atau kurang dari delapan orang, setiap peserta diperbolehkan melompat sebanyak enam kali. Melompat dilakukan secara bergiliran.
  • Hasil lompatan diukur dari bekas anggota tubuh terdekat atau paling belakang yang menyentuh bak pasir.
  • Setiap peserta diberi waktu satu giliran selama 1,5 menit. Lompatan yang sama ditentukan dengan melihat hasil lompatan yang terbaik. Jika masih sama, akan dilihat hasil dari lompatan yang ketiga. Demikian seterusnya.

 

Sumber: simpkb.id

Video Populer

Foto Populer