Sukses


Tujuan HAM dan Macam-Macamnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - HAM merupakan singkatan dari Hak Asasi Manusia. HAM adalah hak-hak dasar yang dimiliki setiap orang semata-mata karena dia adalah manusia.

Menurut Kamus Besar Indonesia (KBBI), kata 'hak' berarti benar, milik, kewenangan, kekuasaan untuk berbuat sesuatu dan kekuasaan yang benar atas sesuatu atau untuk menuntut sesuatu.

Sedangkan kata 'hak asasi' berarti hak yang dasar atau pokok, seperti hak hidup dan hak mendapatkan perlindungan

Sementara menurut UU No. 39/1999 tentang HAM, HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan dan merupakan anugerah yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dilindungi negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang, demi kehormatan, harkat, dan martabat manusia.

HAM didasarkan pada prinsip bahwa setiap orang dilahirkan setara dalam harkat dan hak-haknya. Kesetaraan memastikan bahwa semua orang dilahirkan bebas dan setara.

Kesetaraan tersebut memastikan bahwa semua individu memiliki hak yang sama dan layak menerima tingkat penghormatan yang sama.

Tujuan dari HAM ialah seperangkat prinsip yang berkaitan dengan kesetaraan dan keadilan. Selain tujuan tersebut, masih ada tujuan lain dari adanya HAM.

Berikut ini rangkuman tentang tujuan HAM dan jenis-jenisnya, seperti dikutip dari laman equitas.org dan zonareferensi.com, Rabu (25/8/2021).

2 dari 3 halaman

Tujuan HAM

Adanya HAM sangat penting karena melindungi hak seseorang untuk hidup dengan harga diri, yang meliputi hak untuk hidup, hak atas kebebasan dan keamanan.

Hidup dengan harga diri berarti bahwa seseorang harus memiliki sesuatu, seperti tempat yang layak untuk tinggal dan makanan yang cukup.

Hal itu berarti bahwa seseorang dapat berpartisipasi dalam masyarakat, untuk menerima pendidikan, bekerja, dan mempraktikkan agama kita, berbicara dalam bahasa kita sendiri, dan hidup dengan damai.

HAM juga bertujuan untuk melindungi orang dari kekerasan dan kesewenang-wenangan. HAM mengembangkan saling menghargai antara manusia.

HAM mendorong tindakan yang dilandasi kesadaran dan tanggung jawab untuk menjamin bahwa hak-hak orang lain tidak dilanggar.

Misalnya, setiap orang memiliki hak untuk hidup bebas dari segala bentuk diskriminasi, tetapi di saat yang sama, setiap orang juga memiliki tanggung jawab untuk tidak mendiskriminasi orang lain.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam HAM

Hak Asasi Pribadi

Hak asasi ini berhubungan dengan kehidupan pribadi setiap orang. Contohnya, hak kebebasan menyampaikan pendapat, hak kebebasan untuk menjalankan peribadatan serta dalam memeluk agama, hak kebebasan untuk bepergian, hak kebebasan untuk memilih serta aktif dalam suatu organisasi.

Hak Asasi Politik

Hak ini terkiat dengan kehidupan berpolitik seseorang. Ini seperti hak untuk dipilih dan memilih, hak mendirikan partai politik atau ikut kegiatan pemerintah.

Hak Asasi Hukum

Setiap orang mempunyai kedudukan yang sama dalam hukum dan pemerintahan. Hak mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan. Selain itu, hak mendapatkan perlindungan dan pelayanan hukum.

Hak Asasi Ekonomi

Hak dalam membeli memiliki serta menjual dan dalam memanfaatkan sesuatu. Contoh hak asasi ekonomi: hak asasi ekonomi dalam kebebasan membeli, hak asasi ekonomi untuk kebebasan dalam mengadakan serta melakukan perjanjian atau kontrak, hak asasi ekonomi untuk kebebasan memiliki sesuatu dan hak asasi ekonomi tentang kebebasan mempunyai pekerjaan yang layak.

Hak Asasi Peradilan

Hak ini berkaitan dengan bagaimana setiap individu mendapat perlakuan sama dalam tata cara pengadilan. Hak mendapatkan pembelaan hukum di pengadilan.

Hak Asasi Sosial Budaya

Hal ini terkait dengan kehidupan bermasyarakat. Bisa mendapatkan pengajaran atau mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan minat.

 

Sumber: Equitas, Zonareferensi

Video Populer

Foto Populer