Sukses


Cara Mengatasi Batuk Berdahak tanpa Perlu ke Dokter

Bola.com, Jakarta - Cara mengatasi batuk berdahak di rumah patut menjadi perhatian. Batuk berdahak merupakan penyakit yang umum menyerang masyarakat Indonesia.

Batuk berdahak biasanya ditandai dengan lendir yang keluar dan kental.

Batuk berdahak juga memiliki ciri khas yaitu dada terasa penuh dan berbunyi. Mereka yang mengalami batuk berdahak umumnya akan mengalami kesulitan bernapas.

Kesulitan bernapas inilah yang membuat banyak orang mencari cara mengatasi batuk berdahak.

Mengatasi batuk berdahak bisa dilakukan di rumah dengan pola yang mudah. Namun, jika dalam beberapa minggu batuk berdahak tak kunjung mereda, segara kunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

Berikut cara mengatasi batuk berdahak tanpa perlu ke dokter, disadur dari Liputan6, Rabu (25/8/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Batuk Berdahak tanpa Perlu ke Dokter

Perbanyak asupan cairan

Untuk membantu mengencerkan dahak, Anda dapat mengonsumsi banyak cairan. Yang mungkin bermanfaat untuk mengatasi gejala adalah air putih hangat, teh hangat, sup, jus buah, dan lainnya.

Mandi air hangat

Mandilah dengan air hangat agar kamar mandi dipenuhi uap. Berendam atau sekadar diam beberapa menit di dalam ruangan penuh uap bermanfaat bagi tubuh yang sedang mengalami batuk berdahak dan gangguan pernapasan.

Jangan lupa untuk minum segelas air setelahnya untuk 'mendinginkan' tubuh dan mencegah dehidrasi.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Batuk Berdahak tanpa Perlu ke Dokter

Hirup uap air panas

Selain mandi air hangat, Anda juga dapat menghirup uap dari mangkuk yang telah dipenuhi air panas. Posisikan wajah di atasnya dan tutupi kepala dengan handuk. Hirup uap panas yang muncul selama beberapa menit. Jika uap terasa terlalu panas pada wajah, segera hentikan.

Tinggikan kepala ketika tidur

Jika lendir di tenggorokan begitu banyak sampai menyebabkan gangguan tidur, cobalah untuk meninggikan kepala saat rebahan dengan menggunakan beberapa bantal.

Hal tersebut dapat membantu mengeluarkan dahak dan mencegah munculnya refleks batuk sehingga tidur malam Anda tidak akan terganggu.

Madu

Selain mengonsumsi banyak air putih, Anda bisa mengonsumsi madu. Madu adalah bahan alami yang sering dijadikan sebagai obat batuk berdahak. Manfaat tersebut dimiliki madu karena penelitian membuktikan bahwa produk lebah tersebut memiliki sifat antivirus dan antibakteri.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Tanpa Perlu ke Dokter

Minum air lemon

Satu di antara buah yang kerap digunakan untuk meredakan batuk adalah lemon. Caranya cukup gampang, Anda bisa memeras lemon dan menuangkannya ke air hangat, lalu diminum secara rutin.

Jauhkan bahan kimia

Saat batuk, Anda perlu menghindari bahan kimia iritan. Bahan tersebut merupakan bahan, yang karena reaksi kimia dapat menimbulkan kerusakan atau peradangan. Biasanya, iritan terdapat pada pengharum ruangan atau asap rokok.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Gilar Ramdhani. Published: 7/3/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer