Sukses


5 Cara Mengatasi Stres pada Anak saat Pandemi COVID-19, Orang Tua Perlu Tahu

Bola.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 yang belum tahu kapan akan berakhir akan memengaruhi kehidupan banyak orang. Terlebih pandemi COVID-19 memaksa orang untuk berdiam diri di rumah, yang berdampak terhadap kesehatan.

Satu di antara dampak buruk yang sering dialami di masa pandemi COVID-19, yakni stres. Ketika stres melanda, kemampuan imunitas tubuh dalam melawan penyakit dan infeksi bisa menurun sehingga justru berisiko rentan terpapar COVID-19.

Kondisi ini tak hanya bisa terjadi kalangan orang dewasa, namun anak-anak juga bisa mengalami stres di masa pandemi COVID-19 ini.

Itulah mengapa, orang tua harus aktif membantu anak mengatasi stres yang dialami saat pandemi. Jika Anda mendapati anak Anda dengan kondisi itu, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena ada solusinya.

Berikut ini beberapa cara mengatasi stres pada anak saat pandemi COVID-19, seperti dilansir dari laman who.int, Rabu (25/8/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Stres pada Anak saat Pandemi COVID-19

1. Tanggapi reaksi anak

Tanggapi rekasi anak dengan cara yang mendukung, dengarkan kekhawatiran mereka, dan berikan kasih sayang serta perhatian lebih.

2. Buat peluang untuk bermain dan bersantai

Anak-anak memerlukan kasih sayang dan perhatian orang dewasa dalam masa-masa sulit. Oleh karena itu, berikanlah kasih sayang serta perhatian lebih bagi mereka.

Jangan lupa mendengarkan anak, bicara dengan lembut, dan hibur mereka. Jika memungkinkan, buatlah juga peluang bagi anak untuk bermain dan bersantai.

3. Tetap dekat dengan orang tua

Usahakan untuk menjaga agar anak-anak tetap dekat dengan Anda, para orang tua, dan keluarga atau sebisa mungkin jangan sampai memisahkan mereka dengan orang yang terbiasa mengasuhnya.

Apabila harus terpisah, pastikan anak-anak tetap terhubung dengan Anda. Komunikasi bisa dilakukan dengan telepon. Jangan lupa pula untuk menghibur anak-anak.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Stres pada Anak saat Pandemi COVID-19

4. Bantu buat jadwal rutinitas baru

Sebisa mungkin sebagai orang tua, Anda tetap menjalankan rutinitas dan jadwal seperti biasa. Namun, Anda juga bisa membantu anak-anak Anda membuat rutinitas atau jadwal baru selama berada di lingkungan yang baru, termasuk tempat belajar dan waktu bermain serta bersantai dengan aman.

5. Berikan penjelasan sebenarnya

Sampaikan fakta tentang apa yang sedang dan sudah terjadi. Beri informasi yang jelas kepada anak-anak tentang cara mengurangi risiko infeksi penyakit COVID-19 dengan kata-kata yang mudah dipahami sesuai umur mereka.

Video Populer

Foto Populer