Sukses


Cara Bikin Channel di Aplikasi Telegram, Mudah Banget

Bola.com, Jakarta - Telegram adalah satu di antara aplikasi chatting yang digandrungi layaknya sosial media yang lain. Terbukti, pengguna telegram terus bertambah.

Satu di antara pemikat telegram banyak disukai karena memiliki beragam fitur menarik. Channel menjadi satu di antara fitur yang kini makin digemari.

Fitur ini sama seperti channel pada aplikasi Youtube, namun di Telegram, fitur ini dapat berbagi pesan, gambar, dan video.

Fitur ini bahkan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis. Terutama jika jumlah subscribers yang dimiliki sudah banyak di mana tidak menutup kemungkinan pemilik channel bisa meraup keuntungan.

Secara sederhana, fitur channel dalam Telegram bisa juga disebut sebagai grup.

Di sisi lain, masih ada sebagian orang yang kebingungan bagaimana cara membuat channel di Telegram.

Buat kamu yang hendak membuat channel di aplikasi Telegram, tak perlu bingung lagi. Berikut ini referensi cara bikin channel di aplikasi telegram, dikutip dari laman Bukugue, Sabtu (28/8/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Tata Cara Bikin Channel di Aplikasi Telegram

1. Pastikan kamu sudah meng-install aplikasi telegram. Lalu buka aplikasinya dan pilih ikon pensil di sebelah kanan bawah.

2. Maka akan muncul tiga pilihan menu yang tersedia. Pilih Channel Baru untuk membuat channel.

3. Jika kamu baru pertama kali ingin membuat channel baru, akan muncul tampilan seperti pada gambar. Pilih Buat Channel untuk melanjutkan.

4. Maka kamu akan dihadapkan dengan form untuk membuat nama channel dan deskripsinya. Isikan sesuai rencanamu.

Kalau kamu sudah memiliki foto untuk profil channel yang kamu buat, langsung tambahkan saja. Jika sudah, simpan dengan cara pilih Checklist di sebelah kanan atas.

5.Selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada tampilan seperti pada gambar. Kamu bisa memilih jenis channel yang kamu inginkan. Apakah kamu menginginkan channel buatanmu diketahui dan ditemukan orang dalam pencarian atau tidak.

Sebagai contoh bersifat publik maka pilih Channel Publik. Jika sudah memilih Channel Publik, kamu bisa membuat sendiri alamat tautan yang nantinya akan bisa ditemukan dan dibagikan oleh orang lain jika mereka ingin bergabung dengan channel buatanmu.

Pilih Tautan, di situ kamu tentukan sendiri tautan yang sesuai. Jika kamu sudah mengetikkan alamat tautanmu dan tersedia, berarti alamat tautan tersebut bisa digunakan.

Tetapi, jika alamat tautan yang kamu ketik tidak valid atau tidak tersedia, kamu harus mengganti alamat lain hingga dinyatakan tersedia yang ditandai dengan tulisan berwarna hijau di bawah alamat tautan yang kamu ketikkan tadi. Jika sudah, simpan pengaturan dengan cara pilih Checklist di bagian kanan atas.

3 dari 3 halaman

Tata Cara Bikin Channel di Aplikasi Telegram

6. Sekarang kamu bisa memasukkan siapa saja yang akan menjadi anggotamu. Pilih beberapa kontak, lalu pilih Checklist untuk menyimpan pengaturan.

7. Jika kamu sudah menemukan tampilan, berarti kini kamu sudah berhasil membuat channel. Sekarang kamu tinggal mengatur segala pengaturan yang perlu disesuaikan dengan kebutuhanmu. Klik nama channelnya maka akan muncul keterangan lebih detail tentang channel buatanmu.

8.Untuk masuk ke pengaturan channel, kamu pilih ikon gerigi di bagian atas.

9. Di pengaturan ini, kamu bisa mengedit kembali nama channelmu, foto profil, deskripsi, tipe channel, tautan undangan, dan tandai pesan. Edit sesuai kebutuhan. Jika sudah, jangan lupa menyimpan pengaturan tersebut dengan memilih Checklis di bagian kanan atas.

10. Kalau kamu merasa perlu untuk menghapus channel buatanmu, pilih Hapus Channel pada bagian paling bawah.

 

Sumber: bukugue.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer