Sukses


16 Cara Menjadi Orang Tua yang Baik

Bola.com, Jakarta - Saat buah hati Anda lahir ke dunia, otomatis peran Anda akan berubah menjadi orang tua. Saat memasuki fase ini, ada beragam tantangan yang akan Anda hadapi.

Menjadi orang tua yang baik memang tidak mudah, mengingat kita bukan sosok yang sempurna sehingga wajar jika terkadang Anda takut menghadapinya.

Lelah, stres, hingga depresi mungkin akan Anda rasakan lantaran takut dan diliputi kecemasan gagal menjadi orang tua yang baik untuk anak Anda.

Untuk terhindar dari rasa hal-hal tersebut, Anda perlu mempelajari dan memahami menjadi sosok orang tua yang baik dan menjadi anutan anak Anda.

Mulailah dengan memahami karakter anak, coba untuk menghargai setiap tindakan baik yang mereka buat, dan yang terpenting adalah buat lingkungan di mana mereka tinggal seaman dan senyaman mungkin.

Berikut 16 cara menjadi orang tua yang baik, yang bisa Anda jadikan sebagai pembelajaran, seperti dikutip dari Inspiringtips, Kamis (26/8/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Menjadi Orang Tua yang Baik

1. Ekspresikan Kasih Sayang

Anak-anak mendambakan kasih sayang dari orang tua. Mereka ingin merasa dicintai untuk mengetahui bahwa mereka aman. Jadi, jangan ragu untuk menunjukkan kasih sayang Anda kepada anak-anak Anda.

 Beri tahu mereka bahwa Anda mencintai mereka, beri mereka pelukan dan ciuman.

2. Berikan Lingkungan yang Aman dan Sehat

Lingkungan tempat anak-anak Anda tumbuh akan berdampak pada karakter dan kesejahteraan mereka. Oleh karena itu, pastikan untuk mengatur rumah Anda di lingkungan di mana ada kedamaian serta keamanan, dan di mana mereka akan mendapatkan nilai-nilai moral yang baik dari orang-orang yang berintegritas.

3. Buat Mengerti bahwa Disiplin Bukan Hukuman

Bantu anak-anak Anda mencintai disiplin dengan membuat mereka mengerti bahwa tidak ada yang perlu ditakuti. Karena itu, jangan samakan hukuman dengan disiplin. Disiplin juga dapat melibatkan pemberian hal positif, seperti penghargaan.

4. Konsisten dengan Aturan yang Anda Tetapkan

Setiap kali Anda menetapkan aturan di rumah, konsistenlah dalam menerapkannya. Jangan membengkokkannya karena anak-anak Anda mengeluh atau Anda sendiri tidak dapat mengikuti mereka. Jadilah contoh yang baik.

3 dari 5 halaman

Cara Menjadi Orang Tua yang Baik

5. Jangan Bertengkar dengan Pasangan di Depan Mereka

Adalah normal bagi pasangan untuk bertengkar kadang-kadang, tetapi anak-anak tidak boleh menyaksikannya. Hindari berdebat di depan anak-anak Anda, karena dapat berdampak pada kesehatan emosional mereka. Hal ini dapat mengakibatkan kecemasan, ketakutan, depresi, dan bahkan pemberontakan.

6. Hargai Mereka

Jangan malu-malu memuji anak-anak Anda setiap kali mereka melakukan sesuatu yang layak dihargai. Biarkan mereka tahu bahwa Anda bangga dengan mereka.

7. Jangan Membandingkan Anak-anak Anda

Satu di antara kesalahan terburuk yang dilakukan beberapa orang tua adalah membandingkan anak-anak mereka dengan saudara kandung mereka atau anak-anak lain. 

Perlu diketahui hal ini dapat menyebabkan masalah serius pada kesehatan emosional anak. Setiap anak adalah unik sehingga tidak adil bagi mereka untuk dibandingkan dengan orang lain.

8. Biarkan Mereka Membuat Kesalahan

Jangan khawatir tentang anak-anak Anda melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan. Anda, diri Anda sendiri, tumbuh lebih dewasa melalui berbagai kesalahan. Jadi, biarkan anak Anda mengeksplorasi kemungkinan dan lingkungannya.

4 dari 5 halaman

Cara Menjadi Orang Tua yang Baik

9. Tetapkan Batas Aman untuk Eksplorasi Mereka

Peran Anda sebagai orang tua adalah membimbing anak-anak Anda saat mereka menjelajahi dunia mereka. Untuk melindungi mereka dalam fase ini, tetapkan batasan yang akan membuat mereka aman dari bahaya fisik, emosional, mental, dan spiritual. 

Pastikan Anda tidak berlebihan karena Anda dapat membatasi mereka.

10. Jangan Pilih Kasih

Jika Anda memiliki beberapa anak, jangan pernah melakukan kesalahan dengan lenih menyukai satu dibandingkan buah hati Anda lainnya. Hal ini dapat mengakibatkan pemberontakan, turunnya harga diri, rasa tidak aman, dan kecemburuan di antara saudara kandung. Perlakukan buah hati Anda semua sama.

11. Letakkan Kebutuhan Mereka di atas Kebutuhan Anda

Hal ini menjadi hal yang sangat wajar sebagai orang tua. Anda tak boleh melupakan hal ini.

12. Beri Mereka Tanggung Jawab

Untuk melatih anak Anda bertanggung jawab, mulailah memberi mereka tanggung jawab. Anda dapat menugaskan mereka pekerjaan rumah tangga atau membiarkan mereka mengasuh adik-adik mereka.

5 dari 5 halaman

Cara Menjadi Orang Tua yang Baik

13. Biarkan Mereka Memecahkan Masalah Mereka Sendiri

Jika Anda ingin anak Anda mandiri, jangan mengambil alih ketika mereka menghadapi masalah. Biarkan mereka mencari tahu sendiri. Tentu saja, Anda dapat menunjukkan dukungan dengan memberikan saran atau nasihat dan menyemangati mereka ketika mereka putus asa.

14. Jangan Menetapkan Harapan yang Tinggi

Hal ini dapat menyebabkan terlalu banyak tekanan pada anak-anak Anda, yang dapat mengakibatkan rendahnya harga diri saat mereka tumbuh dewasa. 

Kegagalan untuk memenuhi harapan Anda akan membuat mereka berpikir bahwa mereka tidak cukup baik, yang dapat membunuh motivasi mereka.

15. Dorong Mereka untuk Mengembangkan Bakat Mereka

Satu di antara hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk anak-anak Anda adalah mendukung mereka untuk mengembangkan bakat mereka. Anda dapat mendaftarkan mereka di kelas seni, membiarkan mereka bergabung dengan klub sekolah, dan membeli materi yang akan membantu mereka meningkatkan keterampilan mereka. Anda juga dapat mendorong mereka untuk menggunakan bakat mereka untuk melayani Tuhan.

16. Bergaul dengan Mereka

Anak-anak tumbuh dengan cepat, dan sebelum Anda menyadarinya, mereka sudah pindah dari rumah. Karena itu, habiskan waktu bersama mereka selagi bisa. Anda dapat bermain bersama, menonton film, atau pergi keluar secara teratur dengan mereka.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer