Sukses


12 Cara Merawat Istri yang Sedang Hamil, Perhatikan dengan Saksama

Bola.com, Jakarta - Bagi mayoritas pasangan suami istri, memiliki buah hati merupakan keinginan terbesar. Namun, perlu ditekankan, bahwa kehamilan adalah tanggung jawab suami dan istri.

Maka itu, Anda sebagai suami tidak boleh begitu saja mengabaikan istri yang sedang mengandung atau membiarkan istri Anda merawat janin yang ada dalam kandungannya sendirian.

Saat istri mengandung, banyak hal yang akan berubah dalam kehidupannya, mulai cara berpakaian, makanan yang dikonsumsi, maupun suasana hatinya.

Itulah mengapa, suami harus selalu ada di dekat istri yang sedang hamil. Merawat dengan penuh kasih sayang dan memperhatikan semua kebutuhannya. Sudah menjadi tugas wajib seorang suami untuk melakukan hal tersebut.

Intinya adalah, Anda harus terus menjaga terus kesehatan dan bayi yang ada di kandungan hingga waktu kelahiran tiba. 

Ada beberapa cara lain untuk menunjukkan Anda, para suami, juga mengemban tanggung jawab ketika istri sedang hamil. Dengan begitu, istri tidak akan pernah merasa sendirian serta merasa aman karena ada Anda yang setia mendampinginya.

Berikut 12 cara merawat istri yang sedang hamil, dikutip dari Swirlster dan Inspiringtips, Minggu (29/8/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Istri yang Sedang Hamil

1. Pastikan Istri Mengonsumsi Buah dan Sayuran Bergizi Setiap Hari

Jika Anda ingin istri dan bayi Anda sehat, Anda haru memperhatikan makanan sehari-hari istri Anda. Tanpa ragu, berikan buah-buahan dan sayuran kaya vitamin dan mineral yang diperlukan untuk perkembangan janin. 

Namun, pastikan untuk memilih buah dan sayuran yang segar, organik, dan bebas dari pestisida serta bakteri berbahaya. 

2. Ingatkan Istri untuk Minum Banyak Air

Wanita hamil lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih. Kondisi ini tidak hanya berbahaya bagi ibu, melainkan juga untuk bayi. Oleh karena itu, usahakan agar istri Anda banyak minum air putih bersih setiap hari.

3. Minum Susu Dua Kali Sehari

Selain air putih, penting juga agar istri Anda bisa minum susu setiap hari – lebih baik jika di pagi dan malam hari. Dia dan janin yang tumbuh di dalam rahimnya membutuhkan banyak kalsium.

4. Berikan Waktu Istirahat Lebih

Meski istri Anda tidak terlihat bekerja, tubuhnya melakukan banyak pekerjaan bahkan ketika istri Anda sedang istirahat. Jadi, dia akan membutuhkan banyak tidur dan istirahat. Tingkatkan intensitas pekerjaan rumah tangga Anda sehingga istri punya waktu istirahat lebih. 

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Istri yang Sedang Hamil

5. Kurangi Asupan Gula, Garam, Karbohidrat, dan Makanan Olahan

Ibu hamil tidak boleh mengonsumsi banyak gula, garam, dan karbohidrat dalam makanannya. Semua itu memiliki efek buruk pada perkembangan janin dan kesehatan ibu secara keseluruhan.

Selain itu, gula dan karbohidrat dapat membuat berat badan bayi bertambah di dalam rahim, yang akan membuat persalinan normal menjadi sulit.

6. Batasi Asupan Kafein

Kebanyakan orang tidak dapat memulai hari mereka secara mantap tanpa secangkir kopi dan istri Anda bisa menjadi satu di antaranya. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh American Pregnancy Association, aman bagi ibu hamil untuk mengonsumsi hingga 200 mg kafein per hari. 

Hal ini setara dengan sekitar satu cangkir kopi 12 ons. Lebih dari itu, akan menjadi tidak sehat untuk bayi di dalam rahim karena dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, dehidrasi, dan bahkan cacat lahir.

7. Stop Alkohol dan Merokok

Tak perlu dikatakan lagi, minum alkohol dan merokok berbahaya selama kehamilan. Kebiasaan tidak sehat ini dapat menyebabkan bayi lahir cacat bahkan keguguran. Jadi, jika Anda ingin memiliki anak yang sehat, tegaslah melarang istri Anda minum alkohol dan merokok.

8. Berolahraga

Olahraga dan jalan kaki, atas saran dokter, penting untuk kesehatan istri Anda. Jika dia sendiri tidak cukup termotivasi untuk melakukannya, Anda dapat dengan lembut membujuknya untuk menemani Anda.

Berolahraga bersama selalu lebih menyenangkan, dan ada lebih banyak motivasi saat melakukannya bersama.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Istri yang Sedang Hamil

9. Pastikan Mengonsumsi Vitamin secara Teratur

Pada titik ini, istri Anda berbagi nutrisi tubuhnya dengan anak Anda. Untuk alasan ini, tidak cukup istri hanya mengonsumsi makanan secukupnya. Anda harus melengkapi diet sang istri dengan multivitamin yang direkomendasikan oleh dokter atau bidan.

10. Kunjungi Dokter Bersamanya

Sesibuk apa pun Anda, luangkan waktu untuk menemaninya ke dokter. Tindakan ini juga akan membantu Anda belajar bagaimana merawat istri dan anak Anda dengan lebih baik.

11. Melayani

Saat bayi di dalam perutnya tumbuh lebih besar, istri Anda mengalami lebih banyak ketaknyamanan. Adalah normal baginya untuk merasakan sakit punggung bagian bawah, lebih sering ingin buang air kecil, dan tidak nyaman untuk bergerak karena perutnya yang berat.

Jangan sebut dia malas. Inilah saatnya Anda perlu lebih banyak membantu dan melayaninya - seperti memotong kuku kakinya, membantunya membuka pakaian dan berdandan, dan mengantarnya ke kamar mandi.

12. Jauhkan dari Stres

Stres dapat membahayakan istri Anda secara mental dan emosional, dan bahkan dapat memengaruhi perkembangan bayi di dalam dirinya. Jaga istri Anda dengan selalu membuatnya bahagia. Lakukan yang terbaik untuk membuatnya tersenyum setiap hari. Selalu beri dia getaran cinta yang baik.

 

Sumber: Swirlster, Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer