Sukses


Cara Bikin Link Zoom Meeting Lewat Laptop dan Hp Android, Sangat Mudah

Bola.com, Jakarta - Semenjak pandemi COVID-19 melanda dunia, penggunaan aplikasi Zoom mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan banyak orang menjalani berbagai kegiatan di rumah, seperti belajar, work from home (WFH), maupun silaturahmi dengan teman atau keluarga.

Zoom adalah aplikasi video conference yang memudahkan seseorang bertatap muka secara real-time dengan banyak orang. Zoom bisa menampung hingga 100 peserta dalam satu meeting online untuk yang versi gratis, sementara versi berbayar bisa menampung hingga 1000 peserta.

Aplikasi ini populer digunakan, termasuk Indonesia. Zoom dibekali tampilan antarmuka yang sederhana, fitur yang ditawarkan lengkap, hingga hemat dalam mengonsumsi bandwidth data internet.

Hanya, masih ada sebagian orang yang bingung dalam pembuatan link Zoom meeting. Untuk bisa membuat sebuah link Zoom, seseorang harus menjadi host dari meeting yang diselengarakan.

Apakah kamu termasuk yang ingin membuat link Zoom meeting? Sebenarnya cara bikin link zoom meeting terbilang mudah

Buat kamu yang merasa kebingungan, berikut ini panduan cara bikin link zoom meeting, dilansir dari laman Androtechno, Kamis (26/8/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Bikin Link Zoom Meeting di Laptop

1. Pertama, unduh dulu software atau aplikasi Zoom Cloud Meetings for PC kamu.

2. Setelah selesai mengunduh, kamu tinggal install atau pasang apliaksi zoom pada PC atau laptop.

3. Jika sudah kamu instal, selanjutnya silahkan kamu Join Meeting (tidak perlu membuat akun terlebih dahulu). Jika cara tersebut tidak berhasil. Maka, silakan kamu pilih Sign In (cara ini harus membuat akun terlebih dahulu).

4. Setelah kamu masuk ke aplikasi Zoom, selanjutnya silakan kamu masukkan email untuk syarat pendaftaran sebelum menggunakan aplikasi Zoom.

5. Untuk pendaftaran aplikasi Zoom, kamu dapat menggunakan beberapa pilihan di antaranya:

  • Email pribadi
  • Sign In with Facebook
  • Sign In with SSO

Pilih yang menurut kamu mudah untuk mendaftar.

6. Jika kamu sudah berhasil masuk, selanjutnya kamu akan dialihkan ke halaman awal aplikasi Zoom.

7. Jika sudah dialihakan ke halaman awal pada Zoom, elanjutnya silakan kamu pilih opsi New Meeting yang berguna untuk membuat Room baru.

8. Jika kamu sudah memilih opsi New Meeting, dengan otomatis kamu sudah membuat New Meeting baru.

9. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman dalam aplikasi 'perekam video meeting' yang akan menampilkan wajah dan kegiatan kamu di laptop.

10. Jika kamu sudah masuk ke perekam video meeting pada aplikasi Zoom, selanjutnya kamu bisa pilih opsi Invite yang berada di bagian bawah layar.

11. Apabila kamu sudah memilih opsi Invite atau opsi untuk mendapatkan link Zoom meeting maka silakan copy link tersebut.

12. Lalu kamu dapat membagikan pada Meeting ID dan Password, dengan cara cukup klik tombol ikon 'i' pada bagian pojok kiri atas.

13. Setelah itu, kamu dapat membagikan link meeting tersebut kepada para user atau peserta, caranya cukup kirim melalui WhatsApp atau Tools lainya.

3 dari 3 halaman

Cara Bikin Link Zoom Meeting di Hp Android

1. Unduh dulu aplikasi Zoom meeting di Hp android kamu.

2. Setelah selesai mengunduh, selanjutnya install aplikasi Zoom meeting tersebut.

3. Setelah selesai install aplikasi Zoom, selanjutnya masuk ke tombol Sign In. Untuk pendaftaran aplikasi Zoom, kamu dapat menggunakan beberapa pilihan di antaranya:

  • Email pribadi
  • SSO
  • Gmail
  • Facebook

Pilih yang menurut kamu mudah untuk mendaftar.

4. Setelah mendaftar, selanjutnya pilih buat New Meeting di aplikasi Zoom kamu.

5. Jika sudah berhasil membuat New Meeting, selanjutnya pilih Participants yang berada di posisi bawah layar.

6. Selanjutnya pilih Invite dan klik Copy Invite Link tersebut. Lalu, bagikan link tersebut ke grup atau yang lainya agar orang lain dapat bergabung dalam meeting online yang kamu buat.

 

Sumber: Androtechno.my.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer