Sukses


16 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

Bola.com, Jakarta - Seseorang bisa dikatakan menjadi pemimpin apabila mereka memiliki pengikut. Pemimpin yang baik adalah mereka yang bisa membuat pengikutnya mengikuti arahannya.

Jika Anda tidak bisa membuat pengikut Anda mengikuti arahan yang Anda buat, mungkin ada hal yang harus Anda evaluasi sebagai seorang pemimpin.

Banyak orang yang ingin menjadi seorang pemimpin di sebuah perusahaan atau organisasi, institusi, lembaga apa pun. Untuk menjadi pemimpin tentunya membutuhkan kualifikasi serta berbagai tahap yang perlu Anda lewati.

Anda perlu menjadi contoh yang baik, memiliki ketegasan, dan bijaksana dalam bertindak.

Menjadi pemimpin yang baik bisa dikatakan tak sepenuhnya gampang, namun juga tidak mustahil. Beberapa memang memiliki bakat sebagai pemimpin, beberapa lainnya harus terlebih dahuli melalui tempaan.

Memang tidak ada pemimpin yang sempurna, namun ada cara efektif yang bisa Anda terapkan agar menjadi pemimpin yang baik bagi pengikut Anda.

Berikut 16 cara menjadi pemimpin yang baik, yang wajib Anda coba, dikutip dari Inc dan Inspiringtips, Minggu (29/8/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

1. Jadi Anutan

Integritas Anda adalah satu di antara faktor penentu apakah tim Anda akan memercayai Anda atau tidak. Orang ingin mengikuti pemimpin yang menjadi contoh memiliki karakter yang baik, karena itulah yang ingin dicapai semua orang. 

Oleh karena itu, jadilah teladan yang baik dalam hal tindakan, ucapan, karya, dan cara Anda berhubungan dengan orang lain.

2. Jalankan Peraturan yang Anda Buat

Jika Anda ingin pengikut Anda menganggap Anda serius, Anda perlu menunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda serius dengan arahan atau perintah Anda dengan melakukannya sendiri. Misalnya, Anda tidak dapat meyakinkan mereka untuk datang tepat waktu jika Anda selalu datang terlambat satu jam.

3. Memberi Contoh

Cara terbaik untuk memimpin adalah dengan menunjukkan kepada pengikut Anda bagaimana melakukan sesuatu. Memberi mereka instruksi tidak selalu cukup untuk membuat orang-orang Anda mencapai hasil yang Anda harapkan. 

Anda harus menjalankannya terlebih dahulu sehingga mereka akan melihat dengan jelas bahwa tugas tersebut dapat dilakukan, dan jika Anda dapat melakukannya, mereka juga dapat melakukannya.

4. Bersikap Mudah Didekati

Strategi terbaik untuk membuat orang mengikuti Anda bukan menggunakan tangan besi, tetapi sebuah hubungan baik. Anda harus menjadi pemimpin yang dapat mereka ajak bicara tanpa rasa takut setiap kali mereka memiliki masalah atau membutuhkan bantuan dalam pekerjaan mereka.

3 dari 5 halaman

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

5. Ciptakan Visi yang Menarik

Pemimpin besar fokus pada masa depan. Mereka memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang mereka inginkan, dan mereka mewujudkannya. Mereka bersemangat tentang masa depan dan tidak membuang waktu untuk terjebak di masa lalu.

6. Konsisten dalam Karakter

Para pemimpin hebat tidak berubah mengikuti arus; mereka fleksibel dan terbuka untuk ide-ide baru, tetapi konsisten dalam keyakinan dan nilai-nilai mereka. Orang-orang tahu bahwa mereka dapat mengandalkan konsistensi itu dalam pikiran dan tindakan.

7. Jangan Terlalu Ketat

Terlalu banyak ketegasan akan membuat orang-orang Anda menjauh dan suatu hari, Anda hanya akan mendapati mereka berbicara menentang di belakang Anda atau bahkan berencana untuk mengajukan petisi pengganti Anda.

Jika itu tidak memengaruhi kualitas pekerjaan mereka, Anda tidak perlu terlalu ketat tentang suatu hal atau Anda akan terlihat tidak masuk akal bagi tim Anda. 

8. Pujian di Depan Umum

Jika seseorang dalam tim Anda telah menyelesaikan pekerjaannya dengan baik, hargai orang itu dengan cara memujinya di depan umum. Itu akan memotivasi dia dan anggota Anda lainnya untuk selalu memberikan yang terbaik.

4 dari 5 halaman

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

9. Tidak Menegur di Depan Umum

Di sisi lain, jika seseorang melakukan kesalahan, jangan mempermalukan mereka di depan tim. Sebaliknya, bicaralah dengannya secara pribadi, dan rahasiakan. Hal ini akan menghindarkan karyawan atau anggota tersebut dari hinaan, yang dapat membuat dia tidak semangat bekerja.

10. Berpikir secara Strategis

Pemimpin besar memiliki pandangan ke masa depan. Mereka memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang harus dilakukan, dan mereka mengantisipasi serta memenuhi masa depan dengan perencanaan strategis, bukan reaksi jangka pendek.

11. Tempatkan Diri Anda pada Posisi Anak Buah Anda

Jika Anda benar-benar ingin tahu bagaimana Anda bisa menjadi pemimpin yang lebih baik untuk tim Anda, tempatkan diri Anda di posisi mereka. Sebagai karyawan atau anggota tim, apa yang Anda butuhkan dari pemimpin Anda? Bagaimana Anda ingin diperlakukan? Seperti apa tipe pemimpin ideal Anda?

12. Bangun Ikatan dengan Tim Anda

Membangun suatu ikatan atau bersenang-senang dengan tim Anda dari waktu ke waktu akan membantu Anda membangun hubungan dengan mereka. Anda bisa menjadi teman tanpa kehilangan otoritas Anda atas mereka. 

Persahabatan yang lebih pribadi dan tulus dengan anggota Anda akan membantu Anda mendapatkan loyalitas mereka.

5 dari 5 halaman

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

13. Mendorong dan Menghargai Saran

Satu di antara cara untuk menunjukkan kepada anggota tim atau karyawan Anda bahwa Anda menghargai mereka adalah dengan terbuka terhadap ide-ide mereka. 

Biarkan mereka berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dengan melibatkan mereka dalam perencanaan organisasi atau perusahaan Anda. Selain itu, ini juga menguntungkan bagi Anda karena brainstorming dengan lebih banyak kepala dapat menghasilkan lebih banyak ide.

14. Akui Kesalahan dan Minta Maaf

Anda mungkin seorang pemimpin, tetapi Anda masih manusia sehingga Anda masih melakukan kesalahan. Mengakui kesalahan Anda dan meminta maaf untuk itu bukanlah tanda kelemahan. Sebaliknya, itu tanda kerendahan hati, yang hanya bisa dilakukan oleh para pemimpin yang matang dan berani.

15. Tunjukkan bahwa Anda dengan Tulus Peduli

Cara lain untuk menjadi pemimpin yang lebih baik bagi tim Anda adalah dengan benar-benar peduli terhadap mereka. Selain mengetahui nama mereka, Anda dapat menunjukkannya dengan menanyakan bagaimana keadaan mereka secara individu dan menawarkan bantuan kapan pun mereka membutuhkannya.

16. Perlakukan Semua Orang dengan Adil

Perlakukan semua anggota Anda secara setara dengan memberi mereka hak istimewa yang sama dan tidak membebaskan siapa pun dari aturan. 

Jika Anda terhubung dengan beberapa dari mereka pada kehidupan pribadi, ingatkan mereka bahwa kapan pun Anda berada di tempat kerja, Anda adalah profesional dan keakraban harus ditinggalkan di luar pintu.

 

Sumber: Inch, Inspringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer