Sukses


8 Cara Menghadapi Pacar yang Cemburuan

Bola.com, Jakarta - Memiliki pacar yang mudah cemburu alias cemburuan bisa jadi hal menjengkelkan dan membuat tidak nyaman. Apalagi jika sifat tersebut kerap jadi pemicu Anda dan dia ribut.

Cemburu sebenarnya hal wajar yang dirasakan oleh pasangan. Banyak yang bilang, 'cemburu tanda sayang'. Tanda dia menyayangi Anda sebagai pacar.

Akan tetapi, jika pacar Anda terlalu cemburu berlebihan atau cemburu buta, bisa membuat hubungan yang tengah Anda jalani menjadi tidak nyaman.

Namun, sebelum Anda menyalahkan pasangan atas rasa cemburunya, Anda juga perlu introspeksi, bisa saja Anda melakukan tindakan yang memancing kecemburuan atau menjadikan dia insecure.

Setelah ada melakukan koreksi diri, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi pasangan yang mudah cemburu.

Berikut delapan cara menghadapi pacar yang cemburuan, seperti dikutip dari Inspiringtips, Selasa (31/8/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Menghdapi Pacar yang Mudah Cemburu

1. Evaluasi Alasan Mengapa Dia Cemburu

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu penyebab kecemburuan pacar Anda. Anda dapat berbicara dengannya secara pribadi, menanyakan mengapa dia berperilaku seperti itu. 

Pada awalnya, dia mungkin ragu untuk bekerja sama, tetapi dia akan bersedia menyelesaikan masalahnya jika dia benar-benar mencintai Anda. 

Anda juga dapat mencoba berbicara dengan keluarga dan teman-temannya. Mungkin mereka tahu sesuatu tentang masa lalunya atau alasan tindakannya sekarang.

2. Tetapkan Batasan dalam Pertemanan Anda dengan Lawan Jenis

Apakah Anda memiliki pasangan yang cemburuan atau tidak, Anda harus tahu batasan Anda dalam bersosialisasi dengan lawan jenis. Singkatnya, Anda harus berhati-hati untuk tidak terlalu nyaman dengan orang lain, yang dapat menyebabkan godaan atau keterikatan emosional yang lebih dalam.

Hal itu karena setiap orang akan cemburu jika pasangannya lebih dekat dengan orang lain. Semua orang ingin menjadi orang yang paling intim dengan pasangannya. 

3 dari 5 halaman

Cara Menghdapi Pacar yang Mudah Cemburu

3. Sepakat Saling Jujur ​​dan Transparan

Satu di antara rahasia hubungan yang harmonis adalah transparansi. Anda dan pasangan dapat berkompromi dan menetapkan aturan, termasuk transparansi dengan aktivitas, keberadaan, dan teman Anda. 

Tentu saja, terserah Anda jika Anda akan bertukar kata sandi ke akun media sosial Anda jika hal ituu dapat membantu meredakan kecemasan yang dirasakan pacar Anda.

4. Bantu Dia Memahami dan Mengatasi Rasa Tidak Amannya

Jika pacar Anda memiliki rasa percaya diri yang rendah, tidak mengherankan ia memiliki banyak rasa tidak aman. Orang yang merasa insecure kebanyakan cemburu karena mereka pikir pasangan mereka dapat menemukan seseorang yang lebih baik dari mereka. 

Jika ini masalahnya, yakinkan dia bahwa Anda bersedia membantu. Bantu pacar Anda mengatasi rasa tidak amannya dengan menyelesaikan akar masalahnya.

Misalnya, jika dia tidak percaya diri dengan penampilannya, Anda dapat membantu mengubah gaya busananya atau bergabung dengannya dalam sesi olahraga untuk mendapatkan tubuh yang lebih bugar.

4 dari 5 halaman

Cara Menghdapi Pacar yang Mudah Cemburu

5. Beri Perhatian Lebih

Untuk meredakan rasa cemburunya, Anda wajib memberikan pasangan perhatian lebih. Yakinkan pasangan bahwa Anda memang peduli padanya. Buat pasangan merasa aman, meski Anda berada jauh darinya.

Tunjukkan pada pasangan bahwa Anda berniat untuk memperbaiki kondisi ini. Ketika ia merasa aman, secara perlahan kecemburuannya akan mereda.

6. Dorong Dia untuk Menjalani Kehidupan di Luar Hubungan Anda

Buat pacar Anda menyadari bahwa Anda berdua harus terus menjalani kehidupan masing-masing. Anda tidak harus membuat dunia Anda berputar di sekitar satu sama lain. 

Karena itu, dia tidak boleh cemburu setiap kali Anda harus bersosialisasi dengan orang lain. Yakinkan dia bahwa dia juga bisa berteman dengan lawan jenis karena dia tahu keterbatasannya.

5 dari 5 halaman

Cara Menghdapi Pacar yang Mudah Cemburu

7. Libatkan Dia Lebih Banyak dalam Hidup Anda

Satu di antara penyebab kecemburuan adalah perasaan ditinggalkan. Semua orang ingin merasa dibutuhkan, dirindukan, dan bermanfaat.

Oleh karena itu, ketika Anda terus menutup pacar Anda dari hidup Anda, selalu mengatakan kepadanya bahwa Anda sibuk, dia akan merasa tidak penting dan hanya mengganggu. Dengan begitu, dia akan merasa tidak aman dalam perannya sebagai pasangan.

8. Beri Dia Perhatian Lebih saat Berada di Sekitar Orang Lain

Untuk menghilangkan kecurigaannya bahwa Anda ingin bersama orang lain, buat pacar Anda merasa istimewa setiap kali Anda berada di dekat orang lain, terutama lawan jenis.Biarkan dia rasa bahwa dia adalah orang yang istimewa untuk Anda.

Tentu saja, Anda juga dapat berbicara dengan orang lain, tetapi pastikan dia mendapat perhatian khusus. Misalnya, Anda harus duduk di sebelahnya alih-alih orang lain. Setiap kali dia berbicara, dengarkan dengan saksama dan dukung apa yang dia katakan. Anda juga bisa memujinya di depan orang lain.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer