Sukses


12 Cara Menghibur Orang yang Sedang Sedih

Bola.com, Jakarta - Berbuat kebaikan bisa dilakukan dalam berbagai cara. Satu di antaranya, menghibur orang yang sedang sedih. Apalagi jika mereka yang bersedih merupakan orang-orang terdekat Anda. Tanpa diminta pun, sudah semestinya Anda memberikan penghiburan.

Sebagai orang yang memiliki simpati maupun empati, tentu Anda tak bisa tinggal diam melihat orang-orang terdekat Anda larut dalam kesedihan.

Apa pun penyebab kesedihan tersebut, ada berbagai cara untuk menghibur mereka agar mereka kembali seperti sedia kala, seperti memberikan waktu, tenaga, dan kebahagiaan yang Anda miliki.

Memberikan kebahagiaan juga akan membantu Anda menjadi orang yang lebih baik. Dengan membuat orang lain lebih bahagia, Anda menciptakan kehidupan yang lebih bahagia untuk diri sendiri.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk sahabat maupun kerabat yang sedih adalah mendengarkan dan mendukungnya. Bantu dia melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dan dorong dia untuk bergembira dan bahagia karena hidup adalah hal yang indah dan ada lebih banyak hal yang bisa membuat dia tersenyum. 

Berikut ini beberapa saran tentang cara menghibur orang yang sedih, dikutip dari Inspiringtips, Selasa (31/8/2021).

2 dari 2 halaman

Cara Menghibur Orang yang Sedang Sedih

1. Tersenyum

Tahukah Anda bahwa cara termudah dan paling efektif untuk membuat seseorang bahagia adalah dengan tersenyum terlebih dahulu kepada mereka? Berbagi senyum Anda adalah tanda persahabatan dan kedamaian. 

Itu akan menunjukkan wajah positif yang pasti akan membuat orang-orang di sekitar Anda bahagia dan nyaman. Senyum Anda membuat hidup lebih berwarna dan indah. Jadi, jika Anda memiliki satu senyuman, berikan kepada orang yang paling Anda hargai.

2. Jadi pendengar yang baik

Cara mudah lain untuk membuat seseorang merasa dihargai ketika mereka merasa sedih adalah dengan mendengarkannya. Terkadang itulah satu-satunya hal yang mereka butuhkan untuk keluar dari pikiran-pikiran negatif. Mencoba memahami pikiran mereka bahkan jika Anda tidak berada di posisi mereka, menunjukkan minat dan rasa terima kasih yang tulus tentang perasaan mereka sendiri.

3. Habiskan waktu berkualitas

Selain menunjukkan bahwa Anda peduli dengan mereka, tunjukkan betapa Anda menikmati kebersamaan dengan mereka. Menawarkan waktu dan usaha Anda adalah satu di antara hal terbesar yang dapat Anda lakukan untuk teman-teman Anda yang patah hati. 

Selama kesedihan mereka, mereka membutuhkan seseorang yang akan ada untuk menghibur mereka. Anda dapat menonton film favorit atau bertualang, itu akan membantu teman yang sedih untuk tidak fokus pada hal-hal yang terus mengganggunya.

4. Buat mereka merasa dihargai

Memberikan pujian adalah cara yang pasti untuk membuat seseorang bahagia. Ada banyak hal positif yang bisa Anda katakan kepada mereka, seperti hanya dengan mengatakan 'kamu terlihat cantik hari ini', 'aku suka gaunmu' atau 'Kamu memiliki rambut yang bagus', yang bisa membuat seseorang merasa dihargai.

Pujian yang tulus kepada seseorang yang merasa tertekan dapat meringankan hari-hari suram mereka.

5. Berikan dorongan

Dunia terkadang bisa menjadi tempat yang mengecewakan, tetapi jika Anda mendorong seseorang yang berada dalam situasi negatif, mungkin itu akan mengurangi beban yang dipikul mereka. 

Jadi, jadilah seseorang yang akan mengangkatnya alih-alih menariknya ke bawah. Jadilah seseorang yang akan menghujaninya dengan getaran positif daripada sebaliknya.

6. Ceritakan lelucon atau bagikan sesuatu yang lucu

Bagikan beberapa video lucu atau ceritakan lelucon konyol yang pasti akan membuat mereka tertawa dan melupakan kesedihan mereka. Tertawa adalah obat terbaik bagi mereka yang sedang kesakitan. Humor yang baik akan meringankan semua perjuangan mereka dalam hidup.

7. Ucapkan kata-kata yang baik

Ini praktik yang sangat sederhana ketika Anda berusaha untuk berbicara dengan cara yang baik kepada orang-orang di sekitar Anda. 

Contohnya dengan mengatakan 'semuanya akan baik-baik saja', 'terima kasih' atau "kamu bisa!". Kata-kata yang baik mungkin tidak membutuhkan banyak biaya, tetapi usaha ini biasanya berhasil untuk mengurangi kesedihan.

8. Kirim hadiah

Pernahkah Anda mencoba memberi bunga atau memberi hadiah sederhana, meski tidak ada acara khusus? Mengejutkan seseorang tanpa alasan tertentu akan mencerahkan harinya. 

Tindakan ini akan membantu orang tersenyum dengan cara yang fantastis, terlepas dari semua masalah yang mereka hadapi dalam hidup.

9. Katakan aku menyayangimu

Tidaklah memalukan untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang yang Anda cintai, seperti keluarga, teman, atau seseorang yang spesial.

Penting untuk mengingatkan mereka betapa Anda mencintai mereka setiap hari, terutama pada saat mereka merasa sedih dan tidak dihargai. Sebuah ucapan sederhana 'aku menyayangimu" akan menghilangkan rasa sakit dan kesedihan yang mereka rasakan.

10. Telepon atau kirim pesan hanya untuk memeriksanya

Sebagian besar dari kita cenderung menelepon dan mengirim pesan teks hanya ketika kita membutuhkan sesuatu. 

Namun, terkadang rasanya senang menerima pesan atau telepon dari seseorang yang spesial tanpa alasan apa pun karena yang kita butuhkan untuk kebahagiaan hanyalah percakapan yang baik. 

Memeriksa mereka akan membuat mereka merasa dihargai, diperhatikan, dan akan membuat mereka bahagia karena Anda telah meluangkan waktu untuk berbicara dengan mereka hanya karena Anda menginginkannya, bukan karena Anda membutuhkan sesuatu dari mereka.

11. Bantu dengan memberi saran

Jika Anda menemukan seseorang yang dalam kesulitan atau berjuang dalam hidup, dukungan sederhana sudah cukup untuk mereka. Cobalah yang terbaik untuk membantu mereka, uluran tangan selalu merupakan anugerah yang menyelamatkan. 

Anda tidak hanya akan merasa baik tentang diri Anda sendiri, tetapi Anda akan merasa senang bahwa Anda baru saja menyelamatkan seseorang dari tekanan kesulitan mereka.

12. Ingatkan mereka bahwa mereka tidak sendiri

Terlepas dari semua kesulitan yang mereka hadapi, selalu ingatkan mereka bahwa Anda ada untuk mendukung mereka sepanjang jalan. Jangan biarkan mereka merasa bahwa mereka merasa sendirian. 

Katakan kepada mereka untuk bersikap baik pada diri mereka sendiri dan tidak membandingkan diri mereka dengan orang lain yang mereka anggap lebih bahagia dan lebih baik dari mereka.

 

Sumber: Inspiringtips

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer