Sukses


Tujuan Manajemen dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya.

Kata 'manajemen' berasal dari bahasa Inggris yakni 'manage' yang memiliki arti mengatur, merencanakan, mengelola, mengusahakan, dan memimpin.

Secara etimologis, manajemen merupakan seni untuk melaksanakan dan mengatur. Hal tersebut yang mendasari manajemen sebagai seni mengelola dan mengatur agar tersusun secara rapi.

Istilah manajemen tersebut biasanya diidentikan dengan dunia bisnis dan perkantoran. Manajemen sangat dibutuhkan agar tujuan pribadi atau organisasi bisa tercapai.

Manajemen juga sangat diperlukan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas suatu kerja organisasi. Adapun orang yang mengatur, merumuskan, dan melaksanakan berbagai tindakan manajemen disebut manajer.

Manajemen itu memiliki tujuan utama selain bertujuan sebagai alat untuk pencapaian tujuan organisasi.

Berikut ini rangkuman tentang tujuan manajemen dan manfaatnya yang perlu diketahui, dilansir dari laman studimanajemen.com, Rabu (1/9/2021).

2 dari 6 halaman

1. Mendapatkan Hasil Maksimal dengan Upaya dan Sumber Daya Minimum

Tujuan utama manajemen yang pertama adalah untuk mendapatkan hasil maksimum dengan upaya dan sumber daya minimum. Jadi, manajemen mengutamakan efektivitas dan efisiensi upaya dan sumber daya secara maksimal dan optimal.

Manajemen pada dasarnya berkaitan dengan berpikir dan memanfaatkan sumber daya manusia, material serta keuangan sedemikian rupa yang akan menghasilkan kombinasi terbaik.

Kombinasi ini menghasilkan pengurangan berbagai biaya dan waktu, dengan kata lain sumber daya tersebut digunakan lebih efektif dan efisien.

3 dari 6 halaman

2. Meningkatkan Efisiensi Faktor-Faktor Produksi

Manajemen tidak hanya untuk efisiensi upaya dan sumber daya, tetapi juga untuk efisiensi berbagai faktor produksi yang tepat.

Efisiensi dapat ditingkatkan dengan mengurangi pembusukan, pemborosan, dan semua jenis kerusakan, yang pada gilirannya mengarah pada penghematan waktu, usaha serta uang.

Hal itu tentu penting untuk pertumbuhan dan kemakmuran perusahaan. Faktor-Faktor produksi merupakan hal penting bagi setiap organisasi bisnis maupun organisasi lain.

Setiap organisasi memiliki faktor-faktor produksi yang berbeda, tetapi secara umum faktor-faktor produksi yaitu tanah, modal, sumber daya manusia, dan sumber daya alam. Manajemen harus bisa memberikan efisiensi terhadap faktor-faktor produksi.

4 dari 6 halaman

3. Kesejahteraan Maksimum untuk Pimpinan maupun Karyawan

Manajemen memiliki tujuan untuk memastikan kelancaran dan koordinasi fungsi perusahaan. Hal ini untuk membantu dalam memberikan manfaat maksimal kepada karyawan.

Manfaat tersebut dalam bentuk kondisi kerja yang baik, sistem upah yang sesuai, rencana insentif di satu sisi dan keuntungan yang lebih tinggi bagi pimpinan di sisi lain.

5 dari 6 halaman

4. Perbaikan Manusia dan Keadilan Sosial

Adanya manajemen berfungsi sebagai alat peningkatan serta perbaikan masyarakat. Melalui peningkatan produktivitas dan pekerjaan, manajemen memastikan standar kehidupan yang lebih baik.

Jika manajemen berjalan dengan baik, tujuan utamanya untuk perbaikan manusia dan keadilan sosial bisa tercapai.

6 dari 6 halaman

Manfaat Manajemen

- Membantu manajer dan para anggota untuk merancang strategi melalui pendekatan yang lebih sistematis, rasional, dan efektif.

- Mendapatkan hasil yang maksimal melalui proses yang menyeluruh. Proses tersebut tentunya harus dilaksanakan sesuai fungsi manajemen.

- Manajemen akan memudahkan kita untuk menyajikan kerangka kerja untuk jangka pendek maupun jangka panjang sehingga target pun akan lebih mudah untuk ditentukan.

- Membantu proses alokasi sumber daya yang efektif.

- Mendorong tumbuhnya sikap profesional dalam diri setiap anggota organisasi yang diberikan kepercayaan untuk melaksanakan tugas.

 

Sumber: Studimanajemen

Video Populer

Foto Populer