Sukses


Contoh-Contoh Pidato Ulang Tahun, Sambutan Hangat bagi Tamu

Bola.com, Jakarta - Hari ulang tahun merupakan momen spesial di mana seseorang sedang memperingati hari kelahiran. Pasalnya, momen ini hanya terjadi satu tahun sekali.

Itulah mengapa, banyak orang yang ingin merayakan momen spesial ini dengan menggelar acara khusus, seperti pesta atau sekadar syukuran dengan mengundang orang-orang terdekat.

Bagi kamu yang ingin menyelenggarakan acara tersebut, biasanya ada bagian pidato atau sambutan dalam satu di antara rangkaian acara.

Pidato ini penting sebagai bentuk penyambutan kepada para tamu yang hadir pada acara ulang tahun tersebut.

Pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan khalayak umum dengan mengusung ide, pendapat, gagasan, atau topik tertentu.

Ketika kamu ingin menyampaikan pidato dalam acara ulang tahun, ada baiknya kamu siapkan secara matang. Pasalnya, pidato yang baik memberikan kesan positif bagi orang-orang yang mendengarkannya.

Pidato dalam acara ulang tahun biasanya dilakukan orang terdekat yang sedang berulang tahun, seperti orang tua, kakak, suami istri, atau kerabat lainnya. Namun, orang yang berulang tahun, juga bisa memberikan kata-kata sambutan langsung di hadapan para tamu.

Nah, jika kamu membutuhkan beberapa contoh pidato untuk acara ulang tahun, kamu bisa mendapatkannya di bawah ini.

Berikut ini kumpulan contoh pidato ulang tahun, dikutip dari laman Nusantarainovatif dan Nuroehi, Jumat (3/9/2021).

2 dari 5 halaman

Pidato 1

Bismillahirrahmanirrahim, assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kepada tuan rumah yang kami hormati,

Kepada para tamu undangan yang kami hormati,

Hadirin sekalian yang berbahagia,   

Dengan mengucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita masih diberi kesehatan jasmani dan rohani untuk bisa datang ke rumah sahabat kita yaitu (nama orang) dalam rangka memenuhi undangan ulang tahun sahabat kita yang ke ... tahun. Dan semoga para tamu undangan yang hadir pada hari ini mendapatkan rida serta berkah dari Allah SWT.

Tak lupa pula selawat serta salam selalu kita curahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW berserta keluarganya karena beliau sudah membawa umatnya dari zaman yang penuh dengan kebodohan menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan sehingga kita bisa membedakan mana yang benar dan mana yang tidak benar.

Di hari yang penuh kebahagiaan ini, kami atas nama sahabat (nama orang), banyak mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman dan sahabat-sahabat yang sudah meluangkan waktu untuk bisa hadir pada hari ini. Atas niat baik teman-teman dan sahabat-sahabat untuk bisa hadir pada ulang tahun (nama orang), semoga mendapatkan balasan yang baik dari Allah SWT.

Tujuan utama tamu undangan untuk hadir pada acara ulang tahun ini yaitu untuk ikut merasakan kebahagiaan sekaligus mengucapkan selamat ulang tahun kepada sahabat kita (nama orang) yang ke .... tahun. Kemudian sahabat kita .... meminta doa kepada kita semua agar setelah bertambahnya umur, teman kita bisa sehat selalu, panjang umur, selalu berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, diberikan kesuksesan dalam segala aktivitas dan apa yang di cita-citakan dapat cepat terkabul, Amin Ya Robbal Alamin.

Di saat kita bertambah umur maka yang perlu kita ubah dalam hidup kita, yaitu selalu berusaha menjadi manusia yang lebih dewasa, baik itu mengenai sifat maupun sikap, selain itu jangan pernah lupa untuk selalu melaksanakan kewajiban kita sebagai umat beragama karena manusia pada dasarnya tidak akan bisa hidup selamanya di dunia ini.

Semoga sedikit pesan tadi dapat bermanfaat untuk saya pribadi, teman-teman, sahabat dan pastinya untuk kita semua yang hadir pada acara ini.

Selanjutnya saya meminta maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam penyampaian saya ada kesalahan dan terdapat ucapan yang kurang bekenan di hati para tamu undangan. Dan para hadirin yang kami hormati, kami atas nama sahabat (nama orang) mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran teman-teman serta kami mohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila dalam acara ini ada kekurangan baik dari segi hidangan, tempat atau penerimaan tamu undangan.

Wabilahitaufik wal hidayah, Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3 dari 5 halaman

Pidato 2

Assalamulaikum wr.wb.

Syukur alhamdulillah, marilah kita mengucap syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul disini dalam acara ulang tahun saya yang ke ... tahun.

Sebelumnya, saya berterima kasih kepada teman-teman karena sudah menyempatkan diri untuk hadir dan datang ke acara ulang tahun saya ini.

Mungkin tanpa kalian di sini, ulang tahun saya bukan menjadi apa-apa. Teman-teman yang berbahagia, saya berterima kasih juga atas doanya untuk saya.

Sekian dari saya, Wassalam mualaikum wr wb.

4 dari 5 halaman

Pidato 3

Assalamu’alaikum warahmatullalhi wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak/Ibu undangan dan teman-teman yang saya banggakan,

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita sehingga kita bisa berkumpul di tempat ini. Selawat dan salam tak lupa kita sampaikan kepada junjugan Nabi Besar Muhammad SAW.

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada hadirin dan teman-teman yang sudah datang ke acara ulang tahun saya ke- ... tahun.

Dalam acara ulang tahun ini, saya akan dibagikan doorprize menarik dan games seru untuk teman-teman. Saya harap hadirin bisa mendoakan saya agar bisa mencapai cita-cita saya dan nilai ujian saya bisa mencapai nilai yang memuaskan dan saya bisa mendapatkan SMP yang saya inginkan, Amiin.

Selain itu, saya bersyukur masih diberi sehat dan diberi umur oleh Allah SWT sehingga saya bisa berkumpul dengan teman-teman saya di sini.

Demikian pidato singkat saya, saya berharap acara ini bisa berjalan seru dan lancar. Mohon maaf bila ada salah kata, Wabihil taufiq wal hidayah, Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5 dari 5 halaman

Pidato 4

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saudaraku, sahabat-sahabat dan teman-teman sekalian yang saya sayangi. Pada kesempatan yang berbahagia ini, tentunya tiada kata-kata yang pantas untuk saya ucapkan dalam mengawali sambutan ini, melainkan puji syukur yang sedalam-dalamnya kehadirat Allah SWT, yang memberi saya panjang umur sehingga pada hari ini, tepatnya ulang tahun saya yang ke ... tahun dan atas rahmat-Nya pula saya dapat merayakan pagi hari ini bersama saudara, teman-teman, dan sahabat-sahabat sekalian, tanpa ada suatu halangan apa pun.

Selanjutnya, saya mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada saudara-saudara, teman-teman, dan sahabat-sahabat sekalian yang berkenan hadir dalam acara ulang tahunku yang ke ... ini, mudah-mudahan keikhlasan saudara, teman-teman, dan sahabat meluangkan waktu guna menghadiri acara ini akan mendapatkan balasan yang lebih baik dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sekalipun acara ini sangat sederhana, tentu saya tetap ingin mengharap pada saudara, sahabat, dan teman-teman sekalian untuk memberikan doanya agar kiranya, kita diberi panjang umur bertambah baik amal dan tingkah lakunya, banyak rezeki senantiasa dalam naungan rahmat dan perlindungan-Nya.

Kemudian, saya juga tak lupa meminta maaf, saudara, teman, dan sahabat sekalian atas kesalahan, kekurangan juga segala hal yang tidak berkenan di hati saudara sekalian.

Saudaraku, sahabat-sahabat, dan teman-temanku sekalian yang saya sayangi, demikianlah sambutan yang saya sampaikan pada acara ini, sekali lagi kami menyampaikan terima kasih banyak atas kehadirannya dan mohon maaf atas segala kesalahan dan kurang lebihnya.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat dan anugerah serta bimbingan-Nya kepada kita sehingga makin hari kita menjadi makin baik dan mendapatkan rida ilahi, amin.

 

Sumber: nusantarainovatif.my.id, nuroehi.com

Video Populer

Foto Populer