Sukses


7 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Ikan merupakan bahan makanan yang kerap kali kita temui. Selain rasanya lezat, banyak jenis ikan yang kaya kandungan nutrisi dan baik untuk kesehatan. Satu di antaranya adalah ikan salmon.

Ikan salmon merupakan satu di antara ikan yang cukup digemari di dunia. Salmon mengandung nutrisi, seperti vitamin B12 dan asam lemak omega-3. Ikan salmon merupakan ikan dengan daging yang lembut dan mudah diolah.

Banyak orang yang menyajikan ikan salmon sebagai steak, campuran salad, atau dimakan mentah seperti yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang Jepang.

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan bisa Anda dapatkan dengan mengolahnya sebagai masakan dan mengonsumsinya secara teratur.

Beberapa manfaat ikan salmon untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin adalah menjaga kesehatan jantung dan membantu menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan ikan salmon, Anda bisa mencarinya di berbagai supermarket dengan beberapa varian kualitas.

Berikut tujuh manfaat ikan salmon untuk kesehatan, yang patut Anda buktikan, seperti dikutip dari Healthline, Kamis (2/9/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

1. Membantu Mengatasi Peradangan Sendi

Selain baik untuk menjaga kesehatan jantung, asam lemak omega-3 yang terkandung dalam salmon membantu mengurangi berbagai kondisi radang sendi termasuk osteoartritis. 

Salmon mengandung protein yang disebut peptida bioaktif. Satu di antara jenis peptida bioaktif semacam itu adalah kalsitonin, yang diketahui dapat meningkatkan, mengatur, dan menstabilkan sintesis kolagen dalam tulang rawan manusia.

2. Sumber Vitamin B Kompleks

Ikan salmon kaya kandungan vitamin B kompleks, mulai B3, B5, B7, B6, B9, hingga B12. Vitamin B kompleks bermanfaat untuk menjaga keseimbangan fungsi organ tubuh.

Kelompok vitamin B dalam ikan salmon bekerja bersama dalam mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Selain itu, mereka dapat membuat dan memperbaiki DNA serta mengurangi peradangan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan salmon kaya kandungan asam lemak omega-3 dan kalium. Asam lemak omega-3 yang dikombinasikan dengan mineral seperti kalium, dapat menjaga kesehatan jantung dengan baik.

Hal ini terjadi karena kombinasi tersebut mengurangi peradangan pada arteri, menurunkan kadar kolesterol, dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Mengonsumsi salmon secara rutin dapat mengurangi risiko terkena penyakit yang berkaitan dengan jantung, seperti serangan jantung, artimia, stroke, dan hipertensi.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Kadar DHA dan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi bekerja bersama vitamin A, vitamin D, dan selenium di dalam salmon, untuk meningkatkan fungsi dan kinerja otak.

Banyak suplemen makanan yang mengandung asam lemak omega-3 digunakan untuk mengobati gangguan psikologis yang berkaitan dengan otak, seperti penyakit Alzheimer dan parkinson.

Mengonsumsi salmon secara rutin untuk ibu hamil juga dapat meningkatkan kecerdasan pada anak serta menjaga kesehatan janin secara keseluruhan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

5. Menjaga Kesehatan Mata

Selain untuk kesehatan otak dan jantung, omega-3 yang terdapat di dalam salmon baik untuk kesehatan mata. Ikan salmon dapat mencegah mata lelah, mata kering, dan degenerasi makula terkait mata.

Degenerasi makula terkait mata adalah suatu kondisi yang terjadi pada individu yang lebih tua. Keluhan yang menimpa, seperti hilangnya penglihatan di bagian tengah mata akibat kerusakan saraf mata.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain berbagai manfaatnya untuk menjaga kesehatan, ikan salmon dapat membantu dalam usaha Anda untuk menurunkan berat badan.

Ikan salmon penuh protein dan rendah kandungan kalorinya sehingga baik bagi Anda untuk memasukan salmon ke daftar menu makanan diet.

Selain memberikan protein kepada tubuh Anda dalam jumlah cukup signifikan, mengonsumsi salmon sebagai makanan diet dapat mengimbangi berbagai kekurangan vitamin dan mineral dalam tubuh.

7. Melawan Proses Peradangan

Ikan salmon juga dapat melawan proses peradangan. Beberapa penelitian menemukan bahwa makan lebih banyak salmon membantu mengurangi penanda peradangan. Hal ini khususnya berlaku pada orang yang berisiko terkena penyakit yang dipicu akibat proses peradangan.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan cara mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer