Sukses


Contoh-Contoh Naskah Pidato Singkat tentang Pendidikan

Bola.com, Jakarta - Pidato adalah suatu kegiatan orasi atau penyampaian pesan di depan orang banyak. Pidato bertujuan menyampaikan suatu pendapat atau pandangan terhadap hal tertentu kepada banyak orang.

Pesan yang disampaikan secara langsung dalam pidato, biasanya berisi suatu imbauan dan ajakan untuk melakukan suatu hal yang berguna bagi banyak orang.

Bagi sebagian orang, pidato mungkin merupakan hal yang mudah dilakukan, tetapi bagi sebagian lainnya, pidato bisa menjadi hal yang menakutkan.

Namun, hal ini bisa diminimalisasi dengan melakukan persiapan. Dengan begitu, saat melakukan pidato tidak mengalami grogi atau kendala yang berarti.

Satu hal bisa dipersiapkan ialah naskah pidato. Yap, untuk melakukan pidato juga diperlukan naskah pidato singkat atau panjang, yang berfungsi sebagai garis besar atau gambaran pokok pembicaraan yang akan disampaikan.

Ada berbagai tema yang bisa disampaikan dalam berpidato. Satu di antara tema pidato yang umum atau sering disampaikan ialah tentang pendidikan.

Berikut ini kumpulan contoh naskah pidato singkat tentang pendidikan, seperti dilansir dari laman salamadian.com, Jumat (3/9/2021)

2 dari 4 halaman

Contoh Naskah Pidato

                                                                                  Mencari Ilmu

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal'afiyat.

Salawat serta salam semoga tetap tercurah limpah kepada Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya serta para pengikutnya sampai akhir zaman.

Hadirin yang berbahagia,

Mencari ilmu kewajiban kita sebagai umat manusia. Dengan ilmu, kita dapat menjadi lebih pintar, dengan ilmu kita dapat mempunyai keahlian dan pengetahuan tentang segala jenis hal. Dengan ilmu, kita menjadi tahu lebih dan lebih tahu tentang cara mengatasi suatu persoalan.

Ilmu tidak hanya terbatas hal-hal yang diajarkan di bangku sekolah saja. Banyak ilmu-ilmu lain yang dapat kita pelajari untuk menunjang kehidupan kita, contohnya ilmu memasak, ilmu bertanam, dan lain sebagainya.

Mencari ilmu tidak hanya terbatas pada kegiatan belajar mengajar di kelas. Ilmu bisa kita dapatkan dari media lain. Semisal buku, koran, internet atau majalah. Luangkanlah waktu kita untuk membaca-baca buku, mengulang kembali pelajaran ketika menunggu kendaraan umum atau ketika waktu istirahat.

Hal itu lebih baik daripada kita memboroskan waktu untuk membuka hal-hal yang bersifat tidak terlalu penting di HP atau smartphone kita.

Selain dari buku, ilmu bisa juga kita dapatkan dari sebuah diskusi bersama kerabat, teman atau orang tua. Dari obrolan dengan mereka, kita dapat mengambil suatu pelajaran yang luar biasa. Dari pengetahuan atau kisah-kisah mereka di masa lalu.

Hadirin yang saya homati,

Manfaatkanlah waktu kita dengan sebaik-baiknya. Janga sia-siakan waktumu. Ilmu itu luas, galilah sedalam-dalamnya.

Sekian pidato singkat dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Saya tutup dengan ucapan ..

Wassalamu 'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

3 dari 4 halaman

Contoh Naskah Pidato

                                                          Pentingnya Pendidikan Bagi Masa Depan

Yth. Bapak/Ibu…

Yth. Para hadirin yang berbahagia

Puji syukur kepada Allah SWT, pada hari ini kita diberikan rahmat dan karuania-Nya sehingga kita bisa berkumpul pada kesempatan yang baik ini dalam keadaan sehat wal'afiat.

Pada pidato hari ini saya akan membahas tentang makna pendidikan dan pentingnya pendidikan bagi masa depan. Pendidikan merupakan proses belajar untuk meningkatkan pengetahuan.

Pendidikan bukan hanya proses mentransfer ilmu dari pendidik kepada peserta didik. Lebih dari itu, pendidikan bertujuan meningkatkan sumber daya manusia dan mencetak generasi bangsa yang cerdas. Pendidikan memegang peranan penting di dalam suatu kehidupan berbangsa dan bernegara karena di sinilah cita-cita dan masa depan generasi penerus bangsa diletakkan.

Hadirin yang berbahagia,

Kita tahu pendidikan merupakan hal yang sangat penting, baik bagi kehidupan pribadi maupun kehidupan berbangsa dan bernegara. Sayangnya tidak semua orang berkesempatan untuk mengeyam pendidikan hingga tingkat pendidikan yang tinggi.

Keterbatasan ekonomi dan keterbatasan akses membuat pendidikan sangat sulit untuk didapatkan oleh saudara-saudara kita di wilayah lain yang terpencil. Masih ingatkah Anda ada sebagian kecil saudara kita di daerah lain yang harus menyeberang sungai bertaruh nyawa demi bisa sampai di sekolah? Hal ini tentu membuat kita terenyuh.

Di saat mereka ingin mendapatkan pendidikan yang baik, mereka terkendala akses menuju sekolah yang sulit dicapai. Oleh karena itu, bagi kita yang mendapatkan kemudahan untuk mengenyam pendidikan, mari gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya.

Pendidikan merupakan satu di antara cara untuk mencapai cita-cita. Anda bercita-cita ingin menjadi apa? Dokter? Insinyur? Diplomat? Presiden? Semuanya tidak akan tercapai tanpa pendidikan yang memadai. Pendidikan juga menjadi jalan termudah untuk memutus mata rantai kemiskinan karena kemiskinan erat kaitannya dengan kebodohan.

Pendidikan yang cukup membuat orang lebih terdidik, lebih mudah mendapatkan informasi, dan lebih pintar. Hal ini membuat orang berpendidikan mendapatkan kesempatan lebih luas untuk mendapatkan posisi karier yang lebih tinggi dan kesempatan kerja yang lebih luas sehingga kesejahteraannya juga lebih baik daripada orang yang tidak berpendidikan.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Mengingat pentingnya pendidikan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara maupun kehidupan pribadi, mari siapkan diri untuk meraih pendidikan setinggi mungkin agar tercapai cita-cita yang diimpikan.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan pada pagi hari ini. Semoga memberikan manfaat bagi kita semua .

4 dari 4 halaman

Contoh Naskah Pidato

                                                 Pendidikan dalam Membangun Sebuah Bangsa

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Puji syukur kita panjatkan atas kehadiran Tuhan YME, karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya sehingga pada hari yang cerah ini kita semua masih diberikan kesempatan untuk bisa berkumpul ditempat ini.

Salawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW yang menjadi suri teladan untuk kita semua di muka bumi ini.

Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak untuk kesempatan yang berharga ini. Saya berdiri di sini adalah untuk untuk membawakan pidato bertema pendidikan. Semoga gagasan saya ini bisa diterima dan mampu memberikan manfaat untuk kita semua.

Hadirin yang berbahagia,

Pendidikan adalah sebuah elemen penting dalam kehidupan yang harus menjadi perhatian semua pihak. Lahirnya bangsa yang cerdas dan bijaksana dimulai dari generasinya. Begitu penting arti sebuah pendidikan dalam membangun sebuah bangsa yang kuat. Bagaimana dengan kondisi pendidikan kita saat ini? Tentunya kita sama-sama sadar, bahwa untuk memajukan pendidikan Indonesia, semua pihak harus bersinergi.

Hadirin yang terhormat,

Dalam rangka memajukan pendidikan Indonesia harus dimulai dari lembaga formal, tempat di mana anak-anak bangsa ditempa. Perlunya regulasi yang baik dan juga matang untuk bisa memberikan pendidikan terbaik untuk anak bangsa.

Perbaikan harus kita lakukan untuk memaksimalkan lulusan yang berkompeten dan mampu berkontribusi dalam negara nantinya. Semua itu tidak bisa didapatkan dengan instan, butuh proses yang panjang serta konsistensi yang tinggi.

Kita sama-sama menyadari bahwa sistem pendidikan harus disesuaikan dengan perkembangan zaman. Seperti sekarang ini, yakni zaman serba digital, tentunya sistem yang digunakan juga harus sesuai kebutuhan pendidikan saat ini.

Bukan hanya soal mengajar hingga pandai saja, namun juga mendidik karakter dari anak didik itu sendiri. Pendidikan karakter itu sangat penting untuk diterapkan di lembaga-lembaga formal seperti sekolah. Untuk itu, mari untuk sama-sama memajukan pendidikan Indonesia dengan terus berupaya dan juga berinovasi dalam mendidik.

Jika bukan kita siapa lagi, dan jika bukan sekarang kapan lagi. Bangsa yang besar adalah bangsa yang di dalamnya terbangun unsur-unsur yang saling bersinergi. Maka dari itu, mari saling mengeratkan pegangan untuk Indonesia lebih unggul.

Hadirin yang saya hormati,

Demikian pidato singkat yang sempat saya bawakan kali ini. Semoga pidato singkat ini dapat mengena dalam benak hadirin sekalian. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.

Akhir kata, saya mengucap banyak sekali terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi. Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Sumber: Salamadian

Video Populer

Foto Populer