Sukses


8 Cara agar Tidak Mudah Cemburu Berlebihan terhadap Pasangan

Bola.com, Jakarta - Memiliki rasa cemburu terhadap pasangan merupakan hal wajar. Sifat dan sikap tersebut bisa menjadi bentuk rasa sayangmu kepada pasangan.

Namun, itu akan menjadi kurang baik jika terlalu berlebihan. Anda harus segera menghilangkannya jika mulai merasa memiliki kecemburuan yang menjurus berlebihan.

Memang tidak mudah untuk menghilangkan rasa cemburu kepada pasangan, terutama jika komunikasi masih menjadi kendala yang sering Anda berdua hadapi. Perlu kedewasaan secara emosional serta komunikasi yang baik untuk menghilangkan kecemburuan.

Rasa cemburu yang berlebihan dapat muncul karena rasa tidak percaya diri, insecure, dan berpikir berlebihan (overthinking).

Padahal, memiliki rasa cemburu yang terlalu berlebihan kepada pasangan justru berpotensi merusak hubungan yang sedang Anda bina.

Meski cemburu merupakan hal wajar, coba untuk membuat kecemburuan Anda tidak berlebihan karena bisa menjadi bom waktu yang akan merenggut kebahagiaan Anda dan pasangan.

Berikut delapan cara agar tidak mudah cemburu berlebihan terhadap pasangan dalam menjalani hubungan, dikutip dari Inspiringtips, Selasa (7/9/2021).

2 dari 4 halaman

Cara agar Tidak Mudah Cemburu Berlebihan terhadap Pasangan

1. Akui Bahwa Anda Cemburu

Kerap kali, orang yang merasa cemburu justru mengelak dan menganggap apa yang dirasakannya bukan cemburu. Ini tidak tepat. Sebaliknya, yang harus dilakukan adalah mengenali sekaligus memberikan validasi terhadap rasa cemburu.

Setelah mengenali rasa cemburu, katakan kepada diri sendiri bahwa emosi negatif itu tidak diperlukan. Tarik napas panjang dan buang napas bersamaan dengan membuang rasa cemburu dalam hati. Ulangi sesering mungkin hingga benar-benar merelakan rasa cemburu itu.

2. Pahami Alasan di Balik Kecemburuan Anda

Setelah Anda mengakui bahwa Anda merasa cemburu, inilah saatnya Anda memahami faktor-faktor yang membuat Anda merasa seperti itu. 

Misalnya, apakah Anda cemburu karena dia terlalu dekat dengan sahabat lawan jenis? Apakah dia tampak terlalu ramah kepada semua orang? Atau, apakah menurut Anda dia terlalu sempurna untuk Anda sehingga Anda merasa tidak aman dan cemburu ketika seseorang berbicara dengannya? 

Pahami alasan di balik kecemburuan tersebut agar Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Komunikasikan Perasaan Anda

Setelah Anda dapat memahami perasaan Anda, sekarang Anda dapat membicarakannya dengan pasangan. Tetap tenang saat mengekspresikan perasaan Anda untuk menghindari salah tafsir atau masalah yang lebih serius. 

Pacar Anda mungkin menganggapnya aneh dan merasa bahwa Anda benar-benar mencintainya karena rasa cemburu tersebut, tetapi pasangan Anda mungkin juga berpikir bahwa Anda tidak masuk akal dan berlebihan. Apa pun hasilnya, luangkan waktu untuk berbicara dan mendengarkan satu sama lain.

3 dari 4 halaman

Cara agar Tidak Mudah Cemburu Berlebihan terhadap Pasangan

4. Kompromi

Jika satu di antara dari Anda merasa tidak nyaman karena pasangan selalu bergaul dengan teman-teman perempuan atau laki-laki, Anda mungkin perlu kompromi. Sepakati apa yang bisa diterima dan apa yang tidak. 

Jika Anda bergaul dengan teman-teman setiap hari, Anda mungkin ingin meminta pacar Anda untuk mengurangi pertemuan dan peka terhadap perasaan satu sama lain. Apa pun yang Anda bicarakan, pastikan itu sesuai kesepakatan.

5. Bangun Kepercayaan Lebih Kuat

Bertemu orang baru tidak bisa dihindari untuk Anda berdua. Oleh karena itu, bahkan jika ada kompromi, Anda tidak dapat mendikte apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh pacar Anda. Sebaliknya, bangun lebih banyak kepercayaan. Percaya diri dan pasangan Anda. 

Bahkan ketika Anda tidak melihat apa yang dia lakukan, yakinlah bahwa pasangan Anda akan selalu memikirkan Anda dan bagaimana perasaan Anda jika dia melakukan hal-hal yang tidak pantas. Ingatlah bahwa hubungan yang dibangun di atas kepercayaan adalah hubungan yang bertahan lama.

6. Berhenti Berpikir Berlebihan

Terkadang, overthinking atau berpikir berlebihan menjadi inti dari permasalahan Anda. Ingatlah bahwa terlalu banyak berpikir membuat Anda menciptakan masalah yang sebenarnya tidak ada. 

Jika Anda terus membayangkan hal-hal yang mungkin tidak dilakukan pasangan Anda saat dia jauh dari Anda, Anda mungkin akan merasa marah, cemburu, dan bahkan depresi. Oleh karena itu, cobalah untuk mengontrol apa yang ada di kepala Anda. Berpikir, tetapi rasional.

4 dari 4 halaman

Cara agar Tidak Mudah Cemburu Berlebihan terhadap Pasangan

7. Berpikir dengan Perspektif Berbeda

Cobalah untuk berbicara dengan teman dekat Anda, yang dapat Anda percayai. Bagikan dengan mereka apa yang Anda rasakan. Tanyakan apakah Anda bersikap masuk akal atau berlebihan. Dengarkan nasihat mereka.

Hal itu akan memberikan Anda pencerahan karena mendengar perspektif lain di luar hubungan Anda. Anda mungkin akhirnya melihat dan menyadari hal-hal yang mungkin salah dan tidak baik untuk dilakukan, seperti cemburu berlebihan.

8. Kurangi Rasa Memiliki yang Terlalu Tinggi

Jauh sebelum Anda menjadi kekasihnya, pacar Anda tentu sudah memiliki kehidupan sendiri. Dia punya teman-teman, baik itu laki-laki atau perempuan yang mengisi hidupnya.

Karenanya ketika berpacaran jangan berpikir untuk memiliki dia sepenuhnya. Jika hal tersebut tidak dilakukan, Anda bisa saja merasa cemburu saat pacar Anda bersama orang lain.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer