VIDEO: Balapan Mobil Unik yang Dikayuh Seperti Sepeda Sejauh 160 Kilometer Digelar di Inggris

VIDEO: Balapan Mobil Unik yang Dikayuh Seperti Sepeda Sejauh 160 Kilometer Digelar di Inggris

- Balapan mobil unik digelar di Inggris. Balapan tersebut diberi nama British Pedal Car Championship. Sesuai dengan namanya, mobil yang dikendarai bisa berjalan dengan cara dikayuh seperti sepeda oleh para pembalapnya.

British Pedal Car Championship pertama kali digelar pada 1998. Biasanya digelar setiap tahun dengan total seri balapan sekitar 6, seperti pada musim 2021. Awal seri balapan musim ini digelar pada 15 Mei, dan nantinya akan berakhir pada 2 Oktober 2021.

Musim ini, balapan diikuti 14 tim. Setiap timnya memiliki 4 pembalap, yang akan bergantian membalap. Biasanya mereka berganti pembalap setiap 20 sampai dengan 40 menit sekali. Mengapa harus bergantian? Alasannya adalah terkait ketahanan fisik.

Setiap tim harus mengarungi total jarak yang ditempuh sejauh 160 kilometer. Mereka membalap di atas lintasan yang memiliki panjang 525 meter. Jadi bisa dibayangkan bila satu tim hanya memiliki satu pembalap, apalagi mobil yang digunakan harus dikayuh dan tidak menggunakan mesin.

Musim ini, untuk kelas PC1 (open), 14 tim berjuang untuk menjadi nomor satu di klasemen umum. Sementara ini, hingga seri balap di Blackbushe Kart Track pada Minggu (5/9/2021), tim Wing Racing memimpin dengan torehan total 70 poin. Tim Wing ditempel ketat oleh tim Royce yang mengumpulkan 65 poin.

Beberapa kelas yang dipertandingkan yaitu PC1 atau pedal car 1 untuk kategori terbuka. Lalu, PC2 untuk usia di bawah 18 tahun (Under 18), PC3 (U16), PC4 (U14), PC5 (U12), PCF (pembalap wanita), dan PCD (pembalap ganda).

Seperti apa menariknya British Pedal Car Championship, balapan mobil unik yang dikayuh seperti sepeda di Inggris itu? Kalian bisa melihatnya dalam tayangan singkat di atas.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 07 September 2021, 14:17 WIB

Video Terkait

Spotlights