Sukses


10 Cara Menjadi Orang yang Lebih Bijaksana

Bola.com, Jakarta - Orang yang bijaksana adalah mereka yang selalu berpikir dengan tenang dalam menghadapi segala permasalahan dan memiliki pandangan yang luas dalam menjalani hidup.

Sering kita berpikir bahwa kebijaksanaan hanya bisa diperoleh orang yang sudah dewasa dan memiliki pengalaman hidup yang banyak.

Namun, banyak fakta menunjukkan bahwa tidak semua orang dewasa adalah orang yang bijak. Hal tersebut membuktikan bahwa pengalaman dan usia bukan jaminan seseorang menjadi bijaksana.

Sebagai manusia dan makhluk sosial, tentunya kita menjalani proses dalam hidup untuk mencapai puncak, yang terbaik.

Dalam proses tersebut banyak pelajaran yang bisa Anda petik dan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih bijaksana.

Selain itu, Anda bisa meneladani berbagai kehidupan orang bijak, yang ampuh dalam mendorong Anda untuk menjadi lebih bijak dalam menghadapi hidup.

Nah, bagi Anda yang ingin menjadi orang yang lebih bijaksana, berikut ini beberapa caranya, yang bisa Anda coba terapkan, seperti dikutip dari Inspiringtips, Jumat (10/9/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Menjadi Orang yang Lebih Bijaksana

1. Berpikir Lebih Dalam

Luangkan waktu untuk lebih mengenal diri sendiri dan menemukan kedamaian batin Anda. Hanya ketika Anda memiliki kedamaian batin dan kejernihan pikiran, Anda dapat melihat diri Anda dengan lebih baik.

Untuk mencapai kedamaian batin, coba untuk menghilangkan kesombongan Anda dan mulai memaafkan. Mulailah memaafkan dengan memaafkan diri sendiri dari kesalahan masa lalu. Anda dapat mencoba berlibur, di tempat di mana ketenangan hadir.

2. Selalu Bersikap Jujur

Kejujuran pada diri sendiri akan menolong kita untuk jujur kepada orang lain. Hal ini bisa terjadi karena kejujuran mengungkapkan apa yang dipikirkan dan diyakini dengan terbuka.

Kejujuran pada orang lain akan membuat seseorang tampil apa adanya tanpa berusaha menutup-nutupi diri. Ketakjujuran pada orang lain akan membuat hidup Anda sangat palsu dan tentu saja, hidup dalam kepalsuan sangat melelahkan.

3. Berpikir Lebih Luas

Jangan hanya memikirkan kepentingan diri sendiri, tetapi pikirkan juga apa yang dapat Anda lakukan untuk orang lain. Jangan terlalu egois, tetapi coba untuk sedikit lebih tidak mementingkan diri sendiri.

Berpikir tentang membantu lebih banyak orang dan bagaimana Anda bisa lebih bertanggung jawab adalah latihan mental yang hebat, yang dapat membuat pikiran Anda lebih kuat. Ingatlah bahwa kekuasaan adalah tanggung jawab, dan sebaliknya.

3 dari 4 halaman

Cara Menjadi Orang yang Lebih Bijaksana

4. Berpikir ke Depan

Jangan hanya memikirkan hal-hal atau peristiwa yang akan memberi Anda keuntungan instan, tetapi perhatikan hal-hal yang akan memberikan manfaat jangka panjang.

Perhatikan bahwa orang-orang spiritual mengembangkan kebijaksanaan karena mereka memikirkan hal-hal spiritual yang bertahan selamanya. 

5. Menjadikan Masa Lalu sebagai Pelajaran

Analisis kesalahan Anda sebelumnya dan pelajari darinya sehingga Anda tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi. Orang melakukan kesalahan berulang kali karena mereka bersedia untuk gagal.

Hal tersebut mungkin karena mereka percaya bahwa tidak apa-apa untuk membuat kesalahan. Tetapi, berpikirlah berbeda. Mungkin boleh saja melakukan satu kesalahan, tetapi tidak berulang kali sampai menjadi kebiasaan buruk.

6. Berpikir Lebih Cepat

Pahami bahwa masih ada hal lain yang lebih penting untuk dipikirkan. Jadi, jangan buang waktu Anda memikirkan hal-hal yang tidak penting.

Dengan kata lain, jangan terlalu banyak berpikir. Pikirkan saja dan lakukan sehingga Anda dapat berpikir dan melakukan lebih banyak hal.

4 dari 4 halaman

Cara Menjadi Orang yang Lebih Bijaksana

7. Tidak Berpikir Berlebihan (Overthinking)

Pelajari cara bersantai dan jangan buang energi Anda pada ketakutan dan keraguan yang tidak berguna dengan berpikir berlebihan. Ikuti saja waktu. Ingatlah bahwa pada waktu yang tepat, keraguan, dan pertanyaan Anda akan terjawab.

8. Fokus pada Proses Bukan Hasil

Dalam hidup ini, orang banyak yang berpikir dan fokus pada hasil. Namun, orang yang bijaksana melakukan yang sebaliknya. Pendekatannya terhadap sesuatu berdasar kepada prosesnya.

Mereka menghargai proses, lebih daripada menghargai hasil. Dengan melakukan ini, hidup dapat menjadi lebih fokus pada saat ini tanpa khawatir berlebih akan masa depan.

9. Berpikir dengan Hati-hati

Pelajari cara mengendalikan diri dan menghindari pengaruh amarah dan iri hati. Ingatlah bahwa rahasia untuk memiliki kebijaksanaan yang lebih tinggi adalah memiliki kehati-hatian.

10. Memiliki Tujuan

Orang bijaksana memiliki tujuan dalam segala sesuatu sebagai bagian dari tujuan hidupnya. Mereka tidak ingin hidup apa adanya.

Orang bijak sadar bahwa setiap manusia memiliki talenta, bakat, kemampuan, dampak, dan kontribusi untuk dunia ini, tidak peduli besar maupun kecil. Oleh karena itu, mereka berupaya memberikan kontribusi terbaik yang mereka miliki untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah direncanakan.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer