Sukses


Manfaat Keanekaragaman Hayati bagi Kehidupan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman makhluk hidup di muka bumi dan peranan-peranan ekologisnya. Keanekaragaman hayati mempunyai peranan yang sangat penting bagi stabilitas ekosistem.

Lingkungan atau ekosistem yang terjaga dengan baik dapat memberikan tempat tinggal yang layak dan nyaman bagi manusia dan seluruh spesies serta makhluk hidup lain yang ada di bumi.

Oleh karena itu pemanfaatan sumber daya hayati harus dilakukan secara bijaksana. Makin tinggi tingkat keanekaragaman hayati, akan makin baik dan stabil suatu ekosistem.

Itulah mengapa, penting untuk selalu menjaga keseimbangan keanekaragaman hayati yang ada di bumi dengan baik. Keanekaragaman hayati meliputi beberapa tingkatan, yaitu ekosistem, spesies, dan genetik.

Keanekaragaman hayati memiliki banyak manfaat, baik yang secara langsung dapat dirasakan maupun tidak. Secara umum manfaatnya terbagi ke dalam tiga kelompok, yaitu jasa ekosistem, sumber daya hayati, dan manfaat sosial.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan, seperti dilansir dari laman cdn-gbelajar.simpkb.id, Senin (13/9/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Keanekaragaman Hayati

1. Sumber daya alam penghasil kebutuhan primer atau sekunder

Kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan dapat terpenuhi dari berbagai macam sumber daya hayati. Misalnya untuk keperluan sandang, sumber daya hayati yang dapat dimanfaatkan di antaranya wol, kapas, serat kepompong ulat sutra, dan masih banyak lagi.

Sumber daya hayati yang dapat memenuhi pangan sangat melimpah, di antaranya tumbuhan sumber karbohidrat, seperti padi, singkong, dan sagu.

Kemudian tumbuhan sumber protein seperti kacang-kacangan atau berbagai jenis ikan dan daging. Kebutuhan papan di antaranya diperoleh dari pohon jati, mahoni, meranti, dan kelapa.

3 dari 5 halaman

Manfaat Keanekaragaman Hayati

2. Sumber plasma nutfah

Keanekaragaman hayati yang ada menyimpan berbagai macam genetik yang tersimpan dalam setiap organisme. Keragaman genetik tersebut akan menjadi sumber bagi manusia untuk pemuliaan berbagai jenis tumbuhan dan hewan.

3. Manfaat keilmuan

Keanekaragaman hayati dapat menyediakan berbagai objek penelitian yang berguna bagi kehidupan manusia.

4 dari 5 halaman

Manfaat Keanekaragaman Hayati

4. Manfaat dalam Ekologi

Keanekaragaman hayati merupakan komponen ekosistem yang sangat penting, misalnya hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis memiliki nilai ekologis atau nilai lingkungan yang penting bagi bumi

5. Estetika

Dari segi kebutuhan estetika, banyak berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang dapat dimanfaatkan. Namun, tentunya pemanfaatan ini harus memperhatikan hukum yang berlaku karena banyak enis-jenis tumbuhan maupun hewan eksotis yang dilindungi akibat terancam punah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Keanekaragaman Hayati

6. Kestabilan Alam

Keanekaragaman hayati memiliki peran tersendiri bagi alam. Keragaman ini berperan untuk menjaga kestabilan interaksi dan daur materi yang ada di alam.

Bayangkan apabila suatu spesies jumlahnya sangat banyak karena tidak ada yang memangsanya. Makin besar populasi spesies tersebut akan berakibat pada punahnya spesies yang menjadi makanannya.

Hingga pada akhirnya spesies tersebut dapat punah dengan sendirinya karena makanannya habis.  Begitulah pentingnya peran keragaman hayati untuk menjaga keseimbangan alam.

 

Sumber: simpkb.id

Video Populer

Foto Populer