Sukses


Contoh-Contoh Resensi Buku Non Fiksi yang Bisa Dipahami

Bola.com, Jakarta - Resensi adalah kegiatan menilai, membahas, mengkritik atau mengungkapkan kembali isi yang ada di dalam sebuah karya. Satu di antara karya yang bisa diresensi ialah buku non fiksi atau pengetahuan.

Secara etimologi, resensi berasal dari bahasa Belanda 'resentie' dan bahasa Latin 'recensio', r'ecensere' atau 'revidere', yang memiliki arti mengulas kembali atau melihat kembali.

Sedangkan dalam bahasa Inggris, resensi dikenal dengan istilah review. Secara singkat, resensi adalah bentuk suatu penilaian pada sebuah karya.

Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku.

Dalam menulis resensi suatu karya harus terdiri dari kelebihan, kekurangan, dan informasi yang diperoleh dari buku atau karya.

Tulisan resensi suatu karya seperti novel, buku non fiksi, hingga film biasanya banyak diterbitkan di media masa, baik surat kabar maupun majalah.

Berikut ini kumpulan contoh resensi buku non fiksi atau pengetahuan, seperti dilansir dari laman thegorbalsla.com, Rabu (15/9/2021).

2 dari 5 halaman

Contoh Resensi Buku Non Fiksi

  • Identitas Buku

Judul Buku: Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi

Pengarang: H. Abdurrahmat Fathoni

Penerbit: PT. Rineka Cipta

Tahun Terbit: 2006

  • Sinopsis Buku

Buku Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi merupakan buku yang disusun berdasarkan pandangan dan pemikiran dari beberapa peneliti dan pakar dalam bidang metodologi penelitian.

Tujuannya untuk membantu mereka yang ingin mengetahui seluk-beluk metodologi penelitian, prosedur penelitian, dan desain penelitian yang secara umum dapat digunakan dalam penelitian ilmu sosial.

Teknik-teknik yang diungkapkan dalam buku ini juga dapat membantu mahasiswa dalam penyusunan skripsi.

  • Kelebihan Buku

- Buku ini terlalu segmented, jadi yang membaca buku ini sebisa mungkin hanyalah seseorang yang ingin menjalani skripsi atau penelitian.

– Buku ini sangat dijelaskan secara detail setiap langkah-langkah dan metode yang ditempuh.

– Mudah ditemukan di toko buku mana saja.

– Dapat digunakan acuan untuk semua kampus.

  • Kekurangan Buku

– Ada beberapa kampus yang memiliki metode penelitian skripsi yang berbeda dengan yang tertera di dalam buku. Jadi harus membandingkan buku satu dengan buku yang sejenis lainnya.

– Ada beberapa istilah asing dalam buku yang tidak dijelaskan secara detail.

3 dari 5 halaman

Contoh Resensi Buku Non Fiksi

  • Identitas Buku

Judul Buku: Memahami Film

Pengarang: Himawan Pratists

Penerbit: Homerian Pustaka

Tahun Terbit: 2008

Tebal Halaman: 223 halaman

  • Sinopsis Buku

Sebagian besar orang masih melihat film adalah sesuatu yang mustahil dilakukan. Padahal, film dapat dibuat oleh siapa pun. Walau minat seseorang belajar buat film tinggi, kedalaman memahami seni film masih sangat terbatas.

Pengetahuan tentang film sebagai sebuah karya seni masih berada di ruang-ruang kuliah semata, padahal film bukan milik para akademisi saja, melainkan milik semua orang yang hobi menonton.

Buku ini mencoba membantu penonton untuk membaca film sebagai sebuah bentuk seni. Melalui buku ini, pembaca akan belajar tentang motif atas pilihan teknik sutradara baik dari sisi naratif maupun sinematiknya.

Buku ini akan dengan mudah ditangkap pembacanya ditambah dengan gambar-gambar penunjang.

  • Kelebihan Buku

– Mampu memberikan contoh-contoh dari setiap unsur pembentuk film dengan disertai ilustrasi dan referensi film. Contoh-contoh tersebut akan memudahkan pembaca.

– Menjelaskan detail topik yang dibahas dalam buku, seperti jenis dan ciri genre, aspek naratif, struktur tiga babak dan alternatif, aspek sinematik, suara, dan lain-lain.

– Mampu membantu pembuat film baru yang masih dalam tahap pengenalan alat-alat dan proses produksi film karena buku ini sangat ringan dan menuntun bagi pemula.

  • Kekurangan Buku

– Buku ini sangat susah didapatkan, bahkan di toko buku ternama jarang menjualnya. Jika ingin mencari buku ini bisa membuka Instagram atau situs penyedia jasa jual buku.

4 dari 5 halaman

Contoh Resensi Buku Non Fiksi

  • Identitas Buku

Judul Buku: Pengantar Filsafat Pendidikan

Penulis: Drs. Uyoh sadulloh, M.Pd

Jumlah Halaman Buku: 183 hlm.

Tahun Terbit: September 2004

  • Sinopsis Buku

Pendidikan adalah suatu kegiatan yang dikerjakan manusia menggunakan media yang sangat luas, di mana mencakup semua pengetahuan dan pengalaman pada manusia mengenai pendidikan.

Pendidikan menjadi satu di antara praktik di dalam hidup, sama halnya kegiatan lainnya, seperti kegiatan hukum, kegiatan agama, kegiatan ekonomi, dan kegiatan lainnya. Di samping itu, kita bisa mempelajari pendidikan dengan cara akademik, baik itu secara empirik yang sumbernya dari pengalaman, atau dengan merenungi untuk melihat arti dari pendidikan dalam konteks yang lebih luas lagi.

Pertama adalah praktik pendidikan, dan kedua adalah teori pendidikan.

  • Keunggulan Buku

Keunggulan buku ini ialah mampu memberi informasi mengenai suatu nilai, sumber nilai, dan bagiamana seorang manusia bisa mendapatkan nilai itu, sebab pendidikan pada prinsipnya tidak bisa dipisahkan dengan nilai.

  • Kekurangan Buku

Buku ini memiliki kelemahan yaitu kurang memberikan kepahaman untuk para pembaca yang masih pemula, yang menyebabkan penyampaian dalam buku ini tidak tersampaikan dengan baik ke pembaca.

5 dari 5 halaman

Contoh Resensi Buku Non Fiksi

  • Identitas Buku

Judul Buku: Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang

Pengarang Buku: Andrias Harefa

Tahun Terbit: 2002

Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama

Halaman: I-IX + 103 halaman

  • Sinopsis Buku

Aktivitas menulis sering kali dikaitkan dengan bakat yang dimiliki oleh seseorang. Tidak selamanya bakat bisa membuat aktivitas tulis menulis menjadi selancar dan semudah apa yang kita bayangkan.

Berulang kali pakar ahli menyatakan bahwa menulis adalah pelajaran dasar yang sudah kita peroleh semenjak bangku sekolah dasar dan bahkan di taman anak-anak.

Dengan kata lain, mengarang adalah keterampilan ketika sekolah dasar. Namun, sering kali ketika kita hendak menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan, kata 'bakat' selalu dijadikan sebagai kambing hitam yang selalu dipersalahkan.

Mengarang bukan pekerjaan yang mudah. Namun, juga bukan merupakan suatu hal yang sulit untuk dikerjakan. Jika komitmen itu senantiasa dijaga, proses menulis dan mengarang menjadi lebih mudah.

Komitmen tersebut adalah janji pada diri sendiri bahwa saya akan menjadi seorang penulis yang hebat. Jadi, menulis itu enggak perlu mempunyai bakat. Sebab bakat tidak lebih dari minat dan ambisi yang terus menerus dikembangkan.

  • Kelebihan Buku

- Materi yang terkandung dalam buku ini memberikan semangat pada pembaca untuk dapat berkarya, yaitu dengan cara menulis dan mengarang.

- Buku ini juga mampu menyajikan ide-ide yang kreatif dan motivasi-motivasi di dalam proses belajar menulis dan mengarang.

  • Kekurangan Buku

- Secara implisit buku ini masih belum terlalu matang atau ditulis secara asal dan harganya terkesan mahal.

 

Sumber: Thegorbalsla

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Menonton Laga Boca Juniors di Argentina, Pengalaman Paling Gila bagi Matt Damon

Video Populer

Foto Populer