Sukses


Cara Mengatasi Eror pada Aplikasi PeduliLindungi, Tak Perlu Panik

Bola.com, Jakarta - PeduliLindungi merupakan platform buatan pemerintah yang harus digunakan masyarakat saat melakukan sejumlah aktivitas di tempat umum selama pandemi COVID-19.

PeduliLindungi digunakan sebagai pelacakan masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19. Beragam manfaat didapatkan saat seseorang menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Beberapa manfaat yang didapat dalam aplikasi PeduliLindungi, seperti untuk verifikasi pelaksanaan vaksinasi, sebagai 3T (testing, tracing, dan treatment) dan telah terintegrasi dengan data tes pemeriksaan COVID-19.

Namun, adakalanya aplikasi ini tidak dapat digunakan karena sesuatu hal. Lantas bagaimana cara mengatasi error pada aplikasi PeduliLindungi?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika mengalami kendala saat menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Melansir dari laman covid19.go.id, Rabu (19/9/2021), berikut ini rangkuman tentang cara mengatasi aplikasi PeduliLindungi yang error.

2 dari 5 halaman

1. Muat Ulang

Jika mengalami kendala saat membuka aplikasi PeduliLindungi, silakan untuk mencoba memuat ulang atau me-refresh aplikasi. Setiap ponsel mungkin memiliki cara muat ulang berbeda.

Jadi pastikan melakukan muat ulang sesuai jenis ponsel. Perbedaan setelah aplikasi dimuat ulang pada setiap ponsel bisa jadi penyebab aplikasi PeduliLindungi eror.

3 dari 5 halaman

2. Periksa Pembaruan Aplikasi

Satu di antara penyebab aplikasi PeduliLindungi error atau tidak bisa dibuka adalah aplikasi yang belum diperbarui. Pastikan sistem operasi perangkat dan aplikasi sudah sesuai versi terbaru.

Pembaruan sistem operasi perangkat dan aplikasi berguna untuk menyesuaikan spesifikasi sistem dengan aplikasi.

Pembaruan aplikasi juga bisa menghindari bug dan meningkatkan keamanan privasi.

4 dari 5 halaman

3. Pastikan Memori Ponsel Memadai

Terlalu banyak aplikasi atau file yang disimpan dalam ponsel akan membuat aplikasi lain menjadi error, termasuk pada aplikasi PeduliLindungi.

Menumpuknya cache bisa jadi menghambat proses pemindaian QR Code aplikasi PeduliLindungi. Oleh sebab itu, pastikan kapasitas memori dalam ponsel memiliki ruang mencukupi.

Jika penyimpanan penuh, hapus aplikasi atau file yang sekiranya tidak digunakan. Dengan begitu aplikasi PeduliLindungi bisa berjalan dengan baik.

Sebuah aplikasi memerlukan ruangan penyimpanan dan RAM yang cukup agar bisa beroperasi. Jika ruang penyimpanan penuh, aplikasi bisa tertutup sendiri atau bahkan tidak bisa dibuka.

5 dari 5 halaman

4. Periksa Jaringan Internet

Kendala lain yang dapat memengaruhi aplikasi PeduliLIndungi menjadi error adalah buruknya jaringan internet.

Aplikasi PeduliLindungi bisa berjalan jika ada koneksi internet. Dengan jaringan yang kuat, aplikasi PeduliLindungi bisa digunakan dengan cepat dan tepat.

Kemudikan pastikan koneksi jaringan internet dalam posisi yang stabil agar tidak memengaruhi proses saat pemindaian QR Code oleh aplikasi PeduliLindungi.

 

 

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

3 Gol Terbaik BRI Liga 1, Salah Satunya Tendangan Spektakuler Irsyad Maulana

Video Populer

Foto Populer