Sukses


9 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Bola.com, Jakarta - Menjaga kesehatan merupakan kewajiban. Seperti pepatah menyebutkan 'lebih baik menjaga daripada mengobati'.

Hal tersebut berarti bahwa menjaga kesehatan merupakan kewajiban penting jika tidak ingin menyesal karena abai dan terkena penyakit, yang semestinya bisa kita cegah.

Satu di antara organ tubuh yang perlu diperhatikan dan dijaga kesehatannya ialah ginjal. Ginjal menjadi organ vital yang rentan terkena berbagai penyakit.

Tubuh kita memiliki sepasang ginjal, yang terletak di dekat pinggang. Lantaran fungsinya yang cukup vital bagi tubuh, penting bagi kita untuk menghindarkan ginjal dari masalah.

Selain bertugas menyaring racun dari dalam darah, ginjal memiliki tugas penting lainnya, seperti penyerapan air, mengatur tekanan darah, dan mengendalikan keasaaman dalam tubuh.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang perlu Anda hindari untuk menjaga agar ginjal tetap sehat, satu di antaranya jarang meminum air putih.

Ginjal yang telah sakit atau mengalami masalah akan berakibat fatal kepada fungsi organ tubuh secara keseluruhan, dan akan membutuhkan waktu yang untuk mengobatinya.

Di sisi lain, usaha menjaga kesehatan ginjal Anda dapat dimulai dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat. Ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan ginjal dan menghindarkannya dari penyakit.

Berikut sembilan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal, seperti dilansir dari DoctorNDTV, Kamis (16/9/2021).

2 dari 4 halaman

Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

1. Apel

Mengonsumsi apel sebagai camilan tidak hanya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan ginjal, namun juga bermanfaat mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan ginjal.

Apel kaya kandungan serat dan antioksidan. Keduanya dapat membantu tubuh menurunkan risiko terkena penyakit, seperti penyakit jantung, kolesterol, dan diabetes.

Penyakit diabetes akan membahayakan bagi seseorang yang memiliki masalah ginjal. Mengonsumsi apel secara rutin akan membantu menyehatkan ginjal.

2. Jamur

Jamur mengandung vitamin B dan D yang dapat membantu dalam mengatur kesehatan ginjal dan fungsinya, bahkan juga dapat menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengan ginjal.

Jamur mengandung beberapa nutrisi penting, yang membuatnya mampu mendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan pada sel dalam tubuh.

3. Paprika Merah

Paprika merah kaya kandungan vitamin A dan vitamin C, dengan manfaat antioksidan dan antiinflamasi yang ampuh.

Paprika merah baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal karena mengandung kadar kalium yang cukup rendah. Mengonsumsi paprika merah dapat membantu ginjal untuk melakukan fungsi penyerapan nutrisi dan meningkatkan metabolisme tubuh.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

4. Stroberi

Selain segar dijadikan camilan atau campuran smoothie, stroberi memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Stroberi mengandung banyak serat dan vitamin yang dapat membantu sistem pencernaan, serta sifat antiinflamasi, bebas dari natrium dan lemak.

Selain itu, stroberi mengandung mineral yang baik untuk tubuh, seperti mangan dan potasium, yang efektif untuk menjaga kesehatan ginjal.

5. Nanas

Nanas mengandung potasium rendah, kaya serat dan mangan yang dapat mencegah peradangan.

Mengonsumsi nanas dianjurkan untuk mereka yang memilki masalah pada ginjal. Hal tersebut karena nanas mengandung serat makanan yang dapat membantu ginjal untuk bekerja lebih maksimal.

6. Bawang

Mengonsumi bawang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Bawang putih memiliki efek antioksidan yang bermanfaat untuk membersihkan darah dalam tubuh.

Hal tersebut membantu ginjal untuk mengeluarkan berbagai zat yang tidak diinginkan dan diperlukan oleh tubuh, atau dapat membersihkan sistem dalam saluran darah.

Konsumsi bawang secara rutin. Anda dapat mencampurkannya dengan berbagai masakan, namun yang terbaik adalah memakannya dalam keadaan mentah.

4 dari 4 halaman

Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

7. Ikan

Ikan menjadi satu di antara makanan yang ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal. Ikan yang tinggi akan asam lemak omega-3, seperti salmon dan tuna. Tubuh tidak dapat membuat asam lemak omega-3 sendiri sehingga manusia harus mendapatkannya dari makanan.

Lemak omega-3 dapat mengurangi kadar lemak jahat dalam darah dan berhubungan dengan penurunan tekanan darah. Lantaran tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit ginjal, penurunan tekanan darah dapat membantu melindungi ginjal.

8.Oats

Oat adalah sumber makanan yang terbuat dari gandum utuh yang mengandung banyak serat. Oats mengandung beta glucan, yang merupakan serat larut penting.

Oats makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal karena dapat membantu menurunkan risiko munculnya batu ginjal. Oats biasanya dikonsumsi saat sarapan dan dapat membantu perut kenyang untuk waktu lebih lama.

9. Bayam 

Bayam merupakan sumber vitamin A yang diperlukan untuk memproduksi jaringan epitel, yaitu jaringan yang melapisi tabung filtrasi kecil di dalam ginjal dan saluran kemih.

Fungsinya adalah melapisi seluruh organ, pembuluh darah, pembuluh getah bening, dan rongga dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi bayam dengan cara membuatnya sebagai sup atau mencampurkannya dengan jus buah.

 

Sumber: DoctorNDTV

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer