Sukses


Penyebab dan Cara Mengatasi Betis Pegal, Kenali Sedari Awal

Bola.com, Jakarta - Betis pegal merupakan keluhan tubuh yang umum terjadi setelah melakukan aktivitas berat. Maka dari itu, cara mengatasi pegal betis bisa menjadi perhatian.

Dengan mengetahui cara mengatasi pegal betis, Anda bisa melakukan tindakan ketika betis pegal menyerang.

Betis pegal tak hanya membuat kaki sakit, tetapi bisa menyebabkan kram dan sulit untuk bergerak.

Mengobati betis pegal juga perlu memperhatikan penyebabnya. Pasalnya, ada beberapa penyebab betis pegal setelah aktivitas berat.

Berikut penyebab dan cara mengatasi betis pegal, dilansir dari Klikdokter, Sabtu (18/9/2021).

2 dari 4 halaman

Penyebab Betis Pegal

1. Kram Otot

Kram otot pada bagian betis merupakan penyebab betis pegal yang paling umum terjadi. Biasanya, kondisi ini bisa terjadi saat Anda sedang olahraga. Misalnya, ketika Anda sedang dehidrasi atau tidak melakukan pemanasan dan pendinginan saat olahraga.

2. Otot Tegang

Otot tegang tidak hanya terjadi pada bagian leher, tetapi juga pada bagian kaki. Otot tegang biasanya disebabkan karena adanya sobekan di sebagian atau seluruh serabut otot. Gejalanya pun bervariasi, ada yang tiba-tiba merasakan sakit, dan ada juga yang merasa tegang dan sulit untuk digerakan.

3. Varises

Tidak hanya menimbulkan garis biru pada permukaan betis Anda, varises juga bisa menimbulkan rasa pegal pada bagian betis. Varises merupakan pembuluh darah yang membesar dan sering kali menonjol sehingga mudah untuk terlihat. 

Varises yang berkembang akan memungkinkan darah untuk sulit mengalir sehingga bisa menimbulkan efek nyeri, kram otot, dan betis pegal. 

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Betis Pegal

Kompres Es Batu

Mengompres bagian yang pegal dengan menggunakan air es atau es batu. Sifat dingin es bisa melemaskan otot-otot yang tegang selama betis pegal dan akhirnya membuat betis menjadi terasa lebih rileks.

Rendam Air Hangat

Selain mengompres dengan es batu, Anda juga bisa mencelupkan kaki ke dalam seember air hangat dan mendiamkannya selama 20 menit. Anda bisa menaburkan sea salt ke dalam seember air hangat untuk membantu mengendurkan otot pada betis pegal.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Betis Pegal

Istirahat yang Cukup

Anda harus beristirahat sesegera mungkin setelah Anda mengalami betis pegal. Cobalah untuk membatasi berjalan dan melakukan gerakan dalam 23 jam pertama untuk menghindari terjadinya betis pegal yang berlanjut.

Oleskan Krim/Salep

Ada banyak krim untuk betis pegal yang dijual di pasaran. Anda bisa mengoleskan krim tersebut pada bagian betis yang pegal, dan diamkan selama beberapa menit. Gunakan krim ini sebanyak dua kali dalam sehari setelah mandi untuk mempercepat penyembuhan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 18/6/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer