Sukses


7 Penyebab Umum Nyeri pada Badan, Perlu Diperhatikan

Bola.com, Jakarta - Badan nyeri menjadi kondisi yang kerap dialami banyak orang. Namun, terkadang kita tidak mengetahui penyebab munculnya nyeri tersebut sehingga kebingungan dalam menanganinya.

Penyebab nyeri badan atau pegal dapat bermacam-macam, beberapa di antaranya Anda sedang stres dan kekurangan tidur.

Badan yang terasa nyeri bisa menjadi sinyal bahwa tubuh kita terlalu lelah dan membutuhkan istirahat atau asupan makanan dan minuman.

Namun, ada beberapa penyebab umum rasa nyeri yang dialami, tidak hanya berasal dari kegiatan yang kita lakukan sehari-hari, terutama bagi mereka yang mengalaminya dalam kondisi yang cukup lama.

Hal tersebut mungkin bisa menjadi penanda Anda sedang memiliki masalah dalam tubuh, seperti anemia atau dehidrasi.

Untuk mendapatkan kejelasan, Anda disarankan mengunjungi dokter agar tahu apa penyebab dari pegal dan nyeri yang Anda rasakan.

Berikut tujuh penyebab umum nyeri pada badan, yang perlu Anda perhatikan, seperti dilansir dari Healthline, Senin (20/9/2021)

2 dari 4 halaman

Penyebab Umum Nyeri pada Badan

1. Kurang Tidur 

Saat Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup, hal tersebut dapat memengaruhi kesehatan badan secara keseluruhan. Anda memerlukan setidaknya 6-8 jam waktu tidur pada malam hari.

Jaringan sel-sel pada tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk membuat tubuh tetap sehat dan otak yang berfungsi dengan normal.

Tanpa memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, energi pada tubuh tidak terisi dengan penuh dan dapat menyebabkan beberapa gejala sakit, terutama pegal-pegal dan nyeri pada badan.

Coba beberapa hal yang dapat membuat Anda tertidur dengan cepat, seperti melakukan kegiatan yang dapat memberi efek rileks pada badan dan meminum air hangat sebelum waktu tidur.

2. Olahraga Berlebihan

Olahraga yang dilakukan secara rutin memang baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, olahraga justru dapat menyebabkan pegal dan nyeri pada otot serta badan.

Hal ini karena sendi, tulang, dan otot, dipaksa berkerja lebih keras, sehingga menyebabkan bagian-bagian tersebut menegang. Maka itu, coba berolahraga dengan intensitas yang wajar.

3 dari 4 halaman

Penyebab Umum Nyeri Pada Badan

3. Stres

Saat dalam kondisi stres, sistem tubuh Anda tidak dapat mengontrol respons terhadap peradangan. Akibatnya, tubuh tidak dapat melawan berbagai jenis infeksi dan penyakit seperti biasanya saat Anda tidak dalam keadaan stress.

Hal tersebut menyebabkan tubuh terasa pegal dan nyeri, karena tubuh menjadi lebih rentan terhadap peradangan dan infeksi yang sulit untuk dikendalikan.

Jika Anda menganggap stres sebagai penyebab sakit badan yang Anda alami, buatlah perubahan kecil dalam kehidupan sehari-hari untuk mengurangi stres yang dapat menyebabkan sakit pada badan Anda.

4. Dehidrasi

Meminum air dengan porsi yang cukup merupakan hal penting yang harus Anda lakukan karena air adalah unsur penting dalam sistem tubuh untuk menjaga kesehatan.

Tanpa asupan air yang cukup, tubuh tidak dapat melakukan berbagai proses penting dengan baik, termasuk pernapasan dan pencernaan.

Ketika Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh, berbagai proses pekerjaan yang harus dilakukan tubuh tidak bekerja dengan baik serta menyebabkan tubuh merasa nyeri dan pegal-pegal.

4 dari 4 halaman

Penyebab Umum Nyeri Pada Badan

5. Demam dan Flu

Pilek dan flu merupakan infeksi virus yang menyebabkan peradangan pada tubuh. Saat infeksi menyerang, sistem kekebalan tubuh selalu berusaha untuk melawannya.

Peradangan yang terjadi pada dada, tenggorokan, dan paru-paru dapat terasa sangat menyakitkan, dan bahkan membuat seluruh badan terasa sakit dan pegal yang tidak mengenakan karena tubuh berusaha melawan peradangan dan infeksi.

6. Anemia

Anemia biasanya terjadi pada seseorang yang tidak memiliki cukup sel darah merah dan tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga jaringan tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen dengan cukup.

Anemia menyebabkan tubuh terasa lelah, pegal, dan sakit. Hal tersebut terjadi karena tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen dengan maksimal.

Untuk menghindari anemia, cukupi kebutuhan vitamin B12, zat besi, dan folat dengan mengonsumsi suplemen atau buah dan sayuran.

7. Radang Sendi

Penyakit yang disebut juga arthritis rheumatoid termasuk penyakit autoimun. Dalam hal ini, kekebalan tubuh justru menyerang tubuh.

Biasanya, bagian tubuh yang terdampak adalah sendi dan tulang. Akibatnya, sendi pun mengalami radang dan sekujur badan akan terasa sakit. Tidak ada obat-obatan khusus untuk menyembuhkannya, tetapi Anda bisa melakukan terapi untuk mengurangi peradangan pada sendi.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer