Sukses


Cara Menjaga Pola Hidup Sehat yang Penting untuk Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Kesehatan merupakan hal penting, yang akan mendukung segala aktivitas Anda berjalan dengan lancar.

Pola hidup sehat harus didasari atas kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan menjauhkan diri dari kebiasaan buruk yang mengundang beragam jenis penyakit.

Menjadikan pola hidup sehat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dapat mendatangkan manfaat jangka panjang untuk kesehatan. Itulah mengapa, penting untuk menjaga pola hidup sehat.

Adapun gaya hidup yang diperhatikan, mulai makanan, minuman, nutrisi hingga rutinitas berolahraga. Yap, penerapan pola hidup sehat itu selalu berhubungan dengan faktor makanan.

Selain aspek makanan sehat dan bergizi, menjaga kondisi tubuh supaya tetap bugar juga penting. Caranya dengan olahraga secara teratur dan menghindari tubuh kelelahan.

Untuk bisa menerapkan pola hidup sehat memang bukan perkara mudah. Mengubah kebiasaan memang tak hanya bermodal niat saja, tetapi juga perlu mencoba langkah-langkah pola hidup sehat.

Diperlukan konsistensi untuk bisa melakukan cara hidup sehat. Ada beberapa cara dan langkah-langkah yang perlu diperhatikan untuk menerapkan pola hidup sehat.

Berikut ini rangkuman mengenai langkah-langkah menerapkan pola hidup sehat, seperti dilansir dari laman promkes.kemkes.go.id, Selasa (21/9/2021).

2 dari 5 halaman

Langkah Menjaga Pola Hidup Sehat

  • Mengetahui kondisi kesehatan saat ini

Setiap orang bisa melakukan perbaikan pola hidup sehat dengan mengetahui kondisi kesehatannya. Ketahui apakah Anda mengalami masalah kesehatan atau risiko penyakit tertentu.

Oleh karena itu, periksakan diri ke dokter umum secara rutin dan berkala. Manfaatkan kesempatan ini untuk berkonsultasi kepada dokter.

  • Evaluasi aktivitas fisik

Para pakar merekomendasikan agar setiap orang berolahraga dengan durasi minimal 150 menit tiap minggu dan bergerak aktif untuk mengencangkan otot setidaknya dua hari dalam sepekan.

Pilih kegiatan yang menyenangkan sebagai aktivitas fisik yang menyehatkan. Misalnya, berjalan kaki sebelum makan siang selama 10 menit.

3 dari 5 halaman

Langkah Menjaga Pola Hidup Sehat

  • Catat makanan yang dikonsumsi

Jika memiliki masalah berat badan atau kebiasaan pola makan tidak sehat, mungkin perlu mendata semua makanan yang dikonsumsi dari hari ke hari.

Catatan ini bermanfaat untuk menyadarkan diri sekaligus sebagai pengingat untuk menguranginya, demi menjaga tubuh lebih sehat. Disarankan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran sebagai bagian dari pola hidup sehat.

  • Periksa kesehatan hubungan sosial

Hubungan sosial, baik dengan pasangan maupun teman, berdampak kepada kesehatan mental dan tentu saja tubuh. Temukan orang-orang dan lingkungan yang dapat mendukung dan membuat Anda merasa nyaman serta bahagia.

Luangkan waktu Anda untuk sekadar bercengkerama atau mengobrol bersama orang terdekat, seperti keluarga, teman, dan tetangga rumah.

4 dari 5 halaman

Langkah Menjaga Pola Hidup Sehat

  • Berhenti melakukan kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan

Pertimbangkan untuk berhenti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, terutama jika Anda berisiko atau sudah mengidap penyakit diabetes, depresi, artritis, atau penyakit jantung.

  • Memilih mengonsumsi makanan sehat dan cukupi kebutuhan cairan

Memilih dan mengolah makanan bisa menjadi satu di antara solusi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan santapan. Disarankan juga untuk memenuhi kebutuhan cairan harian.

Air putih membuat setiap bagian tubuh bekerja dengan baik serta mampu mencegah terjadinya penyakit batu ginjal dan konstipasi.

Disarankan minum air putih setidaknya 6-8 gelas per hari, kecuali jika memiliki kondisi medis tertentu yang mengharuskan untuk membatasi asupan cairan.

5 dari 5 halaman

Langkah Menjaga Pola Hidup Sehat

  • Mengelola stres

Stres adalah hal yang tidak terhindarkan. Namun, seseorang masih bisa belajar mengelolanya.

Caranya, bisa dengan merencanakan berbagai hal agar tidak ada yang terlupa, mengambil waktu untuk rileks dan melakukan hobi, atau melakukan yoga atau meditasi. Bersyukur atas segala sesuatu yang didapat juga dapat membuat jiwa lebih tenang.

  • Istirahat cukup

Istirahat cukup adalah kunci mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Pastikan jam tidur terpenuhi dengan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama.

Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik dapat menjadi aktivitas menjelang tidur yang membantu tubuh untuk istirahat.

 

Sumber: Kemkes

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer