Sukses


11 Manfaat Mengagumkan Cuka Apel untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Bagi Anda yang gemar memasak, tentu sudah tidak asing dengan cuka apel, yang kerap dijadikan sebagai pelengkap memasak Anda.

Tidak hanya untuk bahan memasak, cuka apel dikonsumsi untuk diambil manfaatnya untuk menjaga kesehatan dan mencegah datangnya penyakit.

Cuka apel dibuat dari sari buah apel yang difermentasi dan menghasilkan cairan yang berwarna coklat bening, dengan rasa yang sangat masam.

Selain untuk menjaga kesehatan, cuka apel dapat menjadi pemutih alami untuk gigi dan merawat kulit agar terlihat tetap cerah dan terhindar dari berbagai masalah, seperti jerawat.

Cuka apel terbuat dari bahan alami yang cenderung tidak memiliki efek samping. Konsumsi cuka apel organik agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Berikut 11 manfaat menganggumkan cuka apel untuk kesehatan, yang patut Anda coba, dikutip dari Asweerpeachef dan Thegoodstaff, Rabu (22/9/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Cuka Apel untuk Kesehatan

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Cuka apel dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, yang menjadi obat ampuh bagi mereka yang mengidap diabetes.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa cuka apel dapat mengurangi fluktuasi insulin selama mengonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan secara signifikan dapat menurunkan kadar glukosa yang ada di dalam darah.

Selain itu, cuka apel membantu mengendalikan renin, hormon yang diproduksi oleh ginjal yang bertanggung jawab untuk menyempitkan dan melebarkan pembuluh darah.

2. Meredakan Sakit Perut

Minumlah cuka apel yang dicampurkan dengan segelas air hangat secara rutin jika Anda sedang mengalami sakit perut. Jika infeksi bakteri yang sedang Anda alami, sifat antibiotik dan antibakteri yang terkandung dalam cuka apel akan membantu mengatasi masalah perut Anda.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meski tidak ada obat yang dapat menurunkan berat badan Anda secara cepat dan signifikan, meminum cuka apel dapat membantu menekan nafsu makan.

Asam asetat dalam cuka apel mengurangi rasa lapar, meningkatkan metabolisme tubuh, dan mengurangi retensi air.

Sebuah studi mengatakan bahwa mengonsumsi cuka apel dapat menurunkan kadar lemak pada mereka yang mengalami obesitas. Hal tersebut terjadi karena asam asetat dapat menekan aliran gula yang ada dalam darah dan menekan nafsu makan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Cuka Apel untuk Kesehatan

4. Meredakan Sakit Tenggorokan 

Saat sakit tenggorkan menyerang, Anda bisa meredakannya dengan mengonsumsi cuka apel. Cuka apel mengandung asam asetat, yang mampu membunuh bakteri dan mencegahnya berkembang biak dan mencapai tingkat yang berbahaya.

Campurkan 1/4 cup sari apel dengan 1/4 gelas air hangat, dan berkumurlah dengan campuran tersebut secara rutin atau jika Anda memerlukannya.

5. Menurunkan Kolesterol

Bagi yang memiliki kadar kolesterol tinggi, Anda dapat menurunkannya dengan meminum cuka apel.

Penelitian yang dilakukan pada 2012 menemukan bahwa kadar lemak yang ada dalam darah dapat turun ketika meminum dua sendok cuka apel setiap hari dalam delapan minggu.

Minum cuka apel secara rutin mampu menurunkan kadar lemak yang berada di dalam darah, yang biasanya meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Mencegah Gangguan Pencernaan 

Jika Anda menderita masalah perut seperti gangguan pencernaan, kelebihan asam, dan kembung, cuka sari apel dapat menghilangkan masalah tersebut jika dikonsumsi sebelum makan.

Siapkan satu sendok cuka apel dan madu yang dicampurkan ke dalam air hangat, dan meminumnya 30 menit sebelum makan.

7. Membunuh kuman pada makanan

Cuka apel dapat membuat makanan lebih higienis. Banyaknya kandungan asam asetat di dalamnya dibandingkan jenis cuka lainnya, dapat mematikan kuman berbahaya atau mencegahnya berkembang biak.

Cuka apel paling cocok dikonsumsi bersama makanan sayur-sayuran mentah, seperti salad yang dibuat dari buah-buahan segar atau aneka sayuran.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Cuka Apel untuk Kesehatan

8. Memutihkan Gigi

Cuka apel membantu menghilangkan noda dan membuat putih gigi Anda. Sebelum menyikat gigi, kumurlah dengan cuka apel, dan lakukan secara rutin.

9. Menambah Energi

Jika saat menjalani aktivitas sehari-hari Anda merasa sering lelah, minumlah cuka apel untuk menambah energi pada tubuh. Hal tersebut terjadi karena cuka apel mengandung kalium dan enzim, yang dapat bertindak sebagai larutan elektrolit alami.

Selain itu kandungan asam amino dalam cuka apel menangkal penumpukan asam laktat dalam tubuh, yang dapat menghilangkan rasa lelah.

Campurkan satu atau dua sendok cuka apel ke dalam segelas air untuk menambah energi pada tubuh.

10. Membersihkan Jerawat

Cuka apel dapat membersihkan jerawat yang timbul pada kulit, khususnya di bagian wajah. Kandungan antibakteri cuka apel membantu menjaga jerawat tetap terkendali, sedangkan asam yang ada dapat melembutkan dan mengeksfoliasi kulit, mengurangi bintik-bintik merah, dan menyeimbangkan pH kulit Anda.

11. Mengobati Hidung Tersumbat

Sari apel mengandung kalium, yang dapat menghilangkan lendir, dan asam asetat yang memiliki sifat antibakteri untuk menjauhkan hidung dari infeksi.

 

Sumber: Asweerpeachef, Thegoodstaff

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer