Sukses


Manfaat Mandi Pagi sebelum Subuh, Mencegah Banyak Penyakit

Bola.com, Jakarta - Mandi merupakan aktivitas manusia untuk membersihkan diri dari kotoran setelah beraktivitas. Selain menyegarkan, mandi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dalam sehari, mandi yang ideal adalah minimal dua kali sehari, yakni pagi dan sore. Namun, pernahkah Anda mencoba mandi pagi sebelum subuh?

Jika belum pernah, mungkin Anda perlu mencobanya. Pasalnya, mandi pagi sebelum subuh memiliki beragam manfaat kesehatan yang bagus bagi tubuh.

Bahkan, mandi sebelum subuh dipercaya membuat tubuh lebih segar dan bugar daripada mandi setelah matahari terbit.

Berikut manfaat mandi pagi sebelum subuh, seperti disadur dari Merdeka, Selasa (21/9/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Pagi Sebelum Subuh

1. Menghilangkan Stres

Mandi sebelum subuh bisa membantu menghilangkan perasaan stres dan depresi yang Anda alami. Stres terjadi ketika tubuh Anda mengalami banyak tekanan sehingga berpengaruh negatif pada pikiran.

Mandi sebelum subuh diketahui dapat menstimulasi titik biru pada bagian otak Anda. Bagian ini adalah sumber utama noradrenaline, yang nantinya dapat membantu mengurangi perasaan stres dan depresi secara kimiawi.

Manfaat mandi sebelum subuh lainnya yang berhubungan dengan pengelolaan stres adalah bahwa aktivitas ini dapat membantu merangsang pelepasan hormon endorphin.

Hormon endorphin bekerja melawan hormon stres dan menghasilkan zat serotonin yang dapat membantu meredakan perasaan stres dan depresi.

2. Mencegah Hipertensi

Mandi sebelum subuh bisa membantu mencegah tubuh terkena hipertensi. Terapi mandi sebelum subuh dapat dicoba bagi Anda yang khawatir atau rentan terkena penyakit hipertensi. Terlebih jika Anda mandi menggunakan air dingin pada saat sebelum subuh.

Air dingin yang dirasakan oleh tubuh ketika mandi saat itu diketahui dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit hipertensi.

Hal ini dapat menekan gejala varises dan pengerasan pembuluh darah sehingga memudahkan organ-organ tubuh dalam menerima suplai oksigen dan nutrisi sesuai kebutuhan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Pagi Sebelum Subuh

3. Meningkatkan Kesuburan Pria

Mandi sebelum subuh dapat membantu meningkatkan kesuburan bagi pria. Hal ini tentu penting terutama bagi Anda yang masih muda.

Menurut sebuah penelitian oleh University of California, mandi pada subuh hari selama satu minggu dapat membantu meningkatkan produksi sperma laki-laki secara signifikan.

Yang perlu digarisbawahi adalah, untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus mandi menggunakan air dingin lantaran jika mandi subuh dilakukan dengan air hangat, dampak yang akan terjadi adalah sebaliknya.

Mandi sebelum subuh menggunakan air dingin juga dapat memicu produksi testosteron, yaitu hormon pria yang bertanggung jawab untuk dorongan seksual.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Mandi sebelum subuh berguna untuk membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Rutin mandi sebelum subuh diketahui dapat membuat tubuh menjadi lebih segar secara keseluruhan. Selain itu, juga dapat membuat kulit menjadi lebih cerah, halus, dan sehat.

Mandi sebelum subuh dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini karena air dingin yang digunakan untuk mandi saat subuh memiliki sifat yang menyejukkan dan menyegarkan sehingga dapat meningkatkan kelembapan dan kekenyalan kulit.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Pagi Sebelum Subuh

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Mandi sebelum subuh memiliki khasiat membantu menurunkan kadar gula darah. Mengonsumsi makanan manis sulit dihindari, meski hal ini berisiko membuat Anda terkena penyakit diabetes. Selain diabetes, makanan manis dapat meningkatkan risiko Anda mengalami obesitas.

Untuk itu, ada baiknya mulai sekarang Anda mengurangi asupan makanan-makanan manis. Selain mengontrol asupan makan, penelitian menunjukkan bahwa mandi sebelum subuh dapat membantu proses penurunan kadar gula darah yang berlebihan pada tubuh.

Hal ini karena ada proses detoksifikasi yang kelak membantu menyeimbangkan gula darah, yang terjadi saat Anda mandi sebelum subuh.

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Edelweis Lararenjana. Published: 3/7/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer