Sukses


9 Cara Ampuh Mengatasi Takut Gagal

Bola.com, Jakarta - Kegagalan tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Maka itu, perlu dipahami bahwa kegagalan bukanlah akhir, kegagalan merupakan bagian dari kehidupan itu sendiri.

Saat Anda gagal, itu bukan berarti Anda seorang pecundang yang tidak bisa melakukan suatu hal dengan benar, itu karena tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini.

Kegagalan bukan tanda Anda harus berhenti karena dari kegagalan Anda bisa mendapatkan pelajaran untuk memperbaiki diri dan meneruskan.

Banyak orang sukses telah membuktikan, mereka bisa sampai pada tempatnya sekarang dengan terlebih dulu mengalami kegagalan. Sebagian lagi telah membuktikan, orang yang takut gagal, tak akan mencapai kemajuan dan keberhasilan.

Bagi Anda yang masih kerap diselimuti ketakutan akan kegagalan, mulai sekarang bisa belajar untuk menerima fakta bahwa kegagalan bukanlah aib apalagi jika sebelumnya kita telah berusaha yang terbaik.

Ada beberapa cara yang bisa Anda jadikan sebagai pembelajaran dan bahan renungan untuk meredam dan menghilangkan ketakutan Anda terhadap kegagalan. 

Berikut sembilan cara ampuh mengatasi ketakutan akan kegagalan, seperti dikutip dari Inspiringtips, Rabu (22/9/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh Mengatasi Ketakutan akan Kegagalan

1. Membaca Kisah Orang-orang Sukses

Satu di antara cara terbaik untuk tidak takut gagal adalah dengan memahami bahwa semua orang sukses telah melalui kegagalan yang mengecilkan hati terlebih dahulu, sebelum mereka mendapatkan yang terbaik. 

Alih-alih putus asa, kebanyakan dari mereka menggunakan kekecewaan mereka sebagai motivasi untuk berusaha lebih keras agar berhasil. 

Pada akhirnya, mereka telah membuktikan bahwa kegagalan dapat menjadi batu loncatan Anda ke puncak baru.

2. Memahami Kegagalan Merupakan Bagian dari Kesuksesan

Anda tidak sempurna sehingga Anda tidak dapat mengharapkan diri Anda untuk mencapai tujuan target Anda dengan sempurna pada percobaan pertama. 

Hidup adalah serangkaian coba-coba, dan itu hanya tergantung pada Anda kapan harus berhenti mencoba. Ketahuilah bahwa Anda tidak akan pernah bisa menang jika Anda berhenti, dan akan selalu ada peluang untuk menang selama Anda tidak berhenti.

3. Berani Mengambil Risiko

Hidup adalah pertaruhan, hal ini berarti tidak ada jaminan bahwa Anda akan selalu menang. Namun, jika Anda takut gagal, Anda akan takut mengambil risiko. 

Melihat orang lain mencapai apa yang selalu Anda inginkan akan membuat Anda menyesali kesempatan yang Anda lewatkan.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Mengatasi Ketakutan akan Kegagalan

4. Pahami Bahwa Kegagalan Bukan Sesuatu yang Memalukan

Kecuali Anda telah merugikan orang lain, Anda tidak perlu malu melakukan kesalahan. Asal tahu saja, kegagalan tidak mendefinisikan seseorang, tetapi itu adalah karakternya.

5. Berhentilah Memikirkan Apa yang akan Dikatakan Orang Lain tentang Anda

Satu di antara alasan mengapa kebanyakan orang takut gagal adalah karena apa yang akan dikatakan orang lain. Adalah normal bagi manusia untuk menginginkan persetujuan dan penghargaan dari orang lain, tetapi tidak sehat untuk mendasarkan nilai Anda pada bagaimana orang lain memandang Anda. 

Ingatlah bahwa tidak ada yang berhak menghakimi Anda, bahkan mereka yang memiliki posisi di atas Anda.

6. Jadikan Kegagalan sebagai Pelajaran

Alih-alih berkecil hati setiap kali Anda gagal, gunakan itu sebagai tantangan untuk berusaha lebih keras di lain waktu. Cari tahu mengapa Anda gagal, dan cari tahu bagaimana Anda dapat menghindari kesalahan yang sama pada percobaan berikutnya. 

Belajarlah dari kesalahan itu dan terapkan pembelajaran itu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik di lain waktu.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Mengatasi Ketakutan akan Kegagalan

7. Jadikan Kegagalan Sebagai Ujian Karakter Anda

Yang membuat kegagalan menjadi lebih buruk adalah jika Anda gagal meresponsnya dengan cara yang benar. Seringkali, kegagalan terjadi dalam hidup Anda untuk menguji karakter Anda. 

Ada beberapa yang terpaksa menyalahkan orang lain, mengkritik mereka yang telah berhasil, dan tidak cukup sportif untuk menerima kekalahan. 

Di sisi lain, cara terbaik untuk menanggapi situasi seperti itu adalah dengan rendah hati, terbuka terhadap saran dan kritik, serta gigih untuk melakukan yang lebih baik.

8. Bersedia Menerima Kritikan

Kerendahan hati adalah satu di antara sifat terbaik dari orang-orang sukses. Jika Anda ingin sukses dalam hidup, Anda harus menerima bahwa Anda belum mengetahui segalanya dan Anda membutuhkan bantuan. 

Meminta bantuan dari mereka yang lebih tahu dari Anda adalah langkah bijak. Juga, terima kritik secara konstruktif dan gunakan untuk meningkatkan kinerja Anda.

9. Lakukan yang Terbaik dan Serahkan Sisanya kepada Tuhan

Memiliki iman kepada Tuhan akan membantu Anda lebih percaya diri dalam mengejar tujuan Anda, terutama jika Anda dengan tulus meminta bantuan kepada-Nya. 

Percaya bahwa Dia adalah pemberi upah bagi mereka yang percaya kepada-Nya dan Dia cukup adil untuk membantu para pekerja keras, yakinlah bahwa Anda akan mendapatkan apa yang dimaksudkan untuk Anda. Percayalah bahwa Tuhan ada di pihak Anda.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer