Sukses


6 Cara Mudah Membersihkan Belakang Panci yang Gosong

Bola.com, Jakarta - Banyak orang yang mengeluh dan kesulitan menemukan cara yang tepat untuk membersihkan belakangan panci yang gosong.

Membersihkan belakangan panci yang gosong memang menjengkelkan. Gosong pada panci tidak hanya memperburuk penampilan, namun juga dapat mengontaminasi makanan yang dimasak.

Tidak sedikit orang yang lebih memutuskan untuk membeli panci baru ketimbang membersihkannya. Padahal, hal tersebut hanya akan membuang banyak biaya.

Ada cara mudah membersihkan belakang panci yang gosong. Apa saja cara jitu untuk membersihkan belakang panci yang gosong?

Untuk kamu yang pernah menemukan permasalahan semacam ini, Anda dapat menyimak beberapa cara untuk membersihkan belakang panci yang gosong, di bawah ini.

Berikut ini cara mudah membersihkan belakang panci yang gosong, disadur dari Liputan6, Sabtu (25/9/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Mudah Membersihkan Belakang Panci yang Gosong

1. Bubuk soda kue

Tak hanya berguna untuk membuat kue, baking soda dapat dimanfaatkan untuk membersihkan gosong pada panci. Caranya cukup mudah.

Anda hanya perlu menaburkan satu atau dua cangkir bubuk soda kue pada bagian gosong di panci dan tambahkan air secukupnya. Lalu, rebus selama 15 menit hingga 1/2 jam. Lakukan sebanyak dua sampai tiga kali sampai benar-benar bersih.

2. Cuka

Selain menggunakan bubuk soda kue, cuka dapt dimanfaatkan untuk membersihkan belakang panci yang gosong. Cukup tuangkan cukup pada bagian yang gosong di panci, lalu Anda dapat menggosok hingga panci benar-benar bersih.

3 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Belakang Panci yang Gosong

3. Hidrogen peroksida

Cara selanjutnya untuk membersihkan belakang panci yang gosong, yakni menggunakan hidrogen peroksida. Caranya, tambahkan sekitar 1/2/ inci hidrogen peroksida, lalu panaskan panci sekitar 10 menit.

Setelah itu, Anda dapat menyikat dengan sikat gosok dan ulangi sesuai kebutuhan.

4. Saus tomat

Saus tomat bisa menjadi bahan alternatif lain untuk membersihkan gosong pada panci. Tuang saus tomat secukupnya pada bagian gosong di panci lalu diamkan semalaman. Setelah didiamkan semalaman, Anda bisa membilasnya dengan air mengalir.

4 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Belakang Panci yang Gosong

5. Minuman bersoda

Gosong pada panci di bagian belakang akan memperburuk penampilan alat masak Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengatasinya dengan menggosok bagian tersebut menggunakan minuman bersoda.

6. Saus tartar

Cara lain yang bisa Anda praktikan, yakni dengan menggunakan campuran dua sendok makan saus tartar ditambah satu cangkir air. Lalu, kedua bahan tersebut Anda didihkan.

Setelah itu, biarkan sampai dingin. Anda dapat menggosok belakang panci yang gosong menggunakan tambahan air sabun yang panas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mencoba beberapa kali.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Editor: Putu Elmira. Published: 29/3/2021)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer