Sukses


Ciri-Ciri Komet Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Komet adalah satu di antara benda langit yang ditutupi kabut tipis panjang dan sering disebut bintang berekor. Kendati demikian, komet bukan bintang.

Komet terdiri dari kumpulan debu dan yang membeku saat berada jauh dari matahari. Bila komet mulai mendekati matahari, partikel-partikel ini akan menguap sehingga membentuk kepala dan ekor komet.

Garis edar komet tidak seperti orbit planet atau satelit. Beberapa komet memiliki orbit berbentuk elips, tetapi kebanyakan komet mempunyai orbit berbentuk parabola.

Komet dapat dilihat saat keberadaannya masih jauh dari matahari. Jadi, sesekali komet juga melintas di sekitar Bumi sehingga keberadaannya bisa dilihat manusia dalam kurun waktu tertentu.

Untuk memahami lebih dalam tentang komet kamu bica membaca ciri-cirinya. Apa saja ciri-ciri komet?

Berikut ini rangkuman tentang ciri-ciri komet beserta penjelasannya yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman zonareferensi.com, Jumat (24/9/2021). 

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Komet

1. Komet Bukan Bintang

Ciri pertama komet adalah komet bukan termasuk bintang. Itulah mengapa komet tidak bisa memancarkan cahaya sendiri.

Jadi, cahaya yang dipancarkan bukanlah cahaya yang dihasilkan dari gesekan antara bahan komet dan atmosfer bumi.

2. Komet merupakan Gas Pijar

Komet merupakan gas pijar dengan garis edar yang berbeda-beda. Lantaran berupa gas pijar, komet juga sangat mudah terbakar, terutama pada bagian ekor komet.

Bagian komet tersusun dari inti komet, koma, lapisan hidrogen, dan ekor.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Komet

3. Komet Terbentuk dari Es dan Debu

Struktur komet terbentuk dari es dan debu yang terdiri dari kumpulan debu dan gas yang membeku pada saat berada jauh dari matahari.

Pada saat mendekati matahari, sebagian bahan penyusun komet menguap dan membentuk kepala gas serta ekor.

4. Komet Memiliki Ekor

Ciri komet yang paling khas adalah memiliki ekor. Komet memiliki ekor yang sangat panjang, yang panjangnya dapat mencapai jutaan kilometer.

Perlu diketahui, ekor komet akan menjadi lebih panjang saat mendekati matahari. Hal itu karena bagian dari komponen komet telah menguap untuk membentuk kepala dan ekor gas sehingga membuat ekor komet tampak membujur.

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Komet

5. Komet Mengorbit pada Matahari

Seperti halnya planet, komet merupakan benda langit yang mengorbit atau mengelilingi matahari. Hal ini membuat komet juga termasuk sistem tata surya.

Namun, waktu yang dibutuhkan komet untuk mengorbit pada matahari cenderung lebih lama dari waktu orbit planet, bisa memerlukan ribuan tahun.

6. Orbit Komet Berbentuk Lonjong dan Elips

Komet mengelilingi matahari pada orbitnya masing-masing. Bentuk orbit tiap komet berbeda-beda satu sama lain.

Secara umum, orbit atau lintasan komet berbentuk lonjong atau elips. Orbit komet lebih lonjong dan lebih panjang dari orbit planet pada umumnya.

5 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Komet

7. Komet Mirip dengan Asteroid

Komet cenderung mirip dengan asteroid. Keduanya memiliki ciri fisik dan struktur yang cukup identik. Hanya, hampir seluruh bagian komet terbentuk dari gas (karbon dioksida, metana, air) serta debu yang membeku.

8. Komet Dijuluki Bintang Berekor

Meski bukan termasuk bintang yang bisa memancarkan cahaya sendiri, komet sering dijuluki sebagai bintang berekor. Hal ini karena komet bersinar dan bercahaya, meski cahaya yang dihasilkan berasal dari gesekan-gesekan atom di udara.

 

Sumber: Zonareferensi

Video Populer

Foto Populer