Sukses


9 Cara Ampuh untuk Bangkit dari Kegagalan, Patut Dicoba

Bola.com, Jakarta - Kegagalan menjadi bagian dari hidup, meski terkadang sulit bagi kita untuk menerimanya. Namun, perlu dipahami bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini.

Ketika Anda telah berusaha menjadi yang terbaik dan kegagalan menjadi hasilnya, coba untuk tetap tegap dan jangan menyerah.

Kamu perlu berhenti sejenak untuk merenungkan segalanya dalam usaha Anda, alih-alih berhenti dan menyerah.

Jadikan segala hal yang telah Anda lalui sebagai pelajaran, tidak ada gunanya menyesali sesuatu yang telah terjadi karena hal tersebut tidak bisa terulang.

Meski begitu, menerima fakta bahwa kita gagal, dalam hal apa pun, bukan perkara mudah. Kegagalan bisa membawa kita pada kekecewaan dan penyesalan. Adakalanya kegagalan berujung dengan menyalahkan diri sendiri, kepercayaan diri yang turun, dan keengganan untuk mencoba lagi.

Namun, kamu harus bisa mengendalikan diri untuk tidak jatuh terpuruk pasca gagal. Kamu harus bangkit dan meneruskan langkah karena hidup terus berjalan.

Ada beberapa cara untuk bangkit dari kegagalan, yang bisa kamu coba praktikkan. Yakinkan dirimu bahwa kamu akan bisa melewati masa tak menyenangkan, namun mendewasakanmu ini.

Berikut sembilan cara ampuh untuk bangkit dari kegagalan, seperti dikutip dari Inpsiringtips, Jumat (24/9/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh untuk Bangkit dari Kegagalan

1. Jangan Terlalu Dipikirkan

Lakukan yang terbaik untuk mencoba tidak terlalu memikirkannya. Mungkin sulit bagi Anda untuk melakukan ini, terutama ketika situasinya berdampak besar pada hidup Anda. Tetapi, setidaknya Anda dapat mencoba memanfaatkan semua energi itu untuk hal-hal yang lebih positif.

Terlalu memikirkan hal yang telah terjadi, tidak akan ada gunanya. Berhentilah menghukum diri sendiri dengan semua energi negatif. Jika Anda tidak bangkit dan melanjutkan, Anda akan tetap di tempat yang sama.

2. Pahami Setiap Orang Pernah Gagal

Perlu diingat bahwa setiap orang membuat kesalahan. Jalan menuju sukses bukan jalan yang pendek dan terbentang. Jalannya melengkung, bergelombang, dan sering kali Anda bahkan tidak tahu ke mana Anda pergi.

Selalu ingat bahwa sangat mungkin untuk gagal. Langkah terbaik adalah terus bergerak maju.

Terima kegagalan Anda dan anggap itu sebagai tantangan dan bukan penghalang. Pikirkanlah, jika Anda menangis dan menyerah setiap kali Anda tersandung sedikit, Anda tidak akan bisa menyelesaikan perlombaan.

3. Lihatlah dengan Cara yang Positif

Mungkin sulit bagi Anda untuk melakukan ini, terutama ketika Anda merasa hidup di sekitar Anda berantakan. Tetapi, penting untuk tetap berpikiran positif dan selalu berharap untuk hal-hal yang lebih baik dalam hidup. 

Jika Anda melihat hikmah dalam setiap situasi, Anda tidak akan pernah merasa sedih dan Anda akan selalu bisa bangkit.

Kelilingi diri Anda dengan hal-hal positif atau hal-hal yang membuat Anda bahagia. Ingatlah bahwa hidup bisa menjadi indah terlepas dari kenyataan pahitnya. Pikirkan tentang hal ini, jika Anda mencapai titik terendah sekarang, tidak ada cara lain selain bangkit dari sini.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh untuk Bangkit dari Kegagalan

4. Jangan Takut untuk Menangis

Jangan pernah takut untuk menjadi emosional dan menangis. Menangis adalah satu di antara cara terbaik untuk menyalurkan semua frustrasi Anda yang terpendam. 

Temukan teman yang benar-benar dapat Anda percayai dan yang mendukung Anda, biarkan diri Anda bersandar di bahu orang lain. Jangan mencoba memikul beban sendiri.

Jika Anda lebih suka menyendiri, lakukanlah. Menangis bukanlah hal yang memalukan. Baik Anda laki-laki atau perempuan, menangis jika Anda gagal adalah hal yang wajar. 

Menangis bukan tanda kelemahan, tetapi itu menunjukkan seberapa kuat setelah Anda menghapus air mata Anda dan mempersiapkan diri Anda untuk bergerak lagi.

5. Renungkan Kegagalan

Satu di antara cara terbaik untuk bangkit kembali dari kegagalan adalah dengan merenungkan situasi Anda. Tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan, "Di bagian manakah salah saya?" atau "Faktor apa yang tidak saya pertimbangkan?"

Mengambil beberapa langkah mundur dan mencoba melihat gambaran yang lebih besar selalu membantu untuk menunjukkan dengan tepat hal-hal kecil yang menghentikan kita melakukan sesuatu dengan cara kita.

Refleksi menjadi cara sehat untuk memeriksa kembali diri sendiri. Menolak untuk merenungkan tindakan diri dapat menghalangi Anda untuk mengatasi akar masalah yang sebenarnya. Jadi, jangan ragu dan hadapi kemungkinan alasan kegagalan.

6. Beri Ruang untuk Perbaikan Diri

Setelah merenungkan tindakan Anda, lakukan apa yang Anda bisa untuk belajar darinya. Selalu ada ruang untuk perbaikan diri. Setelah Anda tahu apa kesalahan Anda, Anda dapat menghindari mengulanginya dan dengan demikian meningkatkan diri Anda sendiri.

Cari area di dalam diri Anda yang menurut Anda perlu diperbaiki. Kenali kelemahan Anda dan ubahlah menjadi kekuatan terbesar Anda.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh untuk Bangkit dari Kegagalan

7. Cari Dukungan

Di setiap jalan yang ditempuh seseorang, selalu penting untuk memiliki teman dan keluarga yang dengan sepenuh hati mendukung dan mencintai Anda. Mereka adalah tangan yang membimbing Anda kembali menuju perjalanan kesuksesan Anda. Mereka adalah fondasi yang Anda bangun.

Jangan takut untuk mencari bantuan atau dukungan dari mereka ketika Anda tersandung, karena itulah peran mereka. Mendukung seseorang juga berarti menjadi penghibur mereka ketika segala sesuatunya tidak berjalan seperti yang mereka harapkan.

Jadi, jangan pernah takut untuk meraih tangan yang peduli dan bersedia membantu Anda bangkit kembali.

8. Lakukan yang Terbaik untuk Melanjutkan

Seperti halnya dalam setiap aspek kehidupan, lakukan yang terbaik untuk move on. Apakah itu hubungan yang gagal atau usaha bisnis, tidak ada cara lain selain maju. Jika Anda terlalu memikirkannya, Anda tidak akan pernah sampai ke mana pun kecuali di tempat yang sama sekarang.

Move on menjadi cara yang sehat untuk menghadapi kegagalan. Jangan biarkan itu menghabiskan setiap pikiran dan keberadaan Anda. Jika Anda menganggap diri Anda gagal,Anda tidak akan pernah berarti apa-apa selain itu.

9. Anggap Kegagalan sebagai Tantangan

Sama seperti di video game, setiap pahlawan harus melawan monster untuk mendapatkan hadiah. Jika Anda melihat kegagalan Anda sebagai tantangan, hal itu akan membantu Anda memiliki pandangan hidup yang lebih baik. Kegagalan ini adalah batu loncatan Anda menuju hadiah Anda.

Dengan setiap langkah yang Anda ambil dan setiap tantangan yang Anda taklukkan, Anda makin dekat dan makin dekat setiap hari dengan tujuan Anda. 

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer