Sukses


Cara Mengusir Pikiran Negatif di Kepala, Hindari Depresi

Bola.com, Jakarta - Cara mengusir pikiran negatif di kepala sangat penting bagi kesehatan mental. Pasalnya, pikiran negatif bisa mengundang kecemasan dan berbagai hal buruk lainnya.

Terkadang, pikiran negatif muncul begitu saja tanpa bisa dicegah. Namun, ketika pikiran negatif memenuhi kepala, membuat rasa cemas menguat.

Tanpa disadari, pikiran negatif yang tak bisa ditangani dengan baik akan menganggu target-target Anda, baik personal maupun pekerjaan.

Itulah mengapa, perlu cara mengusir pikiran negatif agar tak makin parah. Perlu diketahui, rasa cemas yang kuat bisa menyebabkan depresi.

Berikut cara mengusir pikiran negatif di kepala, disadur dari Liputan6, Minggu (26/9/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Mengusir Pikiran Negatif di Kepala

1. Mengenali

Saat Anda mengalami pikiran negatif ke dalam diri sendiri, Anda harus belajar mengenali. Dari proses berpikir semacam itu, akan membuat Anda menjadi mekanisme umpan balik, di mana Anda benar-benar mulai mengenali dan mendengar apa yang dikatakan kepada diri sendiri.

Dalam langkah ini, Anda harus mengalami kesadaran, bukan untuk merasa bersalah atau menyalahkan diri sendiri. 

2. Menerima

Menerima diri sendiri untuk melangkah memang bukan hal mudah. Sebagian orang tidak dapat menerima kesalahan diri sendiri dan menyebabkan kesengsaraan, frustrasi, dan rasa bersalah.

Pada kenyataanya, pikiran-pikiran itu baik dan wajar dimiliki setiap orang. Berhentilah menghakimi diri sendiri dan jangan lupa untuk bersyukur terhadap diri sendiri karena hal itu sangat penting untuk kebahagian hidup Anda.

3 dari 3 halaman

Cara Mengusir Pikiran Negatif di Kepala

3. Menyelesaikan

Menyelesaikan pikiran negatif membutuhkan tekad dan usaha agar bisa berdamai dengan diri sendiri. Cara ini juga membutuhkan kesabaran untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di hidup.

Tekad yang kuat dapat memberi Anda tujuan, visi, dan kekuatan batin untuk mendukung diri sendiri dalam membawa perubahan pemikiran negatif menjadi positif. Kunci dari langkah ini ialah sabar dan mau berusaha untuk menyelesaikannya.

4. Menindaklanjuti

Cara ini tergantung dengan kepribadian Anda untuk menguasai pikiran secara konsisten. Seringkali, pada saat tahap terakhir usaha untuk aktivitas ke depannya menjadi mudah. Begitu Anda mulai bekerja, bermain, dan belajar.

Pencerahan, perhatian, dan kesadaran yang dicapai berubah menjadi lebih baik terutama dalam pola pikiran Anda. Jangan terus berlarut pada pikiran negatif, ubahlah menjadi positif agar ke depannya menjadi lebih baik, terutama untuk diri sendiri.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Muhammad Thoifur, Editor: Putu Elmira. Published: 5/4/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer