Sukses


Manfaat Olahraga Gymnastic bagi Anak, Penting untuk Pertumbuhan

Bola.com, Jakarta - Manfaat olahraga gymnastic bagi anak sangat penting untuk pertumbuhan. Gymnastic adalah satu di antara jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk perkembangan fisik, mental, dan sosial anak.

Olahraga ini sangat cocok untuk si kecil yang suka berlari, melompat, atau memanjat.

Mungkin Anda kurang familiar dengan istilah gymnastic. Namun, Anda pasti langsung paham jika menggunakan istilah 'senam'.

Ya, gymnastis adalah istilah lain dari olahraga senam. Jika anda sudah mengenalkan sejak kecil tentang olahraga ini, perkembangan sang buah hati pun akan maksimal.

Berikut manfaat olahraga gymnastic bagi anak, dilansir dari Klikdokter, Minggu (26/9/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Gymnastic bagi Anak

1. Mendukung Kesehatan Anak

Satu di antara manfaat yang didapatkan anak dari mengikuti senam adalah tubuh lebih bugar dan sehat. Latihan senam secara teratur dapat membantu anak mengembangkan koordinasi fisik.

Latihan senam dapat mencegah penyakit jangka panjang pada anak, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, atau pengeroposan tulang.

2. Membangun Koordinasi Pikiran dan Tubuh

Manfaat gymnastik untuk anak pra-sekolah adalah membantu membangun koordinasi pikiran dan tubuh.

Anak-anak yang sudah berlatih gymnastik sebelum masa sekolah dapat mengembangkan fokus yang jauh lebih baik dibanding anak yang tidak berkegiatan ini. Mereka juga dapat memiliki refleks yang lebih terlatih.

3. Mengembangkan Otot dan Tulang Sehat

Manfaat lain senam adalah mendorong pertumbuhan tulang yang sehat dan kuat. Jadi, anak terhindar dari masalah tulang di masa tuanya nanti.

3 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Gymnastic bagi Anak

4. Belajar Bersosialisasi

Keterampilan sosial muncul secara alami. Namun, mempelajari cara bersosialisasi sebenarnya membutuhkan latihan. Orang tua dapat mendukung anak dalam mengembangkan kemampuan bersosialisasinya dengan mendaftarkan kelas senam.

Kelas senam tepat bagi anak-anak untuk belajar berinteraksi dengan teman-teman seusianya. Anak juga akan belajar bekerja bersama orang lain. Contohnya, bagaimana ia mendengarkan instruksi dari pelatih dan lain sebagainya.

5. Mengembangkan Sportivitas

Latihan gymnastic banyak melibatkan kerja sama kelompok. Oleh karena itu, olahraga ini dapat mengajarkan anak mengembangkan sportivitas dan hubungan positif dengan teman-temannya.

6. Membangun Kedisiplinan

Disiplin merupakan satu di antara kunci penting dalam latihan senam atau gymnastik. Anak harus melakukan gerakan fisik sesuai jadwal demi melatih tubuh atau meraih prestasi dalam pertandingan.

Dalam proses ini, si kecil belajar pentingnya fokus, dedikasi, dan kerja keras.

4 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Gymnastic bagi Anak

7. Membangun Kepercayaan Diri

Senam dapat membantu anak mendapatkan kepercayaan diri untuk mencoba hal-hal baru.

Saat pertama kali melakukan olahraga gymnastik, wajar bila anak mengalami kegagalan. Namun, dari kegagalan itu orang tua harus menyemangati anak agar terus berlatih. Lama-kelamaan, keyakinan dan kepercayaan diri anak akan terbentuk.

Olahraga gymnastik umumnya dapat ditonton oleh banyak orang. Hal ini akan membantu anak memupuk rasa percaya diri untuk tampil di depan publik.

8. Membantu Anak Fokus pada Tujuan

Dalam latihan gymnastic, ada tahapan yang perlu dilalui untuk menguasai gerakan tertentu. Bila anak mengikuti aktivitas ini, ia akan terlatih untuk fokus pada instruksi demi mencapai target.

Anak juga dapat belajar bagaimana mengelola stres dengan baik dan tetap tenang di bawah tekanan latihan.

9. Lebih Bahagia

Selain mendapatkan tubuh bugar, olahraga gymnastik dapat membantu anak memiliki jiwa yang sehat. Kegiatan olahraga termasuk gymnastik dapat membantu tubuh melepaskan endorfin atau zat kimia untuk menciptakan rasa bahagia.

 

Sumber: Klikdokter.com

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer