Sukses


Kumpulan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat, Lengkap Disertai Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Teks laporan hasil observasi adalah jenis teks yang berisi penjabaran umum mengenai sesuatu yang didasarkan pada hasil observasi. Dalam teks laporan hasil observasi berisi fakta-fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah.

Teks laporan observasi berfungsi memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah dilakukan investigasi atau penelitian secara sistematis.

Adapun objek pengamatan yang bisa diangkat dalam teks laporan hasil observasi, antara lain keadaan alam, keadaan lingkungan, hewan, tumbuhan, sosial, sebuah peristiwa, kesenian, dan kebudayaan.

Teks laporan hasil observasi bersifat informatif, komunikatif, dan objektif. Hal itu berarti isi teks laporan hasil observasi harus memberikan informasi yang mudah dipahami oleh pembaca.

Setiap informasi yang didapat juga harus disajikan atau ditulis secara objektif dan sesuai fakta yang sebenarnya, tidak dibuat-buat atau tidak menurut opini sang penulis, serta dapat dibuktikan kebenarannya.

Berikut ini kumpulan contoh teks laporan hasil observasi singkat beserta strukturnya, seperti dilansir dari laman ukulele.co.nz dan simpkb.id, Rabu (29/9/2021).

2 dari 5 halaman

Pohon Pisang

  • Definisi umum

Pohon pisang (musa paradisiaca) merupakan tumbuhan berbentuk terna raksasa dengan batang semu yang permukaannya terlihat pelepah daun. Tinggi pohom ini sanggup mencapai tiga meter.

  • Deskripsi bagian

Tanaman ini sanggup tumbuh di tanah yang cukup baik pada kawasan yang ketinggian hingga 2000 meter di atas permukaan laut. Pisang merupakan sebutan dari nama buah yang dihasilkan dari tumbuhan ini.

Tumbuhan ini bisa dimanfaatkan semua bagiannya sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna. Tumbuhan ini asli berasal dari Asia Tenggara.

Adapun bagian-bagian dari tumbuhan ini, yaitu bonggol pisang, batang pisang, daun pisang, bunga pisang, dan buah pisang.

  • Deskripsi manfaat

Buah pisang kaya manfaat. Di samping sebagai sumber vitamin, mineral, karbohidrat bagi tubuh, pisang juga mempunyai manfaat lain, yaitu hampir di seluruh tumbuhan pisang sanggup dimanfaatkan.

Buahnya bisa dimakan langsung, tetapi juga sanggup dijadikan materi olahan menyerupai keripik, sale pisang, dan tepung pisang. Daun yang masih menggulung sanggup dijadikan obat, dan daunnya yang sudah renta sanggup untuk membungkus makanan.

Batang ketika ditebang akan mengeluarkan getah, getah itu sanggup dijadikan obat diare, obat sentri, dan kanal kencing. Bunga yang berwarna ungu sanggup dijadikan sebagai olahan sayuran.

3 dari 5 halaman

Tumbuhan Mangga

  • Definisi Umum

Buah mangga terkenal dengan rasanya yang manis dan memiliki banyak serat. Tumbuhan yang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat ini banyak ditemukan saat musim mangga berlangsung.

Mangga merupakan tumbuhan yang masuk pada marga mangifera. Tumbuhan ini memiliki 35-40 anggota dari suku anacardiacecae.

  • Deskripsi Bagian

Pohon mangga memiliki ketinggian 15-30 meter, bercabang kuat, serta kulit batang yang kasar dan tebal dengan banyak celah-celah kecil.

Daun mangga termasuk daun tunggal dengan panjang bervariasi antara 1,25-12,5 cm. Bunga mangga termasuk bunga majemuk dan memiliki panjang hingga 40 cm.

Kandungan nutrisi dalam buah mangga terdiri dari serat, karbohidrat, protein, vitamin A, C, dan E, folat, kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor.

  • Deskripsi Manfaat

Manfaat tumbuhan mangga selain buahnya dapat dimakan dan diolah menjadi berbagai produk camilan dan minuman, bagian buah lain seperti biji, batang, dan daun juga memiliki kegunaan.

Biji mangga bermanfaat untuk pakan ternak, batangnya yang keras dan kuat bisa digunakan untuk kayu bakar, serta daun bisa menjadi obat pada gejala hiperglisemia.

4 dari 5 halaman

Lidah Buaya

  • Definisi Umum

Lidah buaya atau yang biasa disebut aloe vera (Latin: Aloe barbadensis Milleer) merupakan sejenis tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika. Tamanan lidah buaya telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa.

  • Deskripsi Bagian

Lidah buaya ciri-cirinya, biasa hidup di tempat yang memiliki suhu panas atau biasa di tanam di dalam pot atau di pekarangan rumah untuk dijadikan tanaman hias.

Daunnya agak runcing berupa taji, tebal, dan pinggirnya bergerigi/berduri kecil. Kemudian permukaan pada daun berbintik-bintik, panjangnya mencapai 15-36 cm, dan lebar 2-6 cm, bunganya bertangkai yang panjangnya mencapai 60-90 cm serta berwarna kuning kemerahan (jingga).

  • Deskripsi Manfaat

Lidah buaya mempunyai banyak manfaat untuk manusia, di antaranya digunakan untuk perawatan rambut, perawatan kulit, mengobati luka bakar ringan, dan masih banyak lagi. Lidah buaya adalah tanaman serbaguna yang sudah dikenal khasiatnya sejak berabad-abad lalu.

Lidah buaya atau sering disebut dengan aloe vera, menghasilkan dua bahan, yaitu gel dan getah, yang biasanya digunakan dalam obat-obatan.

Manfaat lidah buaya yang paling terkenal adalah sebagai pengobatan berbagai masalah kulit, seperti luka bakar, terbakar matahari, frostbite, iritasi dan gatal pada kulit, serta psoriasis. Beberapa orang juga menggunakannya untuk mempercepat penyembuhan luka.

5 dari 5 halaman

Sapi

  • Definisi umum

Sapi adalah satu di antara hewan ternak penghasil daging dan susu yang memiliki tanduk, berbulu tipis, berkuku genap, berkaki empat, bertubuh besar, dan satu di antara hewan herbivora dan hewan mamalia yang mempunyai kalenjar susu. Berdasarkan ada atau tidaknya kelenjar susu, sapi dibagi menjadi dua jenis, yaitu sapi perah dan sapi potong/pedaging.

  • Deskripsi bagian

Sapi perah adalah sapi betina yang dipelihara untuk menghasilkan susu. Sapi perah yang bisa dipelihara adalah sapi peranakan. Sapi peranakan dapat memproduksi hingga 25 liter/hari, tetapi normalnya antara 12-20 liter/hari. Sapi peranakan memiliki bulu berwarna putih dan belang hitam serta terdapat segitiga putih pada kepala sapi peranakan.

Sapi pedaging atau sapi potong adalah sapi yang dipelihara sebagai penghasil daging. Ciri-cirinya, yaitu memiliki tubuh besar, badan berbentuk segi empat atau balok, kualitas daging maksimum, laju pertumbuhan cepat serta sapi yang sehat dan tidak terserang penyakit.

Sapi potong/pedaging meliputi sapi bali, sapi madura, sapi sumba ongole, dan masih banyak yang lainnya.

  • Deskripsi manfaat

Sapi memiliki banyak manfaat, mulai susunya yang bisa dijual atau diolah menjadi minuman dan makanan yang lezat mengandung protein kalsium yang baik bagi tubuh manusia, dagingnya yang bermanfaat bagi tubuh, dan masih banyak manfaat lainnya.

 

Sumber: Ukulele, Simpkb

Video Populer

Foto Populer