Sukses


41 Ucapan Selamat Hari Batik Nasional, Cocok Dibagikan di Media Sosial

Bola.com, Jakarta - Ucapan Selamat Hari Batik Nasional berisi ungkapan penuh harapan untuk senantiasa melestarikannya. Hal itu karena batik merupakan satu di antara warisan budaya yang hingga kini masih lestari.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya melalui proses tertentu.

Batik merupakan kain yang dilukis dari cairan lilin malam dengan menggunakan alat bernama canting dan menghasilkan pola pada kain. Hal tersebut membuat batik kerap dianggap sebagai kerajian yang mempunyai nilai seni tinggi.

Sementara itu, Hari Batik Nasional diperingati setiap 2 Oktober. Penetapan tersebut setelah batik ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi oleh UNESCO pada 2009.

Perkembangan batik awalnya banyak dilakukan pada zaman Kesultanan Mataram, hingga berlanjut pada zaman Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

Untuk tetap melestarikan batik sebagai warisan budaya, semua lapisan masyarakat diimbau untuk memakainya. Terutama saat Hari Batik Nasional pada 2 Oktober.

Tak hanya itu, rasa bangga akan batik makin bertambah ketika kita bisa menyampaikannya kata-kata lewat media sosial.

Ada banyak referensi kata-kata ucapan selamat Hari Batik Nasional yang bisa kamu cari dan temukan di media daring.

Berkut ini kumpulan ucapan selamat Hari Batik Nasional, seperti dilansir dari Goodminds dan berbagai sumber tweet di Twitter, Jumat (1/10/2021).

2 dari 5 halaman

Ucapan Selamat Hari Batik Nasional

1. "Selamat Hari Batik Nasional. Semoga dengan ditetapkannya Hari Batik Nasional, dapat meningkatkan taraf hidup, kesejahteraan, dan harkat martabat para pengerajin batik di seluruh Nusantara."

2. "Selamat Hari Batik Nasional 2021. Tidak akan jadi batik tanpa adanya pengulangan, filosofi, kerja keras, dan ketelitian."

3. "Bermacam corak yang saling melengkapi mencerminkan budaya bangsa ini. Bangga dengan budaya asli Indonesia. Mari kita jadikan batik sebagai identitas bangsa. Selamat Hari Batik Nasional."

4. "Selamat Hari Batik Nasional 2021.Kenakan batikmu dengan bangga sebagai bentuk identitas bangsa dan warisan budaya Indonesia."

5. "Selamat Hari Batik Nasional. Pada 12 tahun yang lalu, UNESCO mengakui batik sebagai warisan budaya dari Indonesia."

6. "Mari kita lestarikan kekayaan budaya Indonesia yaitu batik sebagai identitas bangsa. Selamat Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2021."

7. "Selamat Hari Batik Nasional. Kita lestarikan pakaian Nusantara. Hidup keragaman Nusantara."

8. "Selamat Hari Batik Nasional 2021. Mari kita jaga dan lestarikan warisan budaya kita."

9. "Selamat Hari Batik Nasional 2021. Batik merupakan warisan luhur bangsa Indonesia. Mari kita jaga dan lestarikan, dengan bangga menggunakan batik."

10. "Tanggal 2 Oktober 2009 adalah hari ditetapkannya Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi oleh UNESCO. Semenjak itu pemerintah menetapkannya sebagai Hari Batik Nasional. Selamat Hari Batik Nasional."

3 dari 5 halaman

Ucapan Selamat Hari Batik Nasional

11. "Batik adalah warisan budaya Indonesia, oleh karena itu kita sebagai sesama anak bangsa yang menjunjung tinggi nilai kebudayaan, mari bersama sama memakai batik di setiap kesempatan. Selamat Hari Batik Nasional."

12. "Tebarkan nilai luhur budaya Indonesia dengan memakai batik. Selamat Hari Batik Nasional."

13. "Selamat Hari Batik Nasional. Jangan lupa pakai baju batik sebagai bukti kecintaan kita pada budaya Indonesia."

14. "Batik menjadi salah satu warisan budaya nusantara yang harus terus dijaga. Motif Batik Indonesia memiliki banyak arti mulai dari kebudayaan lokal, alam, sampai sejarah. Selamat Hari Batik Nasional."

15. "Selamat Hari Batik Nasional Indonesia! Selalu bangga dengan hasil karya batik di negeri ini."

16. "Selamat Hari Batik Nasional. Tak hanya menjadi warisan budaya, tapi juga berperan pada perekonomian negara. Inilah batik kita, salah satu produk UMKM kebanggaan Indonesia."

17. "Batik itu otentik Indonesia, mahakarya warisan budaya dan identitas nasional. Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021."

18. "Selamat Hari Batik Nasional. Melalui momentum ini, kita manjakan mata dengan melihat ragam motif batik nusantara yang memiliki keunikan, filosofi, dan ceritanya masing-masing."

19. "Lihatlah seberapa besar pengorbanan yang harus mereka keluarkan hanya untuk melihat kita bangga akan warisan yang diberikan. Happy Batik Day."

20. "Selamat Hari Batik Nasional. Sudah barang yang pasti warisan dari budaya bangsa akan selalu kau jaga dan lestarikan sepenuh hati."

4 dari 5 halaman

Ucapan Selamat Hari Batik Nasional

21. "Jangan lupa pakai batik hari ini ya, dan tetaplah bangga menjadi bagian dari Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional, Kawanku."

22. "Jika kita bangga akan warisan bangsa yang dimiliki, sudah sepatutnya kita tunjukkan tersebut. Indonesia punya simbol budaya berupa batik. Selamat Hari Batik Nasional."

23. "Selamat Hari Batik Nasional. Kita sebagai warga Indonesia wajib menunjukkan batik ke mata dunia. Jadilah generasi yang bangga akan warisan sendiri."

24. "Tepat di hari ini, 2 Oktober, simbol kebudayaan bangsa Indonesia telah resmi menjadi warisan yang wajib untuk dilestarikan. Selamat Hari Batik Nasional."

25. "Aku bangga dengan batik dari negeriku. Banyak orang yang bangga akan warisan budaya dari Indonesia. Salam jauh dariku, Selamat Hati Batik untuk Indonesia tercinta."

26. "Selamat Hari Batik Nasional Indonesia. Tetaplah bangga akan dirimu sendiri sebagai satu di antara bagian dari Tanah Air tercinta."

27. "Selamat Hari Batik Nasional. Jangan sampai apa yang menjadi miliki kita diambil oleh bangsa lainnya, yang tentunya tidak pernah berhak untuk mendapatkannya."

28. "Sudah sepatutnya kita bangga dengan adanya warisan budaya berupa batik. Selamat Hari Batik Nasional untuk seluruh pemuda Indonesia."

29. "Kalau memakai batik saja tidak pernah, bagaimana kebudayaan Indonesia bisa lestari. Ayo pakai batik. Selamat Hari Batik Nasional."

30. "Kenakan batikmu karena itu merupakan identitas bangsa Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional."

5 dari 5 halaman

Ucapan Selamat Hari Batik Nasional

31. "Selamat Hari Batik Nasional. Mari selalu mencintai budaya dan produk lokal dengan memakai batik hari ini."

32. "Selamat Hari Batik Nasional. Semoga kita makin bangga memakai batik sebagai warisan budaya Indonesia."

33. "Batik adalah pakaian yang akan memberikan kebanggaan tersendiri saat mengenakannya. Selamat Hari Batik Nasional."

34. "Batik adalah budaya asli bangsa kita sekaligus ciri khas yang membedakannya dengan bangsa lainnya. Selamat Hari Batik Nasional."

35. "Tanpa disadari, batik selalu ada, dan telah menemani kita di setiap momennya. Dari sejak lahir, sekolah, bahkan hingga menikah. Selamat Hari Batik Nasional."

36. "Mengenakan pakaian batik merupakan satu di antara wujud nyata cinta Tanah Air. Selalu cintai produk dan budaya kita, Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional."

37. "Selamat Hari Batik Nasional. Tahukah kamu motif batik Indonesia memiliki banyak arti, mulai kebudayaan lokal, alam, sampai sejarah.

38. "Selamat Hari Batik Nasional. Mari kita jaga dan lestarikan terus batik Indonesia sebagai ciri warisan budaya di mata dunia."

39. "Batik sebagai satu di antara identitas Bangsa Indonesia, dikenal karena teknik pembuatannya yang sulit dan butuh kreativitas. Selamat Hari Batik Nasional."

40. "Batik merupakan ikon Bangsa Indonesia yang harus dibanggakan dan dilestarikan. Selamat Hari Batik Nasional."

41. "Selamat Hari Batik Nasional. Jangan lupa pakai batik hari ini, esok, dan seterusnya."

 

Sumber: Goodminds, Twitter

Dapatkan artikel ucapan dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer