Sukses


Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pancasila merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Sebagai dasar negara Indonesia, Pancasila juga bisa menjadi ideologi terbuka.

Pancasila sebagai idelogi, hal ini berarti Pancasila mengadung nilai dasar yang selalu relevan sepanjang zaman. Kumpulan nilai-nilai kehidupan yang diyakini kebenarannya kemudian digunakan untuk mengatur masyarakat, inilah yang disebut dengan ideologi.

Negara tanpa dasar negara berarti negara tersebut tidak mempunyai arah dan tujuan yang jelas, dan memudahkan timbulnya kekacauan. Adapun dasar negara sebagai pedoman hidup bernegara mencakup cita-cita negara, tujuan negara, norma bernegara.

Sebagai ideologi bangsa Indonesia, Pancasila mempunyai ikatan budaya yang berkembang secara alami dalam kehidupan masyarakat Indonesia, bukan secara paksaan.

Jadi, Pancasila merupakan sesuatu yang sudah mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia. Sebuah ideologi dapat bertahan atau pudar tergantung daya tahan dari ideologi itu.

Pancasila sebagai ideologi negara mempunyai beberapa fungsi dan dimensi yang penting untuk diketahui. Apa fungsi Pancasila sebagai ideologi negara?

Berikut ini rangkuan tentang fungsi Pancasila sebagai ideologi negara, seperti dilansir dari laman utira-ibek.ac.id, Senin (4/10/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara

1. Menyatukan bangsa Indonesia, memperkukuh dan memelihara kesatuan dan persatuan.

2. Membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia untuk mencapai tujuannya.

3. Memberikan kemauan untuk memelihara dan mengembangkan identitas bangsa Indonesia.

4. Menerangi dan mengawasi keadaan, serta kritis kepada adanya upaya untuk mewujudkan citra-cita yang terkandung di dalam Pancasila.

5. Sebagai pedoman bagi kehidupan bangsa Indonesia dalam upaya menjaga keutuhan negara dan memperbaiki kehidupan dari bangsa Indonesia.

3 dari 3 halaman

Dimensi Pancasila

Pancasila memiliki dimensi nilai yang masing-masing menunjukkan bahwa pancasila adalah ideologi. Sebagai ideologi nasional, Pancasila memiliki beberapa dimensi, yaitu:

  • Dimensi Idealitas

Dimensi idealitas artinya ideologi Pancasila mengandung harapan-harapan dan cita-cita di berbagai bidang kehidupan yang ingin dicapai masyarakat.

  • Dimensi Realitas

Dimensi realitas artinya nilai-nilai dasar yang terkandung di dalamnya bersumber dari nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat penganutnya, yang menjadi milik mereka bersama dan yang tak asing bagi mereka.

  • Dimensi Normalitas

Dimensi normalitas artinya Pancasila mengandung nilai-nilai yang bersifat mengikat masyarakatnya berupa norma atau aturan yang harus dipatuhi maupun ditaati yang sifatnya positif.

  • Dimensi Fleksilibilitas

Demensi Fleksibilitas artinya ideologi Pancasila itu mengikuti perkembangan zaman, dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman, dapat mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, serta bersifat terbuka dan demokratis.

 

Sumber: utira-ibek.ac.id

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer