Sukses


10 Cara Merawat Rambut Diwarnai agar Tetap Sehat

Bola.com, Jakarta - Cara merawat rambut yang diwarnai agar tetap sehat patut menjadi perhatian, terutama oleh mereka yang gemar gonta-ganti warna rambut.

Bagi beberapa orang, mewarnai rambut sudah menjadi kebiasaan. Dalam durasi waktu tertentu mereka akan mengubah warna rambut mereka. Perubahan warna rambut bisa membuat mereka percaya diri serta kembali bersemangat dalam menjalani hari-hari.

Namun, ada efek samping yang bisa dihadapi mereka yang doyan berganti warna rambut, yakni kondisi rambut menjadi rusak. Rambut akan mudah kering, rapuh, dan patah.

Hal tersebut karena bahan yang digunakan untuk mewarnai rambut dan diaplikasikan ke rambut biasanya mengandung amonia, yakni senyawa yang terbuat dari hidrogen dan nitrogen dan diperlukan agar cat rambut bisa 'bekerja'.

Itulah mengapa, Anda yang suka berganti warna rambut tentu telah mengetahui risiko dengan kebiasaan satu ini. Anda harus rela memberikan perawatan lebih pada rambut berwarna Anda agar rambut Anda minim dari risiko kerusakan.

Anda bisa melakukan perawatan untuk rambut diwarnai Anda di salon langganan. Namun, Anda pun harus melakukan perawatan sendiri secara rutin agar hasilnya maksimal.

Berikut beberapa cara merawat rambut diwarnai agar tetap sehat, seperti disadur dari Liputan6, Rabu (6/10/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Rambut Diwarnai agar Tetap Sehat

1. Keramas dengan clarifying shampoo

Setelah rambut dicat, gunakan tipe Clarifying Shampoo untuk keramas. Hal ini lantaran warna cat rambut bisa cepat luntur jika hanya menggunakan sampo biasa.

Sampo ini juga membuat kulit kepala lebih lembap dan tidak mudah kering. Cairan dari sampo ini biasanya memiliki warna ungu. Anda bisa mendapatkan sampo ini di pusat perbelanjaan terdekat dengan berbagai merek.

2. Keramas dengan dry shampoo

Memiliki rambut yang diwarnai memang harus diimbangi dengan perawatan ekstra. Hal ini lantaran rambut yang diwarnai cenderung lebih kering dan mudah kusam.

Selain itu, Anda juga tidak boleh terlalu sering keramas. Sebaiknya untuk menjaga kelembapan rambut, keramas hanya dilakukan dua kali dalam seminggu. 

Namun, jika dirasa keramas tidak cukup, Anda bisa menggunakan dry shampoo sehingga kotoran yang melekat pada rambut bisa lebih terangkat dengan produk perawatan rambut ini.

3. Gunakan masker rambut

Untuk menjaga rambut tetap sehat setelah diwarnai, Anda bisa menggunakan masker rambut secara rutin. Hal ini lantaran rambut yang diwarnai cenderung mudah kering. Masker rambut bisa efektif mengembalikan kelembapan rambut.

Sebaiknya, Anda menggunakan masker rambut seminggu sekali secara rutin. Masker rambut juga dapat mencegah rambut yang bercabang.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Rambut Diwarnai agar Tetap Sehat

4. Gunakan serum khusus

Menggunakan cat rambut bisa membuat rambut kusam dan kering. Satu di antara cara merawat rambut yang diwarnai adalah dengan menggunakan serum khusus rambut. Dengan begitu, rambut menerima nutrisi ekstra dari serum yang bisa membantu mengembalikan kelembapan rambut.

Sebaiknya, sebelum melakukan styling rambut seperti catok atau curling iron, Anda harus mengenakan serum rambut terlebih dahulu ssehingga rambut tidak rusak ketika terkena panas tinggi dari hair dryer atau catok.

5. Gunakan minyak zaitun

Terkenal karena manfaatnya yang luas untuk mempercantik penampilan, minyak zaitun mengandung nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut. 

Caranya cukup mudah, usapkan satu hingga dua sendok teh minyak zaitun ke kulit kepala. Pijat secara perlahan lalu diamkan 20-30 menit, cuci seperti biasa. Rambut jadi berkilau dan lembut.

6. Pisang untuk rambut kering

Selain dikonsumsi langsung, pisang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan rambut. Agar rambut bebas dari masalah rambut kering dan rusak karena penggunaan cat rambut, cukup campurkan pisang yang sudah dihaluskan dengan yoghurt.

Aplikasikan ke rambut secara merata, dari ujung hingga pangkal rambut. Diamkan selama 20 menit, lalu keramas seperti biasa. Lakukan secara teratur dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

7. Gunakan madu

Jangan lupakan madu dengan segala manfaatnya, termasuk untuk menjaga kesehatan rambut setelah diwarnai.

Ambil 2-3 tetes madu, lalu campurkan pada sampo atau kondisioner. Usapkan merata ke seluruh rambut, diamkan sebentar lalu cuci bersih.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Rambut Diwarnai agar Tetap Sehat

8. Cuci rambut dengan air dingin

Ketika rambut sudah terasa lepek dan berminyak, tentu Anda ingin segera mencucinya dengan bersih. Namun, untuk rambut yang diwarnai, sebaiknya hindari penggunaan air panas.

Dengan menggunakan air dingin, bisa menjaga kutikula rambut sehingga rambut lembut dan bercahaya. Memakai air hangat mengurangi kelembapan alami rambut dan membuat rambut mudah berminyak.

9. Kurangi penggunaan alat penata rambut

Meski Anda senang melakukan styling rambut, lebih baik kurangi hal ini ketika rambut sedang diwarnai. Terlalu sering menggunakan alat penata rambut, seperti hair dryer dan catok, bisa merusak batang rambut.

Rambut yang diwarnai lebih rentan rusak ketika mengenakan alat-alat ini ketimbang rambut yang tidak diwarnai.

10. Lindungi rambut saat melakukan aktivitas outdoor

Untuk menjaga tubuh tetap bugar, Anda pastinya rutin berolahraga. Jika Anda melakukan aktivitas fisik outdoor, jangan lupa untuk menggunakan topi agar bisa melindungi rambut Anda. 

Selain itu, jika Anda memilih olahraga renang, jangan lupa untuk mengenakan topi renang agar dapat melindungi rambut dari bahan kimia penjernih air kolam.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Mardella Savitri Murtisari, Editor: Rizky Mandasari. Published: 6/10/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer