Sukses


Macam-Macam Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola

Bola.com, Jakarta - Sepak bola merupakan jenis olahraga tim yang tak hanya mengutamakan fisik yang kuat dan cepat. Kemampuan dan strategi juga menjadi bagian dalam olahraga ini.

Seperti diketahui. sepak bola termasuk olahraga paling populer di dunia. Banyak kejuaraan bergengsi di dunia yang mempertandingkan tim-tim sepak bola.

Kini, hampir masing-masing daerah di suatu negara, termasuk Indonesia, memiliki klub sepak bola unggulannya sendiri. Klub-klub sepak bola tersebut akan berupaya menampilkan permainan baik agar mendapatkan prestasi.

Dalam olahraga sepak bola sangat membutuhkan keterampilan pada gerakan kaki dan tungkai. Olahraga sepak bola dilakukan dalam dua babak, setiap babak terdiri dari 45 menit.

Dalam setiap tim sepak bola terdiri dari 11 orang, termasuk satu orang penjaga gawang. Adapun tujuan utama permainan sepak bola ialah memasukkan bola ke dalam gawang lawan sebanyak-banyaknya dan berusaha menjaga gawang sendiri agar tidak kebobolan.

Bagi orang-orang yang ingin bermain sepak bola, tentu teknik dasar permainan perlu untuk dikuasai dengan baik. Secara garis besar teknik dasar sepak bola dibagi menjadi sembilan.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam teknik dasar dalam permainan sepak bola, seperti dilansir dari laman emodul.kemdikbud.go.id, Selasa (5/10/2021).

2 dari 6 halaman

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

1. Menendang Bola

Teknik pertama dalam permainan sepak bola yang paling penting adalah teknik menendang bola/kicking. Menendang bola memiliki beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai.

Ada tiga teknik penting dalam menendang bola yang perlu diketahui, yakni menendang bola dengan kaki luar, dalam, dan punggung, Teknik dasar tersebut bisa dilakukan dengan belajar secara otodidak maupun latihan.

2. Menggiring Bola

Pemain sepak bola yang baik perlu menguasai teknik dasar menggiring bola dan memang wajib bagi setiap pemain sepak bola untuk menguasai skill individu satu ini.

Hal itu karena setiap pemain bakal menggiring bola tersebut dalam permainan, terutama saat tak punya kesempatan untuk mengoper kepada teman satu tim.

Menggiring bola dilakukan dengan membawa bola menggunakan kaki menuju area pertahanan tim lawan demi bisa menciptakan peluang untuk mencetak gol.

3 dari 6 halaman

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

3. Menghentikan Bola

Teknik dasar lainnya yang perlu diketahui dan pelajari adalah menghentikan bola. Setelah tahu cara menggiringnya, tentu belum pas kalau belum menguasai cara menghentikan bola alias stopping.

4. Mengumpan Bola

Teknik dasar lain yang sama pentingnya adalah mengumpan bola atau passing. Mengumpan sekaligus menerima bola adalah teknik yang harus dikuasai.

Hal ini dapat dilakukan dengan tiga teknik, menggunakan kaki bagian luar dan dalam serta bagian punggung kaki. Ketiga teknik dasar tersebut pada dasarnya sama dengan teknik dasar menendang bola.

4 dari 6 halaman

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

5. Menangkap Bola

Teknik menangkan bola hanya diperuntukkan buat penjaga gawang saat berada di dalam kotak pinaltinya. Teknik ini sama sekali tak boleh dilewatkan untuk yang bermain sebagai kiper.

6. Menyundul Bola

Tujuan menyundul bola atau heading bisa untuk mengoper, membuang bola, mematahkan serangan dari tim lawan, serta mencetak gol.

Dalam latihan dasar, pemain sangat perlu belajar menyundul bola menggunakan dahi. Kemudian posisi tubuh pemain ketika menyundul bola bisa dalam posisi melompat atau sambil berdiri saja.

Penting diketahui oleh pemain, bukan bola yang mengenai pemain, melainkan pemain yang menyundul bola ketika bola datang ke arahnya. Penyundulan dilakukan dengan dahi dan bukan dengan ubun-ubun kepala.

5 dari 6 halaman

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

7. Lemparan ke Dalam

Teknik dasar satu ini hanya terjadi ketika pertandingan sedang berlangsung dan bola keluar melalui area sisi kanan atau kiri. Ketika lemparan ke dalam telah dilakukan, permainan atau pertandingan bisa dilanjutkan lagi.

Cara melakukan lemparan ke dalam adalah dengan menggunakan kedua tangan dan wajib melewati atas kepala. 

Kemudikan posisi kaki tidak boleh melewati garis. Jadi, bisa dengan satu di antara kaki berada di belakang atau di depan, dan kedua kaki sejajar rapat. 

8. Menyapu Bola

Istilah lainnya dari menyapu bola adalah sliding tackle. Gerakan merebut bola satu ini memang terbilang berbahaya karena risikonya mendapat kartu. Maka itu, harus tepat dalam melakukan teknik dasar ini.

Tackle sambil mengangkat kaki ke atas, tackle menggunakan teknik menggunting, dan tackle dengan menyerang lawan dari belakang adalah jenis-jenis yang dilarang untuk dilakukan selama permainan.

6 dari 6 halaman

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

9. Merebut Bola

Teknik dasar yang disebut dengan intercepting atau juga dikenal sebagai interception ini adalah gerakan merebut bola yang digiring oleh lawan. Intinya, pemain perlu membaca arah gerakan lawan dan bola untuk bisa merebutnya.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer