Sukses


Manfaat Permainan Bola Kecil Tradisional yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Permainan tradisional adalah jenis permainan zaman dahulu yang konsepnya bisa dibilang sederhana. Sementara, permainan bola kecil adalah olahraga yang dimainkan dengan menggunakan bola kecil.

Permainan bola kecil tak hanya bisa dilakukan sendiri, tetapi juga bisa secara beregu atau tim. Banyak cabang olahraga permainan bola kecil yang dilombakan atau dipertandingkan, baik dalam skala nasional atau internasional.

Olahraga menggunakan bola kecil mungkin tidak setenar cabang olahraga lain, seperti sepak bola maupun basket. Kebanyakan orang yang memainkan olahraga menggunakan bola kecil hanya untuk bersenang-senang dan memaksimalkan daya tahan tubuh.

Permainan bola kecil yang biasanya dimainkan, antara lain bulu tangkis, tenis meja, golf, dan masih banyak lagi. Selain permainan tersebut, masih banyak jenis permainan bola kecil.

Mungkin ketika masih anak-anak, kita pernah bermain satu di antara dari permainan bola kecil secara tradisional. Permainan bola kecil tradisional pada umumnya lebih bersifat rekreatif.

Beberapa contoh permainan bola kecil tradisional ialah congklak, kasti, bola bekel, boi-boian, gundu, dan lain-lain. Selain hanya karena bersifat hiburan, permainan tersebut mempunyai manfaat yang sangat baik bagi fisik maupun mental.

Berikut rangkuman tentang manfaat permainan bola kecil tradisional/rekreatif, seperti dilansir dari laman emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (7/10/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Permainan Bola Kecil Tradisional

Kesehatan fisik lebih baik

Secara umum, olahraga membutuhkan banyak aktivitas secara terus menerus yang menghasilkan kesehatan fisik yang baik. Ketika seseorang memilih olahraga permainan, tubuhnya menerima latihan yang dibutuhkan untuk membangun ketahanan dan kekuatan.

Jika seseorang mendapatkan jumlah latihan yang cukup, tubuhnya akan menjadi bugar dan bebas penyakit. Olahraga memberikan latihan kardiovaskular yang bekerja pada stamina, kekuatan, dan daya tahan.

Orang yang melakukan olahraga permainan akan membakar 300-500 kalori sehari, walau hanya bermain selama setengah jam.

Koordinasi mata dan tangan yang bagus

Koordinasi mata dan tangan terlibat dalam hampir semua jenis olahraga, termasuk dalam permainan bola kecil tradisional. Kemampuan mata dan tangan untuk bekerja sama akan terasah ketika kita melakukan olahraga permainan.

Peningkatan koordinasi ini akan membantu seseorang berfokus pada hal-hal yang lebih baik.

3 dari 5 halaman

Manfaat Permainan Bola Kecil Tradisional

Bentuk tubuh

Banyak orang mengeluh bahwa mereka tidak mempunyai cukup waktu untuk berolahraga karena kelebihan berat badan. Olahraga permainan juga secara tidak langsung bisa membantu menjaga bentuk tubuh tanpa usaha ekstra.

Mengajarkan disiplin

Kebanyakan olahraga membuat seseorang menjadi disiplin karena adanya latihan dan jadwal praktik yang ketat. Olahraga permainan juga bisa membangun disiplin untuk mematuhi jadwal ketat.

Menghilangkan stress

Olahraga juga sebagai pereda stres yang besar dari tekanan berbagai situasi kehidupan. Berkonsentrasi pada permainan dapat mengalihkan perhatian dari situasi stres dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan olahraga, seseorang dapat menghilangkan Depresi dan stres serta belajar bagaimana menghadapi masalah dengan wajah tersenyum.

4 dari 5 halaman

Manfaat Permainan Bola Kecil Tradisional

Membangun keterampilan sosial

Saat berolahraga, ada banyak kesempatan untuk bertemu dengan orang baru dan mengenal mereka. Setelah itu kita bisa keluar bersama untuk sekadar makan, menghadiri pesta-pesta kemenangan.

Semua kegiatan sosial tersebut yang membantu membangun keterampilan sosial seseorang.

Mengajarkan sportivitas

Sportivitas dapat dipelajari melalui partisipasi dalam setiap jenis olahraga. Banyak hal bisa dipelajari dalam olahraga permainan daripada sekadar menang.

Contohnya, naik dan turunnya permainan seperti halnya hidup itu sendiri, kadang di atas dan kadang di bawah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Permainan Bola Kecil Tradisional

Tidur yang memadai

Semua jenis olahraga akan melibatkan banyak aktivitas fisik. Hal tersebut yang membuat sebagian orang merasa lelah. Jadi olahraga permainan bisa menjadi solusi yang baik agar mendapatkan tidur malam yang cukup.

Lebih fun daripada sekadar bermain

Banyak orang benar-benar ingin sehat fisik dan mental, tetapi mereka tidak bisa memaksa diri untuk berolahraga di pusat kebugaran. Olahraga permainan juga merupakan cara baik untuk mendapatkan latihan fisik yang diperlukan.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer