Sukses


8 Manfaat Lari Maraton bagi Kesehatan, Penting untuk Ketahanan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Lari jarak jauh atau maraton merupakan satu di antara olahraga lari yang termasuk jenis olahraga kardio. Lari maraton menempuh jarak 42,195 kilometer.

Selain untuk kejuaraan dan perlombaan, lari maraton kini menjadi event yang sangat menyenangkan bagi masyarakat umum yang tinggal di daerah perkotaan.

Berbagai acara maraton dengan beraneka konsep pun menjamur dengan bermacam rangkaian, seperti fun run, marathon night run, beach run, trail run, colour run, dan lain sebagainya.

Lomba lari tentunya memiliki kategori jarak yang beragam, mulai 5k, 10k, Half Marathon/HF (21k), Full Marathon/FM (42k), hingga ultramarathon.

Sebagaimana fungsinya olahraga, lari maraton jelas memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Lari ini jika dilakukan secara rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh (endurance).

Berikut manfaat lari maraton bagi kesehatan, dikutip dari Klikdokter, Jumat (8/10/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Lari Maraton bagi Kesehatan

1. Membakar Kalori Seluruh Tubuh

Lari maraton mampu membakar kalori seluruh tubuh. Maka itu, lari maraton bisa menjadi satu di antara cara untuk menurunkan berat badan.

Hanya, jumlah kalori yang terbakar tergantung dari berbagai faktor, yaitu jenis kelamin, usia, dan berat badan.

Jenis kelamin laki-laki, dan usia muda akan membakar lebih banyak kalori. Selain itu, makin besar berat badan seseorang, lebih banyak juga kalori yang terbakar. Secara umum, kalori yang terbakar saat maraton bisa mencapai 2.600 kalori.

2. Membentuk Tubuh

Saat berlari, hampir seluruh otot tubuh Anda akan bekerja. Tak heran bila manfaat lari maraton dapat membentuk tubuh, terutama otot.

Walaupun tujuan utama dari kebanyakan orang yang menekuni maraton adalah menurunkan berat badan, terkadang tujuan ini tidak selalu tercapai.

Namun, tenang saja. Meski berat badan Anda tidak turun, massa otot Anda bertambah dan lemak Anda akan berkurang. Dengan begitu, Anda mendapatkan tubuh yang bugar dan kuat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Lari Maraton bagi Kesehatan

3. Sebagai Sarana Bersosialisasi

Kegiatan lari memang dapat dilakukan sendirian. Namun, banyak juga kegiatan lari yang dilakukan bersama-sama dengan keluarga atau teman.

Dengan mengikuti ajang lari ini, Anda dapat bertemu dengan teman-teman pencinta lari lainnya. Oleh sebab itu, manfaat lari maraton adalah membuka kesempatan baik bagi Anda untuk bersosialisasi. 

Di zaman modern seperti saat ini, sangat mudah untuk bertukar nomor handphone dan bercengkerama melalui media sosial. Apalagi bila Anda bergabung dengan komunitas maraton, pastinya ini akan memperluas jaringan pertemanan Anda.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat lari maraton untuk kesehatan, satu di antaranya adalah menghilangkan stres. Saat Anda berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Hormon endorfin berperan untuk meredakan stres dan memicu kebahagiaan. 

Itulah mengapa, latihan untuk maraton secara rutin dapat meningkatkan rasa senang dan menenangkan pikiran Anda. Apalagi bila Anda berlari di lingkungan dengan pemandangan indah. 

4 dari 5 halaman

Manfaat Lari Maraton bagi Kesehatan

5. Meningkatkan Kemampuan Tubuh

Lari maraton membutuhkan latihan yang rutin dan cukup berat. Tidak mungkin Anda bisa langsung berlari sejauh 42 kilometer secara tiba-tiba, terutama bila Anda baru mulai terjun di dunia lari.

Latihan dimulai dari jarak yang sedikit jauh seperti 5 km dan bertahap. Hal ini berarti Anda melatih tubuh untuk meningkatkan batas kemampuannya secara perlahan sampai mencapai jarak yang diinginkan.

Dengan melakukan latihan yang perlahan, tetapi pasti secara konsisten, tanpa Anda sadari tubuh Anda akan jauh menjadi lebih kuat dan bugar.

6. Melatih Jantung

Lari akan memperkuat otot jantung sehingga peredaran darah - terutama darah bersih yang kaya akan oksigen - ke seluruh tubuh menjadi lancar.

Namun demikian, lari maraton yang dilakukan dengan sangat dipaksakan justru dapat berbahaya bagi kesehatan jantung. Oleh karena itu, sebelum lari maraton sebaiknya persiapkan diri Anda dengan baik.

Latihan secara rutin dan tes kesehatan sebelum melakukan lari maraton sangat penting. Namun, bila Anda memiliki masalah jantung, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk lari maraton.

5 dari 5 halaman

Manfaat Lari Maraton bagi Kesehatan

7. Memperbaiki Kualitas Tidur

Bagi Anda yang sulit tidur, lari maraton bisa menjadi satu di antara solusi bagi Anda. Lari maraton menyebabkan tubuh Anda menjadi lelah. Dalam keadaan lelah, Anda akan lebih mudah tertidur. Pada saat Anda tidur inilah terjadi perbaikan sel-sel tubuh.

Selain itu, karena maraton merupakan aktivitas yang berat, tidur Anda akan menjadi pulas. Sering terbangun di tengah tidur pastinya tidak nyaman dan membuat Anda tidak segar ketika bangun.

Lari maraton bisa membantu mengatasi masalah tersebut sehingga kualitas tidur Anda menjadi jauh lebih baik.

8. Membangun Percaya Diri

Manfaat lari maraton yang mungkin tidak banyak orang tahu adalah meningkatkan kepercayaan diri. Dalam persiapan menghadapi maraton, pastinya dibutuhkan latihan yang keras. Selain itu, persiapan maraton tidak mungkin dilakukan dalam jangka waktu pendek. 

Tidak semua orang yang mendaftar maraton bisa mencapai garis finis. Ketika Anda adalah salah seorang yang bisa mencapai garis finis, Anda akan merasa Anda bisa menghadapi segala cobaan dalam hidup.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 9/2/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer