Sukses


9 Sayuran Terbaik untuk Diet dan Membantu Menurunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Terdapat banyak hal yang bisa membantu kita dalam melancarkan program diet atau menurunkan berat badan, satu di antaranya adalah mengonsumsi jus sayuran.

Mereka yang memiliki kelebihan berat badan biasanya diakibatkan mengonsumi makanan yang tidak sehat, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalori dan gula.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti tidak memilik waktu tidur yang cukup dan tidak pernah melakukan aktivitas fisik, juga dapat memengaruhi berat badan.

Selain berolahraga secara rutin, diet menjadi jalan yang diambil agar berat badan yang berlebih bisa menjadi lebih ideal, karena di lain sisi berat badan yang berlebih bisa memunculkan berbagai macam penyakit.

Saat melakukan diet, biasanya ada beberapa produk makanan yang tidak boleh dikonsumsi, dan diutamakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi seperti sayuran dan buah.

Berikut sembilan sayuran terbaik untuk diet dan membantu menurunkan berat badan, seperti dikutip dari Dailyentertainment, Senin (11/10/2021).

2 dari 4 halaman

Sayuran Terbaik untuk Diet dan Membantu Menurunkan Berat Badan

1. Jus Bayam

Ada banyak alasan mengapa Anda harus mengonsumsi jus bayam secara rutin. Selain dapat mencegah masalah pencernaan, bayam juga mengandung zat besi dan kalium yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Bayam juga banyak mengandung antioksidan dan sumber serat yang cukup banyak sehingga dapat membantu dalam usaha dalam menurunkan berat badan.

2. Jus Seledri

Jus seledri memiliki kandungan cairan dan serat yang cukup tinggi sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan dan membuat tubuh tetap terjaga kelembabannya.

Jus seledri termasuk favorit banyak orang karena seledri sangat rendah kalori dan memungkinkan Anda untuk membuang kelebihan air dalam tubuh, sehingga dengan itu dapat mengontrol kenaikan berat badan.

3. Jus Kubis

Jus kubis memiliki banyak nutrisi dan sangat menyehatkan bagi tubuh jika sering dikonsumsi. Jus kubis juga merupakan rekomendasi dari banyak ahli gizi karena kandungan baiknya.

Jus kubis kaya kandungan vitamin C, yang dapat mengontrol gula darah dan makan berlebihan, berkat kandungan kalori dan gula yang cukup rendah dalam jus kubis.

3 dari 4 halaman

Sayuran Terbaik untuk Diet dan Membantu Menurunkan Berat Badan

4. Jus Wortel

Jus wortel kaya kandungan serat dan mineral. Serat yang terkandung dalam jus wortel dapat membantu upaya penurunan berat badan karena memperlancar pencernaan sehingga mencegah penumpukan lemak.

Selain itu, meminum jus wortel memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jus wortel sangat baik untuk kesehatan mata dan penambah energi.

5. Jus Timun

Timun adalah satu di antara jenis sayuran yang 95 persen kandungannya adalah air dan memiliki kandungan mineral seperti kalium yang cukup tinggi.

Saat meminum jus timun, Anda akan selalu terhidrasi dan membantu memperkuat metabolisme tubuh sehingga dapat membantu dalam proses penurunan berat badan.

Meminum jus timun secara rutin juga dapat memecah lemak dan membantu Anda membuang racun dalam tubuh. Buat jus timun dengan timun yang segar sehingga mendapatkan khasiatnya dengan maksimal.

6. Jus Asparagus

Asparagus biasanya disantap dalam bentuk sup. Namun, tak ada salahnya kita mencoba asparagus dalam bentuk jus karena kandungan nutrisinya yang dianggap ampuh dalam menurunkan berat badan.

Sebuah riset menyatakan bahwa sayuran yang mengandung kadar air tinggi, seperti asparagus baik untuk diet. Perlu diketahui, 94 persen kandungan asparagus adalah air. Ditambah lagi, asparagus mengandung serat yang tinggi dan diyakini dapat membantu Anda membakar lemak berlebih.

4 dari 4 halaman

Sayuran Terbaik untuk Diet dan Membantu Menurunkan Berat Badan

7. Jus Brokoli

Jus brokoli memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Jus ini mendetoksifikasi tubuh dan membantu memperkuat metabolisme sehingga Anda dapat memiliki tubuh yang lebih ramping.

Selain itu, jus brokoli kaya akan vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah hipertensi, melindungi penglihatan dari segala infeksi dan bekerja secara positif pada otak dan hati.

8. Jus Kale

Jus kale mengandung kalori yang cukup sedikit, namun serat yang cukup banyak sehingga dapat menjaga berat badan Anda pada angka ideal.

Jus kale juga mengandung banyak kalsium, yang dapat memberikan kesehatan bagi tulang dan otak.

Buatlah jus kale dengan kale yang berwarna hijau dan segar.

9. Jus Pare

Selain karena rasanya yang pahit, sehingga menurunkan nafsu makan, pare juga dapat dibuat menjadi jus sayur untuk diet yang ampuh turunkan berat badan.

Faktanya, mengonsumsi jus pare secara rutin dapat membantu organ hati mengeluarkan asam empedu yang diperlukan untuk memetabolisme lemak. Bukan hanya itu, jus sayur untuk diet ini rendah akan kalori sehingga baik untuk diet.

 

 

Sumber: Dailyentertainment

Video Populer

Foto Populer