Sukses


9 Manfaat Bermain Hula Hoop bagi Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Hula hoop merupakan alat olahraga yang cukup familier bagi masyarakat Indonesia. Hula hoop awalnya dibuat untuk anak-anak. Namun, seiring perkembangan zaman, alat olahraga ini digunakan orang dewasa dan sangat menyenangkan.

Bahkan olahraga ringan dengan bermain hula hoop secara intens dinilai sama dengan beberapa olahraga aerobik seperti menari salsa.

Selain itu, hula hoop sangat baik untuk membentuk tubuh yang langsing. Bermain hula hoop secara teratur dapat mengecilkan lingkar pinggang dan perut, merampingkan paha, hingga mengencangkan pinggul.

Hula hoop bisa menjadi pilihan dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh di rumah. Selain gerakan yang sederhana, olahraga dengan hula hoop tidak membutuhkan berbagai peralatan khusus yang menyulitkan.

Berikut manfaat bermain hula hoop bagi kesehatan tubuh, dinukil dari Klikdokter, Kamis (14/10/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Bermain Hula Hoop bagi Kesehatan Tubuh

1. Melatih Otot Inti Tubuh

Sebuah penelitian di International Journal of Applied Research menunjukkan bahwa gerakan hula hoop ternyata hampir sama dengan melakukan plank. Hula hoop tidak memperbesar otot tubuh Anda, tetapi bisa meningkatkan endurance.

Melakukan hula hoop secara rutin bermanfaat untuk menstabilkan otot inti tubuh dan tulang belakang. Dengan begitu, olahraga ini akan memperbaiki postur tubuh Anda.

2. Membakar Kalori

Melakukan hula hoop dapat membakar kalori tubuh Anda. Bahkan, olahraga ini mampu membakar kalori sebanyak lebih dari 400 kalori per jam. Hal ini setara melakukan aktivitas aerobik seperti menari dan berlari di atas treadmill.

3. Memelihara Kesehatan Jantung 

Hula hoop termasuk jenis olahraga aerobik. Seperti yang diketahui, olahraga aerobik baik untuk kesehatan jantung dan kardiovaskular.

Peningkatan denyut jantung saat melakukan gerakan hula hoop akan memperbaiki aliran darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sirkulasi darah yang baik juga akan meningkatkan sistem imun.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bermain Hula Hoop bagi Kesehatan Tubuh

4. Mengatasi Stres

Manfaat hula hoop bagi tubuh yang lainnya adalah dapat menangani stres. Ya, hula hoop bisa jadi pilihan untuk Anda olahraga sembari refreshing, apalagi jika dilakukan bersama-sama dengan keluarga atau teman Anda.

Selain itu, tips lainnya agar olahraga ini menekan stres adalah melakukannya sambil mendengarkan musik upbeat. Dengan begitu, Anda akan lebih bersemangat.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Walau terlihat mudah, melakukan gerakan hula hoop membutuhkan konsentrasi. Maka tidak heran bila satu di antara manfaat hula hoop adalah untuk melatih otak dan meningkatkan konsentrasi.

Di sisi lain, olahraga ini juga akan membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang memberikan sensasi bahagia dan rileks.

6. Melatih Keseimbangan

Rutin melakukan hula hoop membawa manfaat bagi keseimbangan tubuh Anda. Memiliki keseimbangan tubuh yang baik akan memudahkan Anda mengontrol gerakan-gerakan tubuh.

Jika keseimbangan tubuh Anda baik, Anda tidak akan mudah jatuh atau cedera saat melakukan kegiatan sehari-hari. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Bermain Hula Hoop bagi Kesehatan Tubuh

7. Baik untuk Kekuatan Otot Tubuh Bagian Bawah

Tidak hanya otot inti tubuh yang terlatih, otot tubuh bagian bawah juga mendapatkan efeknya. Otot-otot paha depan dan belakang, bokong, dan betis akan ikut terlatih, apalagi jika Anda menggunakan hula hoop yang diberi beban.

Manfaat ini diperoleh berkat gerakan yang Anda lakukan saat hula hoop karena untuk mempertahankan gerakan ke depan-belakang dan samping terus berjalan, dibutuhkan kekuatan dari otot kaki dan bokong.

8. Menjaga Postur Tubuh

Manfaat yang satu ini sebenarnya masih berhubungan dengan keseimbangan. Berkat keseimbangan yang baik, Anda akan memiliki postur tubuh yang baik pula. 

Ketahuilah bahwa selain untuk kegiatan sehari-hari, postur tubuh yang baik juga memungkinkan Anda melakukan olahraga lainnya dengan posisi tubuh yang benar. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah mengalami cedera.

9. Menurunkan Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Olahraga aerobik seperti hula hoop memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol.

Untuk memperoleh manfaat hula hoop yang satu ini, Anda harus melakukannya secara teratur.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 10/3/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Bola Babes: Trip ke Sirkuit Mandalika Bikin Penasaran

Video Populer

Foto Populer