Sukses


8 Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan Tubuh, Baik untuk Jantung

Bola.com, Jakarta - Seperti diketahui, olahraga baik untuk kesehatan tubuh, satu di antara yang bisa dicoba ialah senam aerobik. Senam aerobik memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, terlebih jika dilakukan secara rutin.

Secara umum, senam aerobik adalah gabungan antara rangkaian gerak dan musik yang dibuat sehingga muncul keselarasan antara gerakan dan musik untuk tujuan tertentu.

Senam aerobik masuk kategori senam irama. Senam ini sering dikenal dengan nama latihan kardio, yaitu olahraga yang membutuhkan oksigen untuk dikirim ke bagian otot yang bekerja.

Jantung akan membantu menyebarkan pasokan oksigen dari paru-paru melalui pembuluh darah. Itulah mengapa, baik laju pernapasan maupun detak jantung biasanya akan meningkat dengan cepat selama Anda beraktivitas aerobik.

Senam aerobik bisa Anda lakukan dengan mudah, bahkan untuk pemula. Anda bisa menyimak beragam manfaat senam aerobik bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat senam aerobik bagi kesehatan tubuh, yang penring Anda ketahui, dikutip dari Healthline, Kamis (14/10/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Olahraga aerobik direkomendasikan bagi orang yang menderita penyakit jantung. Gerakan senam ini bisa membuat napas dan jantung berdetak lebih cepat sehingga mampu memperkuat otot jantung. Selain itu, membuat jantung memompa darah dengan lebih efesien.

Di sisi lain, senam aerobik bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LSL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam darah.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Melakukan senam aerobik secara teratur dipercaya dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Saat tekanan darah dalam tubuh turun, hal ini baik karena bisa meredakan beberapa gejala hipertensi.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Melakukan senam aerobik secara rutin dipercaya membantu mengatur kadar insulin di tubuh sehingga gula darah akan terkontrol.

3 dari 4 halaman

Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan Tubuh

4. Mengurangi Gejala Asma

Senam aerobik aman untuk dilakukan penderita asma. Gerakan-gerakan di senam aerobik sangat baik untuk melancarkan pernapasan. Sebaiknya, Anda melakukannya secara bertahap, mulai dari 20 menit pertama, 40 menit, dan 60 menit. Jangan melakukan senam aerobik selama satu jam penuh, tanpa istirahat.

5. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit

Kegiatan olahraga seperti senam aerobik bisa membantu menjaga kestabilan tekanan darah. Maka itu, senam aerobik efektif untuk mengurangi munculnya penyakit yang menyerang tubuh, seperti penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, obesitas, osteoporosis, stroke, hingga kanker.

6. Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Melakukan senam aerobik bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Selain itu, melakukan senam aerobik jangka panjang bisa memperbaiki kualitas hidup dan suasana hati penderita insomnia.

Namun, perlu diperhatikan juga waktu Anda melakukannya. Jangan sampai, Anda berolahraga terlalu malam dan dekat dengan jam tidur. Paling lambat, Anda boleh berolahraga dua jam sebelum tidur.

4 dari 4 halaman

Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan Tubuh

7. Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi menunjukkan, melakukan senam aerobik secara teratur dan disertai pola makan sehat dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat menjadi satu di antara manfaat senam aerobik yang sayang jika dilewatkan. Olahraga ini akan membuat Anda menjadi lebih kebal dari penyakit-penyakit ringan, seperti flu dan batuk.

 

Sumber: healthline.com

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer